Kenali 6 Jenis Kanker Langka di Dunia

kanker langkaApa yang ada di benak Anda saat mendengar kata kanker?

Pasti Anda merasa takut dan ingin sekali terhindar dari penyakit mematikan tersebut.

Kanker merupakan salah satu penyakit ganas yang sulit untuk disembuhkan. Beberapa jenis kanker sudah seringkali kita dengar namanya seperti kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker darah.

Loading...

Tapi tahukah Anda ada beberapa jenis kanker langka yang hanya menyerang beberapa manusia di seluruh dunia?

Berikut ini adalah beberapa jenis kanker langka di dunia:

1. Choriocarcinoma (Kanker akibat mengandung bayi)

Kanker ini hanya menyerang 20 wanita setiap tahunnya. Kanker langka ini terjadi di dalam plasenta dimana sel-sel yang merupakan sel-sel normal dalam kehamilan berubah menjadi sel-sel kanker yang menyebar ke organ tubuh lainnya.

Seorang wanita dari Inggris bernama Conway mengidap penyakit langka ini yang membuatnya mengalami pendarahan hebat setelah melahirkan disertai muntah darah.

Setelah memeriksakan diri ke rumah sakit, Conway dinyatakan positif mengidap kanker Choriocarcinoma yang sudah menyebar ke paru-parunya.  Namun demikian, 95%  penderita kanker ini dapat sembuh total dengan menjalani kemoterapi tiap dua minggu sekali.

READ:  Mengenal Kanker Payudara pada Pria

2. Goblet Cell Carcinoid (Kanker cairan yang menumpuk)

Masyarakat Inggris dikejutkan dengan pemberitaan seorang gadis muda berusia 17 tahun yang mengidap salah satu kanker langka bernama goblet cell carcinoid.

Awalnya Saffron mendatangi dokter akibat munculnya bengkak berisi air di kakinya. Akhirnya dokter mengatakan bahwa kanker langka yang diderita Saffron sudah mencapai stadium lanjut dan sudah menjalar ke bagian perut dan tubuh bagian bawahnya. Bagian perut Saffron membuncit berisi cairan dan permukaan kulitnya menjadi keras.

Penyakit yang hanya tercatat 8 kasus di seluruh dunia itu umumnya menjangkiti para lansia. Usia Saffron yang masih muda membuat kondisi Saffron lemah dan akhirnya menyerah setelah 4 bulan bertahan melawan penyakit tersebut.

3. Offactory Neuroblastoma (Kanker mata yang terus berair)

Jika mata Anda terus berair dan mulai mati rasa, itu adalah gejala awal dari penyakit kanker ini.

Offactory Neuroblastoma adalah jenis kanker yang tumbuh di belakang hidung sehingga dokter harus merekonstruksi seluruh wajah Anda. Ini adalah salah satu jenis penyakit langka yang dapat membuat Anda kelihatan penglihatan, penciuman dan mengubah bentuk wajah Anda.

READ:  5 Macam Scrub Alami dan Aman Bagi Kulit

4. Asbes mesothelioma (Kanker karena partikel asbes)

Bagi Anda yang bekerja di bidang konstruksi atau bekerja di sekitar pipa harus waspada dengan kanker langka ini. Kanker langka ini terbentuk oleh partikel asbes yang bercampur dengan udara dan membentuk bantalan di paru-paru Anda.

Gejala dari kanker langka ini adalah rasa nyeri dan sesak di dada, sakit di bagian perut dan juga batuk kering.  Kanker jenis ini membunuh 1% dari populasi pekerja konstruksi di Turki dan belum ditemukan obatnya.

5. Kanker Lidah

Kanker langka ini cenderung menyerang mereka yang merokok, meminum alkohol dan jarang memperhatikan kebersihan dan kesehatan gigi. Kanker lidah memiliki gejala sariawan yang tidak kunjung sembuh disertai luka dan rasa sakit saat berbicara.

Jalan keluar terbaik bagi penderita kanker lidah pada tahap stadium rendah adalah dengan melakukan operasi namun apabila sel kanker tersebut sudah menyebar perlu dilakukan kemoterapi dan radioterapi.

6. Langerhans Cell Sarcoma

Jenis kanker ini ditandai dengan pembengkakan pada kelenjar getah bening, hati dan limfa serta muncul benjolan di bawah kulit. Penyakit kanker jenis ini hanya menyerang 6 orang di seluruh dunia.

READ:  Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan

Penyakit langka ini menyerang tulang rawan, otot dan lemak. Penderita penyakit ini dapat ditolong dengan bantuan transplantasi sum-sum tulang belakang.