Tips Sehat untuk Penderita Diabetes

tips sehat penderita diabetesDiabetes mellitus atau yang umumnya dikenal dengan nama diabetes adalah kondisi di mana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi disebabkan karena pankreas tidak memproduksi insulin yang cukup atau sel-sel tidak merespon insulin yang dihasilkan dari pankreas tersebut.

Jika kadar gula darah tidak dapat kontrol, hal inilah yang dapat berakibat fatal nantinya.

Nah, untuk menjaga diabetes Anda tidak semakin parah biasanya disarankan untuk mengurangi asupan gula atau melakukan pemeriksaan tingkat gula darah setiap bulannya.

Loading...

Tetapi untuk Anda penderita diabetes, ada baiknya untuk membaca artikel di bawah ini karena akan kami bagikan tips sehat untuk penderita diabetes mengenai apa saja yang dapat dilakukan untuk mengurangi tingkat keparahan diabetes Anda selain melakukan pemeriksaan setiap bulannya.

1. Selalu Berhati-hatilah

Jika Anda menderita diabetes, sebaiknya untuk selalu berhati-hati karena tingkat glukosa darah Anda dapat berfluktuasi secara tak terduga. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan pengobatan secara teratur dan tetap berhubungan dengan dokter Anda.

Periksa tingkat gula darah Anda setiap beberapa jam atau menyediakan obat yang telah diresepkan oleh dokter Anda. Anda juga dapat mengikuti diet yang disarankan dokter.

READ:  Kebiasaan Makan yang Dapat Berakibat Diabetes

2. Hindari Makan Berlebihan

Saat Anda merasa sangat lapar, tidak disarankan untuk makan secara berlebihan. Karena itu, untuk Anda penderita diabetes sebaiknya makan pada waktu yang tepat dan sehingga tidak akan merasa lapar yang berlebihan.

Selain itu, ukur porsi makan sesuai dengan kebutuhan karena akan lebih menguntungkan buat Anda.

3. Makanan Sehat

Kurangi makan makanan yang mengandung lemak berlebih dan pastikan untuk menjaga tingkat asupan karbohidrat. Hindari kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

Perbanyak mengkonsumsi sereal dan roti gandum. Selain itu buah juga sangat direkomendasikan karena buah kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

4. Olahraga Ringan

Pastikan bahwa Anda keluar saat pagi hari untuk melakukan olahraga ringan seperti jalan pagi atau saat sore hari. Jalan kaki diketahui dapat membantu dalam mengatur tingkat kadar glukosa darah.

Sselain itu, jalan kaki secara rutin juga menyehatkan anggota tubuh lain seperti jantung. Anda juga dapat melakukan olahraga ringan yang membuat tubuh tetap aktif selama 30 menit. Di samping sehat, hal ini akan membantu membuat tubuh tetap dalam keadaan fit dan terhindar dari rasa lelah.

READ:  7 Dampak Buruk Ruangan Ber-AC Bagi Kesehatan

5. Liburan

Stress dapat menjadi salah satu penyebab gula darah meningkat, karena itu tidak ada salahnya untuk merencanakan liburan bersama keluarga yang akan membuat Anda lebih bahagia.

Sebelum berangkat pastikan bahwa Anda mendapatkan medical check-up dan telah berkonsultasi dengan dokter Anda apakah aman untuk melakukan liburan dengan kondisi kesehatan Anda saat ini. Buatlah semua daftar semua obat-obatan yang diresepkan dari dokter untuk dibawa saat berlibur.

**

Demikian beberapa tips sehat untuk para penderita diabetes. Terapkan pola hidup sehat untuk menekan tingkat kadar gula darah Anda, di samping itu konsumsi makanan yang mengandung banyak manfaat kesehatan untuk Anda seperti buah dan sayuran.

Kurangi konsumsi nasi dalam jumlah yang besar karena akan meningkatkan kadar gula darah, sebagai gantinya Anda dapat mengonsumsi gandum, kentang atau beras merah.

(foto: healthmeup.com)