6 Manfaat Sehat Mandi dengan Garam Epsom

manfaat garam epsom Garam epsom sering ditemui sebagai mineral epsomite heptahidrat sulfat (MgSO4 • 7H2O), merupakan garam anorganik yang mengandung magnesium, belerang dan oksigen.

Epsom salt bath atau garam Epsom  memiliki berbagai macam manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan.

Garam ini bisa digunakan sebagai campuran ketika berendam dengan menggunakan air hangat, scrub wajah dan menambah volume rambut. Sedangkan untuk kesehatan, garam Epsom bisa digunakan untuk membantu meredakan pembengkakan ketika keseleo serta memar.

Penelitian telah menunjukkan bahwa magnesium dan sulfat mudah diserap melalui kulit, sehingga mandi dengan menggunakan garam Epsom merupakan salah satu langkah mendapatkan kulit yang sehat.

Magnesium memainkan sejumlah peran dalam tubuh termasuk mengatur aktivitas lebih 325 enzim, mengurangi peradangan, membantu fungsi otot dan saraf dan membantu mencegah pengerasan arteri. Sulfat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi, racun flush dan membantu meringankan sakit kepala migrain.

Berikut ini beberapa manfaat bagi kesehatan yang bisa didapatkan dari garam Epsom seperti yang dikutip dari salt works.

1. Meringankan Stres dan Menenangkan Tubuh

Stres menguras magnesium yang ada di dalam tubuh dan meningkatkan kadar adrenalin. Ketika dilarutkan dalam air hangat, garam Epsom diserap melalui kulit dan mengisi ulang tingkat magnesium dalam tubuh. Magnesium membantu menghasilkan serotonin, zat kimia yang mengangkat suasana hati dalam otak yang menimbulkan rasa tenang dan relaksasi.

READ:  Manfaat Garam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Penelitian menunjukkan bahwa magnesium juga meningkatkan energi dan stamina dengan mendorong produksi ATP (adenosine triphosphate), paket energi yang dibuat dalam sel. Para ahli percaya bahwa mandi dengan garam Epsom setidaknya tiga kali seminggu membantu Anda untuk terlihat lebih baik, merasa lebih baik dan mendapatkan lebih banyak energi.

Ion magnesium juga membantu agar tubuh terasa lebih rileks dan mengurangi iritasi dengan menurunkan efek adrenalin, menciptakan perasaan santai, meningkatkan kualitas tidur dan konsentrasi, serta membantu otot dan saraf berfungsi dengan lebih baik.

2. Meredakan Rasa Sakit dan Kram Otot

Mandi dengan menggunakan garam Epsom diketahui memiliki manfaat untuk meringankan rasa sakit dan meredakan peradangan, sehingga bermanfaat dalam pengobatan sakit otot, asma bronkial dan sakit kepala migrain. Selain itu, juga diketahui mampu membantu untuk menyembuhkan luka dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan atau proses persalinan.

Campurkan garam Epsom dengan air panas sehingga Anda bisa mendapatkan kenyamanan yang menenangkan. Cobalah merendam kaki Anda, dalam bak air yang dicampur dengan setengah cangkir garam epsom. Garam Epsom melembutkan kulit, menghilangkan lelah kaki dan bahkan akan menetralisir bau kaki.

READ:  Tips Untuk Menjaga Tulang Tetap Sehat

3. Membantu Otot dan Saraf Berfungsi dengan Baik

Studi menunjukkan bahwa garam Epsom dapat membantu mengatur elektrolit dalam tubuh Anda, memastikan berfungsinya otot, saraf dan enzim dengan baik. Magnesium juga dikenal penting dalam penggunaan yang tepat dari kalsium, yang berfungsi sebagai konduktor utama impuls listrik dalam tubuh. Membantu mencegah pengerasan arteri dan pembekuan darah.

Garam Epsom juga diyakini membantu meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah penyakit jantung dan stroke dengan meningkatkan sirkulasi darah, melindungi elastisitas pembuluh darah, mencegah pembekuan darah dan mengurangi risiko kematian serangan jantung mendadak.

4. Membuat Insulin Lebih Efektif

Proper magnesium dan sulfat meningkatkan efektivitas insulin dalam tubuh, membantu menurunkan risiko atau keparahan diabetes.

5. Meredakan Sembelit

Sejumlah penelitian telah mengungkapkan bahwa garam Epsom dapat digunakan untuk mengobati sembelit. Diambil secara internal, garam Epson bertindak sebagai agen detoksifikasi untuk membersihkan usus besar.

Garam bertindak seperti pencahar dengan meningkatkan air dalam usus dan dapat membawa bantuan sementara dari sembelit. Namun, perlu diketahui bahwa garam Epsom tidak boleh digunakan untuk meringankan sembelit tanpa konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

READ:  Transplantasi Sel Punca

6. Menghilangkan racun dari tubuh

Para sulfat dalam garam Epsom membantu mengeluarkan racun dan logam berat dari sel-sel yang ada di dalam tubuh. Kulit Anda adalah membran yang sangat berpori dan menambahkan mineral yang tepat untuk air mandi Anda memicu proses yang disebut reverse osmosis, yang sebenarnya menarik garam keluar dari tubuh Anda, dan racun berbahaya bersama dengan itu.

Untuk mandi detoksifikasi, setidaknya sekali seminggu tambahkan dua cangkir garam Epsom ke air di bak mandi dan berendamlah selama 10 menit.

(foto: epsomsaltsbath.com)