Ini Daftar Kebiasaan Sederhana yang Membuat Tubuh Cepat Merasa Lelah

penyebab merasa cepat lelahApakah Anda sangat mudah merasa lelah? Jangan diremehkan, hal ini bisa menjadi masalah yang cukup serius.

Kebiasaan Anda sehari-hari merupakan salah satu hal yang memainkan peran penting dalam meningkatkan energi tubuh Anda.

Pola makan yang tidak tepat dan gaya hidup yang tidak sehat sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda. Kurang tidur juga merupakan penyebab utama yang membuat Anda merasa cepat lelah.

Loading...

Nah, kebiasaan-kebiasaan seperti itulah yang perlu disembuhkan karena jika dibiarkan, maka dapat membuat Anda mudah lelah. Untuk melawan kelesuan, Anda harus selalu aktif baik secara fisik maupun mental.

Jadi jika Anda selalu merasa lelah, sekarang saatnya untuk melakukan beberapa latihan menyehatkan yang mampu memberi energi lebih untuk tubuh dan menghindari beberapa kebiasaan buruk yang membuat tubuh gampang merasa lelah, seperti berikut ini:

Waktu Tidur

Jam atau waktu tidur Anda memiliki banyak dampak pada sistem kekebalan tubuh. Jika Anda memiliki kebiasaan tidur selama 10 hingga 12 jam, maka cobalah untuk memperbaiki kebiasaan tersebut. Bangun kesiangan akibat tidur berlebihan akan membuat Anda merasa mudah lelah.

READ:  Tanda-Tanda dan Penyebab Sindrom Kelelahan Kronis

Junk Food

Mengkonsumsi junk food atau makanan instan lainnya telah menjadi kebiasaan buruk banyak orang. Kurangnya nutrisi harian dan suplemen vitamin membuat Anda merasa mudah lelah.

Kurang Mengkonsumsi Sayuran Hijau

Mikronutrien (vitamin, mineral, dan nutrisi tanaman) yang tersedia pada sayuran hijau merupakan asupan yang diperlukan oleh tubuh.

Tidak mengkonsumsi sayuran hijau merupakan salah satu kebiasaan buruk yang membuat Anda merasa mudah lelah.

Melewatkan Asupan Antioksidan

Antioksidan sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jika tubuh tidak mendapatkan jumlah antioksidan yang dibutuhkan secara teratur, maka rasa lelah akan cepat menghampiri Anda.

Dehidrasi

Kebanyakan orang memiliki kebiasaan minum sedikit air. Mereka hanya minum air ketika mereka merasa haus. Nah, Anda perlu untuk mengkonsumsi lebih banyak air dari biasanya.

Tubuh yang kekurangan air akan membuat Anda cepat merasa lelah dan lesu. Dehidrasi akan memperlambat metabolisme tubuh. Minum air dapat menaikkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda menjadi lebih aktif.

Meminum Kopi

Minum kopi selama dehidrasi akan memperlambat tekanan darah dan menyusutkan pembuluh darah. Hal ini membuat Anda merasa lebih cepat lelah daripada biasanya.

READ:  Lelah Sepanjang Hari? Ini 7 Cara Agar Merasa Lebih Baik

Laptop Atau Komputer

Memperpanjang penggunaan laptop atau komputer dapat menyebabkan sindrom visi komputer. Kelelahan adalah salah satu gejala dari sindrom ini.

Tempat yang Berantakan

Ini adalah kebiasaan buruk lain yang membuat Anda merasa lelah. Tempat yang berantakan dapat menghentikan fokus otak Anda dan juga membuat Anda merasa malas baik secara fisik maupun mental.

Tempat yang bersih dan rapi akan membuat siapa saja merasa lebih santai dan mampu menyegarkan pikiran Anda.

Melewatkan Sarapan

Belakangan ini, banyak mahasiswa maupun pekerja profesional yang memiliki kebiasaan buruk seperti melewatkan sarapan sebelum memulai aktivitas. Padahal hal inilah yang membuat Anda merasa mudah lelah. Perut kosong akan membuat tubuh Anda merasa lesu.

Jadi jika Anda merasa terpaksa harus melewatkan sarapan, sebaiknya konsumsilah vitamin dan permen kecil untuk meningkatkan kadar glukosa Anda di pagi hari.

**

Begitu banyak kebiasaan-kebiasaan sederhana yang membuat anda merasa mudah lelah. Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa kafein juga membuat Anda merasa lelah dan mengantuk.

READ:  9 Bahaya Berpakaian Ketat

Biasanya sebagian besar orang melawan kelelahan dan sakit kepala dengan secangkir kopi kental. Namun, para ahli gizi mengatakan bahwa kafein dapat membuat Anda merasa mengantuk dan lelah.

Sadar atau tidak sadar Anda telah terjebak dan terus melakukan kebiasaan buruk ini sehingga membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu.

(foto: yallaseha.net)