Tips Sukses Menaklukkan Interview Pekerjaan

tips interview kerjaBerapa kali Anda mendatangi interview pekerjaan dan berapa kali Anda dipanggil kembali setelah melakukan interview tersebut?

Tidak semua orang berhasil mengatasi tantangan-tantangan yang muncul saat interview pekerjaan berlangsung.

Untuk memastikan Anda tidak kehilangan kesempatan mendapatkan pekerjaan yang Anda idam-idamkan, mari simak tips sukses menaklukan interview pekerjaan berikut ini:

Loading...

1. Persiapkan Materi dan Ketahui Perusahaan Tempat Anda Melamar

Cari tahu mengenai latar belakang, sejarah, produk dan kondisi keuangan perusahaan tempat Anda melamar pekerjaan. Hal tersebut pasti akan ditanyakan oleh pihak HRD yang mewawancarai Anda.

Persiapkan materi, tunjukkan sejauh mana pengetahuan Anda tentang perusahaan tersebut. Cari materi dan informasi tentang perusahaan tersebut melalui internet.

2. Cari Tahu Pertanyaan Umum Saat Interview

Hanya dengan menjelajahi internet, Anda dapat mengetahui pertanyaan-pertanyaan umum dan beragam jenis tes yang kerap dilakukan saat menjalani wawancara pekerjaan.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat Anda pelajari kemudian persiapkan dengan jawaban terbaik Anda sehingga tidak ada lagi kata gugup saat interview berlangsung.

3.  Datang Lebih Awal

Jangan datang terlambat ke hari interview Anda karena hal tersebut akan memberikan kesan pertama yang kurang baik. Jika pada hari interview saja Anda sudah berani datang terlambat, bagaimana jika Anda diterima bekerja di perusahaan tersebut?

READ:  6 Alasan Kenapa Harus Menjadi Freelancer

Selain memberikan kesan pertama yang baik, datang lebih awal dapat membantu Anda membaca keadaan, memberi waktu istirahat dan menyiapkan diri Anda untuk menghadapi interview.

4. Perhatikan Penampilan Anda

Anda menghadiri interview untuk mendapatkan pekerjaan sebagai seorang marketing tetapi Anda datang dengan memakai kaus dan jins? Hal tersebut akan sangat merusak nilai Anda di mata HRD. Pergunakan pakaian yang sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan.

Ingatlah bahwa orang pertama kali orang menilai Anda dari penampilan Anda. Jangan sampai Anda dinilai tidak mampu hanya karena penampilan Anda yang kurang meyakinkan.

5. Jawab Pertanyaan Dengan Yakin

Ketika Anda sudah cukup mempersiapkan bahan dan materi seputar perusahaan dan pertanyaan umum saat interview, jawablah pertanyaan dengan yakin dan singkat.

Jangan terlalu panjang hingga membuat pernyataan Anda keluar dari poin yang ditanyakan.

6. Jaga Sikap Anda

Mungkin Anda memiliki rasa percaya diri dan keyakinan yang tinggi tapi kendalikanlah hal tersebut karena dapat membuat Anda terlihat angkuh. Rasa percaya diri tidak harus ditunjukkan lewat sikap yang angkuh dan pamer tetapi tunjukkan dengan jawaban-jawaban cerdas dan berkualitas.

READ:  4 Kebiasaan Orang yang Tepat Waktu

Cara menjaga sikap yang lain adalah dengan tidak banyak bergerak, mendengarkan dengan baik dan menatap mata pewawancara saat berbicara.

7. Tersenyumlah dan Berjabatan Tangan dengan Hangat

Tahukah Anda bahwa hanya dengan tersenyum saat mendatangi interview akan mendatangkan kesan dan suasana berbeda?

Tersenyum dan menjabat tangan HRD dengan hangat akan membuat kesan pertama Anda yang ramah, mudah bersosialiasasi dan terbuka. Hal itu dapat membuat ketegangan Anda mencair dan merilekskan suasana.

8. Ucapkan Salam dan Terima Kasih

Banyak yang melupakan pentingnya mengucapkan salam dan terima kasih. Ternyata dua kalimat sederhana tersebut dapat memberikan kesan yang jauh lebih baik.

Bisa saja Anda tidak terlalu pintar, IPK Anda masih lebih rendah dibandingkan dengan beberapa pelamar lainnya. Tetapi hanya dengan memiliki attitude yang baik, hal itu bisa jadi nilai plus yang dapat memenangkan Anda dibanding kompetitor lainnya.

**

Selamat mencoba dan semoga sukses dalam interview pekerjaan Anda.

(foto: lcdc.law.ugm.ac.id )