6 Cara Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

perencanaan keuangan pribadiBagi Anda yang masih single, Anda hanya bertanggung jawab untuk mengatur keuangan Anda pribadi dari income yang Anda dapatkan.

Sebagian orang masih menganggap bahwa mengatur keuangan adalah hal yang sangat sulit.

Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor kebutuhan, biaya hidup, kebiasaan dan lingkungan.

Loading...

Untuk Anda yang masih single, aturlah pemasukan Anda sebijak mungkin untuk menghindari gaya hidup boros dan berlebihan.

Berikut adalah tips dan cara mengatur keuangan bagi Anda yang masih single:

1.  Buat Rencana Keuangan

Berapa pemasukan yang Anda dapatkan sebulan? Apa saja yang harus dibayarkan secara rutin tiap bulannya? Apa kebutuhan primer yang Anda harus beli dan berapa yang bisa ditabung?

Perencanaan keuangan dibutuhkan oleh siapa saja karena dengan merencanakan pengeluaran kita, kita dapat mengetahui kemana saja aliran uang kita, untuk apa saja dan seberapa besar. Rencana keuangan dibuat bukan hanya untuk sekadar menjadi rencana tetapi juga harus diwujudkan dalam bentuk nyata.

2. Tentukan Prioritas

Terpengaruh oleh gaya hidup lingkungan di sekitar Anda membuat Anda ingin membeli gadget terbaru, tas merek ternama dan liburan ke Bali. Sayangnya total semua keinginan Anda tersebut jauh lebih besar dari pemasukan yang Anda terima setiap bulannya.

READ:  Syarat Dan Langkah Untuk Melakukan Pembelian Kredit HP

Anda harus menentukan mana yang paling Anda butuhkan, bukan apa yang paling Anda inginkan. Lihatlah kapan terakhir kali Anda berganti gadget atau membeli tas.

Apabila tas yang Anda gunakan masih terlihat bagus dan gadget yang Anda pakai sudah bertahun-tahun tidak Anda ganti dan Anda memerlukannya hampir setiap saat, maka Anda boleh membeli gadget baru.

Tetapi apabila keduanya masih dalam kondisi baik dan masih bisa digunakan, tidak ada salahnya Anda menahan diri dan menabung uang Anda.

3.  Jangan Terbawa Arus

Memaksakan diri makan di tempat mewah karena ajakan teman-teman padahal uang di dompet sudah menipis? Apakah hal itu pernah Anda lakukan? Kebiasaan seperti itu harus mulai Anda kendalikan karena semakin Anda biarkan,  semakin tidak bisa Anda melawannya.

Kebanyakan dari kita memaksakan diri dan mengikuti arus trend yang tidak bersahabat dengan keuangan kita sehingga semua rencana keuangan yang telah kita buat hancur berantakan.

Tanamkan pada diri Anda bahwa Anda tidak perlu sama dengan orang lain, karena sudah pasti kondisi keuangan Anda berbeda dengan orang lain.

READ:  Sudah Siapkah Anda Menghadapi Masa Depan?

4. Tabung Uang Anda

Menabung adalah kegiatan yang sudah diajarkan oleh orangtua kita sedari kecil. Menabung adalah kegiatan yang sederhana tetapi implementasinya sulit bagi sebagian besar orang.

Menabung sangat diperlakukan untuk spekulasi yang terjadi di masa yang akan datang dan juga untuk perencanaan uang ke depannya. Demi menghindari resiko ketidakpastian di masa yang akan datang, Anda wajib menyisihkan sebagian pendapatan Anda untuk ditabung.

5. Hindari Mengandalkan Kartu Kredit atau Debit

Pernahkah Anda merasa menggunakan kartu debit Anda dengan bijaksana dan tiba-tiba uang Anda habis dengan cepat?  Mungkin itu karena kebiasaan Anda menggesek kartu ajaib itu tanpa pertimbangan dan rencana.

Hindari menggunakan kartu kredit jika Anda belum benar-benar membutuhkannya dan pergunakan kartu debit Anda hanya untuk keadaan mendesak. Hal ini melatih Anda untuk mempertahankan uang di tabungan Anda.

6. Siapkan Uang Cash Sebesar Rencana Anda

Untuk menghindari penggunaan kartu debit dan kredit, usahakan memisahkan sejumlah uang cash sesuai dengan perkiraan penggunaaan Anda dalam satu bulan.

READ:  Kiat Mengendalikan Pengeluaran untuk Makanan Sehat

Hal ini akan melatih Anda mengatur uang dengan lebih bijaksana karena Anda melihat dan memegang uang itu sendiri secara nyata dan menyelamatkan uang tabungan Anda di bank.

**

Demikian tips mengatur keuangan pribadi Anda. Semoga tips tadi bermanfaat dan dapat diaplikasikan dalam hidup Anda. Mari pergunakan uang Anda sendiri dengan benar dan bijak.