Yuk Rawat Rambut dengan Tanaman Sekitar!

tips rambut sehatIngin rambut indah dan sehat? Ternyata untuk mendapatkan rambut indah dan sehat tidak perlu melulu ke salon untuk melakukan creambath, hair mask atau hair spa.

Anda dapat memanfaatkan tanaman yang mudah dijumpai dan tumbuh di sekitar Anda. Perawatan dengan tanaman alami ini tidak hanya murah dan mudah dilakukan tetapi memang memberikan manfaat pada rambut Anda agar menjadi lebih sehat dan indah.

Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman yang memiliki khasiat ampuh untuk perawatan rambut Anda:

Loading...

1. Urang-aring untuk Rambut Hitam Berkilau

Kebanyakan orang mengenal urang-aring bukan tentang tanamannya tetapi urang-aring sebagai bahan utama pembuatan salah satu produk sampo perawatan rambut terkenal.

Tanaman urang-aring atau Eclipta Prostata masih belum banyak dibudidayakan. Kebanyakan tanaman urang-aring tumbuh secara liar di pinggir sungai atau ladang. Ciri-ciri tanaman ini daunnya tunggal, bulat telur, berseling  berhadapan, ujung runcing dan berwarna hijau. Tanaman ini dapat membuat rambut Anda lebih hitam berkilau.

Caranya adalah dengan menggiling satu genggam tanaman urang-aring yang sudah dicuci bersih kemudian dicampur air panas dan disaring airnya. Air tersebut didiamkan kurang lebih satu hari kemudian diusapkan merata pada rambut Anda, diamkan beberapa menit kemudian bilas.

READ:  7 Pengobatan Alami Untuk Mengatasi Jerawat

2. Lidah Buaya untuk Rambut  Lembut

Sejak zaman dulu, tanaman lidah buaya memang digunakan untuk melembutkan rambut yang kering.

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mendapatkan rambut yang senantiasa lembut adalah dengan mencampur daging tanaman lidah buaya dengan jeruk nipis, lalu gunakan sebagai pengganti kondisioner setelah Anda menggunakan sampo. Lakukan secara rutin maka rambut  Anda akan senantiasa lembut.

3. Kemiri untuk Rambut Panjang

Kemiri memang sering digunakan untuk memperpanjang rambut. Cara memanfaatkan kemiri agar rambut cepat panjang adalah dengan menumbuk 10 biji kemiri sampai halus. Rebus hasil tumbukan dengan air 500 cc hingga mengeluarkan minyak. Usapkan minyak tersebut ke kulit kepala dan rambut secara merata.

Lakukan tips ini secara rutin dalam satu minggu dan rambut Anda akan tumbuh panjang lebih cepat.

4. Kelapa Hijau untuk Hilangkan Ketombe

Pohon kelapa hijau yang biasa tumbuh di pinggir pantai kini dapat kita temukan dengan mudah di halaman belakang rumah. Tanaman yang bisa tumbuh hinggan 15 meter ini memiliki daun 2-3 meter, bunga yang berbentuk bunga tongkol dan buah yang berwarna hijau cerah.

READ:  Nutrisi Penting Untuk Perawatan Rambut

Cara memanfaatkan kelapa hijau untuk menghilangkan ketombe pada rambut adalah dengan membuat lubang di bagian atas kelapa, masukkan garam satu sendok teh kemudian embunkan di luar rumah semalaman. Pagi harinya gunakan airnya untuk membasuh kulit kepala Anda sambil dipijat dengan lembut.

5.  Bayam untuk Rambut Kuat

Tanaman bayam atau Amaranthus hybridus banyak ditanam di kebun atau ladang. Tanaman ini memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat dan bernutrisi seperti kalium, bayam, protein, fosfor, zat besi, vitamin A, B1 dan C.

Cara memanfaatkan bayam untuk mendapatkan rambut senantiasa kuat adalah dengan mencampur segenggam bayam yang telah digiling dengan satu gelas air matang dan dua sendok makan madu, aduk hingga rata kemudian peras untuk diambil sarinya. Minum air hasil perasan tersebut tiga kali sekali untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan rambut Anda agar senantiasa kuat.

**

Sekian tips untuk menjaga keindahan dan kesehatan rambut dengan memanfaatkan tanaman di sekitar Anda. Selamat mencoba, semoga sukses.