5 Rahasia Menjaga Jantung agar Tetap Sehat

cara menjaga kesehatan jantungPenyakit jantung adalah salah satu penyebab utama tingkat kematian di banyak negara terutama berlaku untuk negara-negara maju seperti Amerika Serikat.

Hal ini dikarenakan pola dan gaya hidup mereka yang tidak sehat seperti minum alkohol yang berlebihan, banyaknya konsumsi junk food serta kurangnya berolahraga.

Inilah yang menjadi penyebab tidak sehatnya jantung mereka, jantung tidak dapat bekerja secara sempurna sehingga berujung pada kematian.

Loading...

Nah, jika Anda tidak ingin menjadi salah satu penderita penyakit jantung, berikut kami bagikan pada Anda 5 rahasia agar jantung lebih sehat.

1. Olahraga

Jika ingin sehat, sering-seringlah berolahraga. Kalimat ini mungkin sudah sering Anda dengar. Jantung Anda adalah salah satu otot terbesar dalam tubuh Anda, yang berfungsi untuk memompa darah dan satu-satunya organ yang membuat Anda tetap hidup.

Namun, bukan hanya otot jantung saja yang perlu Anda khawatirkan karena sebenarnya beberapa otot dalam tubuh Anda juga memiliki peran yang vital. Karena itu penting bagi Anda rutin berolahraga, yang memastikan seluruh otot bekerja dengan baik sesuai fungsinya masing-masing.

READ:  Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes

Jika Anda tidak gemar berolahraga, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jalan, jogging atau berenang.Hal ini akan membuat jantung Anda lebih sehat dan bekerja secara efektif dalam memompa darah dan menyalurkan oksigen.

2. Makanan

Beberapa jenis makanan ternyata dapat merusak sistem jantung Anda. Makanan seperti junk food atau makanan kaleng dapat menjadi salah satu penyebab seseorang sering terkena penyakit jantung.

Karena itu, jika Anda ingin membuat jantung lebih sehat dan hidup lebih lama, konsumsilah buah dan sayuran sebagai pengganti junk food Anda. Kurangi asupan makanan berlemak seperti daging karena akan membuat kolesterol jahat Anda meningkat dan berakibat buruk untuk kesehatan.

3. Berhenti Merokok

Slogan penyakit jantung sudah sering tertulis pada beberapa bungkus rokok. Jika Anda masih saja menghisap rokok, maka sama artinya Anda ingin jantung Anda berhenti secara perlahan.

Bukan hanya jantung, tetapi beberapa penyakit juga dituliskan seperti stroke. Jika Anda ingin menghindari itu semua, sebaiknya berhentilah merokok dari sekarang. Mulailah menjalani gaya hidup sehat dengan menjauhkan diri dari rokok dan alkohol.

READ:  Rheumatoid Arthritis dan Kesehatan Jantung

4. Stres

Saat Anda stres maka secara tidak langsung akan membuat tubuh memproduksi lebih banyak hormon seperti epinephrine dan kortison. Kedua jenis hormon ini dapat mempengaruhi hati dan jantung sehingga dapat merusak kesehatan Anda secara keseluruhan. Terlebih bila stres telah menjadi bagian dari kehidupan Anda.

Hidup lebih bahagia dan damai dapat menjaga jantung Anda lebih sehat, dan juga akan memperngaruhi kesehatan bagian tubuh yang lainnya.

5. Emosi

Jika Anda termasuk tipe orang pendendam, sebaiknya hilangkan sifat dan kebiasaan tersebut. Menyimpan seluruh emosi dalam diri Anda akan memberikan banyak tekanan secara tidak langsung pada sistem saraf dan jantung Anda.

Karena itu, saat Anda merasa emosi sebaiknya tuangkan dan ekspresikan kekesalan Anda secara positif dibanding menyimpannya lama-lama yang akan berakibat buruk pada kesehatan jantung.

**

Demikian 5 tips dan cara menjaga jantung Anda lebih sehat. Lakukan pola hidup sehat dan perbanyak minum air putih. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan jantung secara rutin untuk mengetahui kinerja jantung Anda. Semoga bermanfaat.