7 Kiat Menjadi Bos yang Dicintai Karyawan

menjadi bos yang dicintaiSeorang pemimpin pasti menginginkan yang terbaik bukan hanya bagi perusahannya tetapi juga bagi para bawahannya.

Tentu saja sebagai manusia biasa, banyak sekali faktor yang mempengaruhi gaya kepemimpinan seseorang.

Memang tidak semua orang lahir dengan jiwa kepemimpinan sejati, akan tetapi ada beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan demi menjadi seorang pemimpin yang dihormati dan disayangi bawahan Anda.

Berikut kami bagikan 7 kiat agar Anda menjadi bos yang dicintai oleh bawahan:

1. Hormati Bila Ingin Dihormati

Menjadi seorang pemimpin yang dihormati tidak selalu harus menjadi seorang pemimpin yang keras dan ditakuti. Pemimpin yang ditakuti hanya akan dikelilingi oleh orang-orang yang sibuk mencari muka.

Sebaliknya, jadilah pemimpin yang dihormati. Bagaimana agar Anda dihormati orang lain?

Caranya adalah dengan menghormati orang lain, termasuk karyawan Anda sendiri. Cara menghormati karyawan Anda tidaklah sulit, cukup perlakukan karyawan Anda secara manusiawi sebagaimana Anda ingin diperlakukan bila berada di posisi mereka.

Tidak perlu melulu harus memasang wajah serius. Satu senyuman tulus dari Anda mungkin menjadi penyemangat kerja karyawan selama seharian.

2. Ambil Keputusan yang Paling Adil

Sebenarnya tidak ada keputusan yang paling adil. Setiap keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin pasti memiliki pro dan kontra. Ketika Anda harus memilih, pikirkanlah semua kemungkinan dari segala aspek yang ada.

Keputusan yang Anda pilih akan berdampak pada keseluruhan perusahaan sehingga Anda harus memikirkan keputusan yang paling menguntungkan bukan hanya bagi kepentingan perusahaan sendiri tetapi juga bagi para karyawan Anda.

3.  Pendekatan Psikologis yang Tepat

Sebagai seorang pemimpin Anda perlu mengetahui mengenai perbedaan kepribadian tiap individu dan bagaimana cara menghadapinya. Bila Anda memiliki karyawan dengan tipe kepribadian melankolis, Anda harus tahu bagaimana cara berbicara dengannya agar ia menerima pernyataan Anda.

Setiap individu adalah unik dan berbeda. Cara Anda memperlakukan A dan B tidak bisa sama. Oleh karena itu kenali kepribadian bawahan Anda dan lakukan pendekatan yang sesuai.

4. Pilihlah Nada Bicara yang Tepat

Kebanyakan para pemimpin memilih nada-nada tinggi dalam berbicara. Ternyata pendekatan seperti itu tidak berhasil membuat mereka dihormati atau disegani. Seorang pemimpin yang baik harus tahu kapan mereka harus menaik-turunkan nada bicara mereka.

Terlalu sering membentak karyawan tidak akan membuat mereka bekerja dengan lebih baik. Tinggikan nada suara Anda hanya pada saat karyawan melakukan kesalahan yang besar. Tidak perlu banyak membuang energi Anda hanya untuk ditakuti karyawan.

5. Berikan Ruang bagi Toleransi

Apakah Anda akan memecat karyawan yang tidak masuk kerja satu minggu karena penyakit demam berdarah yang dideritanya? Padahal karyawan tersebut sudah setia bekerja di perusahaan Anda selama bertahun-tahun?

Tentu saja hal-hal seperti ini akan sering terjadi dimana seorang pemimpin harus mampu memikirkan jalan paling baik dan tentu paling adil yang bisa diambil. Berikan ruang bagi toleransi kepada karyawan Anda karena mereka pun bisa sakit dan mendapatkan musibah.

6. Berikan Stimultan

Melihat karyawan Anda terlihat suntuk dan stres oleh beban pekerjaan? Kinerja bekerja cenderung menurun? Mungkin mereka butuh rangsangan atau variasi untuk bekerja dengan lebih baik.

Anda bisa memberikan stimultan dengan memberikan target kerja baru misalnya penawaran memberikan bonus apabila peningkatan penjualan melebihi target atau membelikan seperangkat perlengkapan kantor baru atau mendekor ulang ruangan kerja mereka. Hal seperti itu perlu dilakukan maksimal 10 tahun sekali untuk merefresh suasana kerja.

7. Berikan Penghargaan

Anda memiliki karyawan dengan tingkat absensi rendah? Melakukan pekerjaannya dengan baik selama bertahun-tahun tetapi gajinya masih sangat jauh dari yang seharusnya ia dapatkan?

Berikanlah sesuatu sebagai penghargaan pada karyawan-karyawan setia Anda. Sama halnya dengan karyawan baru yang sudah mencetak prestasi dan memberikan kontribusi pada perusahaan Anda.

Ingatlah bahwa semakin Anda mengeluarkan lebih maka Anda akan mendapatkan lebih. Penghargaan akan melahirkan rasa kebanggaan, mendongkrak prestasi dan mendatangkan loyalitas.

**

Demikian 7 tips agar Anda menjadi bos yang dicintai oleh para bawahan. Semoga bermanfaat.

2 Komentar

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *