4 Trik dan Cara Mudah agar Mobil Irit BBM

Trik Mudah Mobil Irit BBMKenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) sebesar Rp. 1000 untuk solar dan Rp. 2000 untuk bensin membuat semua kalangan bingung, baik itu pengguna mobil maupun motor.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengirit konsumsi BBM oleh para pengguna kendaraan seperti pemasangan alat irit BBM, mengisikan cairan irit BBM ke dalam tangki kendaraan, sampai dengan menggunakan kendaraan hanya seperlunya saja.

Beberapa trik ini cukup efektif untuk mengirit konsumsi BBM, namun hal penting yang lebih efektif adalah mengubah cara mengemudi.

Loading...

Selain karena tidak perlu mengeluarkan biaya, mengubah cara mengemudi dari yang biasanya ugal-ugalan dan berkecepatan tinggi juga akan membuat Anda lebih nyaman berkendara dan lebih aman.

Berikut adalah 4 trik dan cara mudah agar mobil irit bbm melalui mengubah cara mengemudi dan mengurangi kelistrikan mobil.

1. Menjaga putaran mesin mobil Anda

Putaran yang tinggi akan menyebabkan mobil menggunakan banyak bahan bakar melebihi yang seharusnya. Oleh karena itu, sebisa mungkin usahakan putaran mesin anda tidak terlalu tinggi dan konsisten.

READ:  Tips Bersihkan Noda di Jok Mobil Tanpa Bekas

Untuk perjalanan normal, jaga putaran mesin antara 2000 sampai 3500 putaran per menit. Tapi, jangan menggunakan gigi perseneling tinggi untuk putaran rendah karena justru akan membuat lebih boros.

3. Teknik pergantian gigi perseneling

Behubungan dengan trik pertama, penggunaan gigi perseneling sangat berpengaruh dalam membuat bahan bakar semakin boros apalagi jika sedang terkena kemacetan jalan raya.

Sebaiknya pergunakan gigi 1 jika dalam keadaan macet dan terkena lampu lalu lintas dan hindari kebiasaan selalu menggunakan gigi 2 dalam keadaan macet.

Namun, segeralah pindah ke gigi 2 jika putaran sudah tinggi agar tidak merusak mesin. Dengan teknik seperti ini, aliran bahan bakar yang masuk ke mesin tidak akan terlalu banyak berkurang dan stabil.

3. Mengurangi kelistrikan dalam mobil

Trik ketiga ini adalah trik penting dalam 4 trik mudah mobil irit BBM, namun masih banyak orang yang seringkali tidak menyadari teknik ini.

Mengurangi kelistrikan di sini mempunyai arti agar suplai listrik tidak terlalu banyak terbuang melalui modifikasi-modifikasi yang sebenarnya tidak perlu.

READ:  Sudahkah Helm Anda Memenuhi Standar Aman

Modifikasi yang dilakukan seringkali adalah berupa pemasangan audio yang berlebihan. Audio yang berlebihan akan membuat bahan bakar semakin banyak terbuang karena butuh banyak arus kelistrikan.

4. Menjaga cara berkendara Anda lebih stabil

Hindari cara berkendara yang sering mengubah kecepatan dan sebisa mungkin mengunakan kecepatan yang rendah jika memang tidak terlalu terburu-buru. Mengubah kecepatan yang tiba-tiba akan membuat suplai bahan bakar menjadi tidak teratur.

Selain itu, jika memang tidak perlu untuk mendahului kendaraan yang ada di depan Anda, akan lebih baik untuk menjaga kecepatan dan berada di belakang agar Anda bisa lebih aman di jalan dan lebih berkonsentrasi.

**

Dengan menggunakan trik mudah mobil irit BBM ini, Anda dapat mengirit BBM kendaraan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya. Selain itu, Anda akan lebih aman di jalan dan dapat lebih berkonsentrasi.

Berminat untuk mencoba?