Mau Sukses Karir dan Rumah Tangga, Ini Dia Jurus Jitunya!

tips sukses ibu sekaligus wanita karirTERUSKAN.COM – Bisa menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik sekaligus menjadi wanita karir yang dapat membantu ekonomi keluarga adalah keinginan semua wanita di dunia.

Tetapi tidak semua wanita memiliki kesempatan dan kemampuan untuk menjalankan kedua peranan penting tersebut secara bersamaan dengan seimbang.

Faktor keluarga dan anak menjadi faktor utama yang dipertimbangan. Tidak ada yang salah antara pilihan menjadi ibu rumah tangga atau menjadi wanita karir asalkan keduanya dilakukan dengan penuh tanggung jawab.

Jika Anda adalah seorang ibu dan juga wanita karir, ada beberapa tips sukses menjadi ibu sekaligus wanita karir yang bisa Anda coba terapkan, antara lain:

1. Manajemen Waktu dengan Baik

Sesibuk apapun pekerjaan Anda, Anda harus mampu mengatur waktu Anda dengan baik. Anda harus merencanakan 24 jam yang Anda miliki dalam sehari untuk hal-hal yang berguna.

Anda harus merencanakan jam berapa Anda harus bangun, menyiapkan sarapan, mengantar anak Anda sekolah, berangkat ke kantor, pulang ke rumah dan menemani anak Anda mengerjakan pekerjaan rumah.

Usahakan melaksanakan apa yang sudah terjadwal untuk menghindari adanya ketimpangan.

2. Buat Skala Prioritas

Prioritas adalah tentang membedakan mana yang penting, lebih penting dan paling penting. Bagi sebagian besar kaum wanita, keluarga atau anak adalah yang paling penting bila dibandingkan dengan karir mereka.

Skala prioritas seperti ini perlu sekali dipegang teguh, sehingga apabila seorang wanita dihadapkan pada sebuah pilihan dimana ia harus memilih antara keluarganya atau karirnya, ia memilihnya dengan senyum keyakinan bukan penyesalan.

3. Jadilah Profesional

Jangan pernah membawa masalah kantor saat pulang ke rumah atau sebaliknya, jangan pernah membawa masalah pribadi keluarga ke kantor. Pisahkan keduanya, fokus pada apa yang sedang Anda lakukan, berikan yang terbaik pada apa yang sedang Anda lakukan.

Ketika Anda di kantor, pisahkan sejenak masalah yang sedang terjadi di rumah, karena apabila masalah di rumah membayangi pekerjaan Anda di kantor, maka pekerjaan Anda di kantor akan ikut menjadi masalah sehingga masalah yang Anda hadapi menjadi dua kali lipat.

4. Jaga Pola Hidup

Pola hidup menentukan kualitas hidup Anda. Pola hidup yang baik akan membuat hidup Anda lebih sehat, lebih bahagia dan lebih terarah.

Cara menjaga pola hidup adalah dengan memperhatikan makanan yang Anda makan, menjaga waktu istirahat Anda dan memberi kesempatan bagi tubuh Anda untuk berolahraga.

Olahraga yang dapat Anda lakukan di waktu senggang adalah jogging (30-40 menit) dan  bersepeda (20-30 menit), lakukan setiap akhir pekan.

5. Lakukan Me Time

Ketika Anda, seorang wanita yang juga hanyalah seorang manusia biasa sudah berjuang memberikan yang terbaik bagi suami, anak dan orang-orang yang Anda sayangi, maka Anda juga perlu memberikan yang terbaik bagi diri Anda sendiri.

Dalam seminggu, setidaknya 1-2 jam di akhir pekan, luangkan waktu untuk memberi ruang bagi diri Anda sendiri. Menjauhlah sebentar dari keramaian dan menyendirilah, lakukan aktivitas yang membuat Anda tenang seperti berendam dengan air panas atau pergi ke salon untuk mendapatkan pijatan di seluruh tubuh.

Waktu bagi diri sendiri sangatlah penting untuk menghindari bahaya stres dari rutinitas dan kesibukan yang Anda hadapi setiap hari. Aktivitas ini dapat membantu merefresh otak dan jiwa Anda sehingga Anda siap untuk menyambut tantangan lain di hari esok.

**

Semoga tips ini membantu. Mari jadi wanita Indonesia yang cerdas.


Topik Terkait: , ,

BERIKAN KOMENTAR

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>