5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Menggelar Pesta Pernikahan

hal yang dipersiapkan sebelum pernikahanSebelum menggelar pesta ratu dan raja sehari, ada banyak sekali persiapan dan hal yang harus Anda perhatikan.

Semua hal tersebut perlu dipikirkan agar pernikahan yang merupakan momen suci dapat terlaksana dengan khidmat dan berkesan.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menggelar pesta pernikahan:

Loading...

1.  Perhitungkan Budget Anda

Menggelar suatu pesta pernikahan adalah salah satu pengeluaran besar-besaran yang harus Anda pertimbangkan matang-matang. Rata-rata pesta pernikahan rumahan di Jakarta untuk kalangan menengah sekitar 40-60 juta rupiah sementara untuk pernikahan gedung rata-rata 60-100 juta rupiah.

Semua disesuaikan dengan banyaknya jumlah undangan, jenis menu makanan, dekorasi, souvenir dan pelengkap lainnya. Tidak perlu memaksakan diri untuk menggelar pesta mewah bila memang kondisi keuangan tidak mendukung.

Pesta pernikahan hanya berlangsung satu hari sementara masih ada ribuan hari di depan sana yang masih membutuhkan perhatian Anda.

2.  Rencanakan Panitia Pernikahan

Ingin membentuk sendiri panitia pernikahan Anda atau menyewa jasa wedding organizer? Keduanya adalah pilihan yang sama baiknya.

READ:  Tips Agar Menjadi Tamu Pesta Pernikahan Yang Sempurna

Bila Anda lahir di keluarga besar, sebaiknya melibatkan sendiri anggota keluarga Anda sebagai panitia pernikahan Anda karena rasa kebersamaan dan saling memiliki akan memberikan kesan yang lebih hangat dan tidak terlupakan.

Tetapi bila Anda tidak memiliki banyak saudara yang dapat membantu Anda disertai kesibukan Anda yang tak kenal waktu, kini jasa wedding organizer menyediakan segalanya untuk Anda.

3.  Pilih Lokasi yang Sesuai

Bingung memilih untuk menggelar pesta pernikahan di rumah atau di dalam gedung?

Apabila Anda dan keluarga Anda memilih untuk tidak ribet saat menggelar pesta pernikahan dapat menggelar pesta pernikahan di gedung yang biasanya sudah satu paket dengan pelayanan lainnya. Tetapi bila Anda merasa pernikahan di gedung tidak memberikan cukup waktu dan kesan, Anda dapat menggelar pesta pernikahan Anda di rumah.

Bila Anda memiliki budget yang besar, Anda dapat memilih pernikahan di gedung. Tetapi bila tidak, pernikahan di rumah pun bisa dibuat berkesan.

Bila tamu undangan Anda cukup banyak dan rumah Anda tidak cukup besar untuk menampung semua tamu, mungkin opsi menyelenggarakan pesta di gedung dapat menjadi pertimbangan.

READ:  Ide Pernikahan Dengan Warna Kuning

4. Pilihlah Adat dan Tema Pernikahan yang Sesuai

Dalam memilih adat mana yang akan Anda gunakan, diperlukan musyawarah dari seluruh keluarga besar. Apakah adat dari pihak Anda atau pihak pasangan Anda atau kombinasi dari keduanya. Tema pernikahan juga perlu diperhatikan.

Tema pernikahan meliputi warna dekorasi yang akan menjadi warna dominan, dekorasi pelaminan maupun aksesoris dan pajangan lain yang mempercantik area pernikahan Anda. Tema juga sebaiknya disesuaikan dengan selera dan keinginan Anda dan pasangan.

5. Pilihlah Menu Katering Khas Daerah

Umumnya menu makanan di pesta pernikahan itu-itu saja. Mari bereksperiman sedikit dengan memperkenalkan kepada masyarakat mengenai makanan khas dari daerah asal Anda agar pesta pernikahan Anda menjadi lebih diingat. Tentu saja disesuaikan juga dengan selera dan budget Anda.

**

Demikianlah 5 hal yang harus Anda perhatikan sebelum menyelenggarakan pesta pernikahan. Jangan lupa untuk meminta pendapat dan saran dari pasangan agar pesta pernikahan bisa mengakomodir keinginan Anda berdua. Semoga artikel ini bermanfaat.

(foto: ibtimes.com)