Memasang Brake Pads Motor Sendiri Ternyata Tidaklah Sulit

Mengganti brake padsAnda mungkin pernah mengalami saat-saat dimana rem motor terasa longgar dan berdecit saat digunakan untuk mengerem.

Jika itu terjadi, maka sudah bisa dipastikan bahwa kampas rem motor atau brake pads harus segera diganti agar perjalanan terasa lebih aman dan terhindar dari kecelakaan yang berbahaya.

Untuk mengganti brake pads, Anda bisa menggantinya sendiri sehingga tidak perlu repot-repot pergi ke bengkel dan mengantri lama karena sebenarnya dengan mengganti sendiri hanya perlu beberapa menit saja.

Berikut adalah cara untuk memasang brake pads motor sendiri dengan mudah, terutama brake pads rem cakram.

1. Beli brake pads yang sesuai dengan motor Anda

Membeli dan menentukan brake pads yang sesuai dengan motor merupakan hal yang paling penting sebelum mulai memasang brake pads motor sendiri. Tentukan model rem yang akan diganti, apakah itu model tromol ataukah model cakram dan sangat dianjurkan untuk membeli brake pads yang orisinal agar lebih awet dan mencengkeram lebih erat.

Selain itu, menggunakan brake pads original akan membuat piringan cakram tidak cepat aus karena gesekan. Hanya saja konsekuensinya adalah harga barang lebih mahal dari barang yang tidak orisinal.

READ:  7 Kelalaian Yang Harus Dihindari Saat Membeli Motor Bekas

Jika memang Anda mencari yang lebih murah, pastikan untuk membeli brake pads yang dikeluarkan oleh pabrik terkenal, dan jangan mudah tergiur oleh kata-kata teknisi yang menyarankan untuk membeli brake pads yang tidak Anda kenal agar tidak kecewa dengan kualitasnya di kemudian hari.

2. Persiapkan semua peralatan

Setelah membeli brake pads yang tepat, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan untuk memasang brake pads motor sendiri seperti kunci inggris, tang, obeng, kunci  8 sampai 14, kunci L bintang, dan peralatan lainnya yang diperlukan.

Jika dibandingkan dengan rem tromol, rem cakram tidak membutuhkan banyak peralatan. Hanya diperlukan obeng besar, kunci 8, dan kunci L bintang.

3. Langkah pemasangan brake pads

Jika brake pads  sudah dibeli dan peralatan yang dibutuhkan sudah disiapkan, maka langkah selanjutnya adalah memasangnya. Langkah pertama yang dilakukan adalah posisikan motor berdiri tegak 2, jangan diposisikan menyamping karena akan menyulitkan pergantian.

Jika sudah, maka buka karet yang menutupi lubang baut kampas. Bukalah baut pengunci kampas ini dengan kunci L bintang yang sudah disiapkan. Setelah itu tarik baut kuncian yang sudah kendor ini hingga piston rem cakram ini lepas dari cakram. Setelah lepas, ganti brake pads yang sudah aus dengan yang baru.

READ:  Tips Atasi Masalah Klakson Motor yang Mulai Membisu

Jangan lupa untuk membersihkan piston cakram agar pengereman dapat dilakukan lebih maksimal. Jika sudah selesai dibersihkan dan brake pads yang baru sudah terpasang, maka kembalikan piston cakram ke kondisi semula dan pastikan baut kuncian terpasang kuat.

Setelah semua selesai, Anda hanya perlu menekan beberapa kali rem tangan maupun rem kaki untuk memastikan brake pads terpasang sempurna dan hasil yang didapatkan maksimal.

**

Jadi, memasang brake pads motor sendiri itu tidak begitu sulit kan?

Selamat mencoba!

(foto: howstuffworks.com)