Cara Mengasah Kecerdasan Anak Melalui Permainan

mengasah kecerdasan anakBermain dan belajar adalah dua aktivitas yang berbeda. Bagaimana jika kedua aktivitas tersebut digabung menjadi satu?

Anak-anak perlu diberikan waktu untuk bermain guna mengembangkan pergerakan motorik mereka, memperkenalkan mereka dengan hal baru dan membantu perkembangan sosial mereka.

Tetapi tahukah Anda bahwa kegiatan bermain juga bisa menjadi salah satu sarana dalam memaksimalkan pertumbuhan otak Anak Anda?

Loading...

Berikut ini adalah 6 jenis permainan yang menyenangkan dan membantu Anak dalam mengasah kecerdasan otak mereka:

1. Puzzle

Permainan menyusun potongan gambar dan bentuk ini tidak hanya bagus untuk mengasah kecerdasan visual dan obyek Anak Anda tetapi juga untuk melatih kemampuannya dalam mengingat.

Permainan puzzle tentu perlu disesuaikan dengan usia Anak Anda. Permainan ini dapat dimulai dari anak usia 3 tahun dimana daya tangkap objek mereka mulai terbentuk dan mereka mulai bisa membedakan bentuk, warna dan gambar.

Berikanlah puzzle dengan tingkat kesulitan yang sesuai dengan usia Anak Anda. Berikan pula puzzle dengan gambar dan bentuk yang menarik untuk merangsang minat mereka.

READ:  8 Tips Traveling Bagi Ibu Hamil

2. Lego

Permainan menyusun potongan plastik lego menjadi sebuah bentuk tidak hanya mengasah kemampuan keseimbangan mereka tetapi juga berguna dalam mengasah visual mereka terhadap objek. Kegiatan menyusun lego menjadi bangunan tidak hanya baik bagi otak mereka tetapi juga bagi keseimbangan tubuh dan kerjasama mereka.

Permainan lego sebaiknya dilakukan bersama dengan teman-teman Anak Anda. Kerjasama dan komunikasi membantu Anak lebih peka terhadap orang lain dan lingkungan sekitarnya.

Lego juga dapat memberikan kesempatan pada Anak dalam menentukan ide desain, memilih warna dan ukuran bangunan mereka sendiri.

3. Musik (Piano, Gitar Kecil)

Permainan tidak melulu  berbentuk potongan kecil atau bentuk-bentuk lucu. Berikan Anak Anda piano kecilnya sendiri dan biarkan dia menekan-nekan setiap tutsnya hingga berbunyi sesuai dengan keinginannya.

Permainan ini akan membantu kecerdasan musikal Anak Anda. Biarkan mereka bernyanyi dan memainkan alat musik mereka dengan gembira.

4.  Puzzle Angka dan Huruf

Puzzle angka dan huruf membantu Anak mengenal jenis-jenis angka dan huruf sebelum mereka menempuh dunia sekolah yang sebenarnya. Permainan ini cocok bagi Anak yang berusia diatas 3 tahun ke atas.

READ:  Cara Alami Memancungkan Hidung Tanpa Operasi

Ajaklah mereka bermain, sambil memberi tahu apa angka dan huruf yang mereka pegang. Pembekalan seperti ini penting dilakukan agar Anak tidak kaget di hari pertamanya bersekolah.

5. Buku Cerita dengan Gambar Menarik

Anak-anak mungkin tidak mengerti dengan apa yang tertulis di dalam buku cerita oleh karena itu pilihkanlah buku cerita dengan warna yang cerah dan beragam, gambar-gambar besar yang disukai oleh Anak Anda dan jangan terlalu banyak bacaan di dalamnya.

Anak Anda mungkin membolak-balik buku cerita tersebut dan menatap gambar-gambar di dalamnya dengan mulut terbuka dan mereka mencoba mengenali gambar-gambar tersebut. Kegiatan ini membantu daya ingat dan imajinasi mereka.

6. Boneka

Ternyata boneka tidak hanya bisa menjadi teman bermain Anak Anda. Boneka dapat membantu sosialisasi, motorik dan daya imajinasi Anak.

Memiliki boneka dan mengajak boneka berkomunikasi tidak akan membuat Anak Anda tumbuh menjadi anak aneh yang berbicara dengan benda mati. Sebaliknya, memberikan boneka pada anak Anda membantu kecerdasan verbal anak Anda.

READ:  Risiko Antidepresan Pada Wanita Hamil

**

Berikanlah anak Anda waktu bermain untuk menikmati masa kanak-kanak mereka dan fasilitasi permainan mereka dengan permainan yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat bagi kecerdasan dan tumbuh kembang mereka.

(foto: world.edu)