Begini Caranya Bersihkan Dasbor Mobil agar Terlihat Ciamik dan Tanpa Noda

cara bersihkan dasbor mobilSemua pemilik mobil pasti menginginkan mobilnya selalu terlihat sempurna, bersih, dan cantik seperti mobil baru baik itu bagian luar maupun bagian dalam.

Untuk itu, tidak heran jika banyak orang berani mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk perawatan mobilnya di salon-salon mobil terkenal.

Tapi, tidak semua bagian mobil harus dibersihkan di salon-salon mobil. Banyak bagian mobil yang bisa Anda bersihkan sendiri di rumah. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa puas dengan kebersihannya karena yang membersihkan bagian itu adalah Anda sendiri, bukan orang lain.

Loading...

Beberapa bagian yang bisa Anda bersihkan sendiri di rumah adalah bagian dasbor, jok, dan bagian bodi luar mobil. Khusus untuk bagian dasbor, berikut akan diberikan 5 tips bersihkan dasbor mobil agar selalu tampak seperti baru dan tanpa noda.

1.  Cuci terlebih dahulu mobil Anda

Kenapa? Karena mencuci mobil terlebih dahulu sebelum membersihkan interior mobil akan sangat membantu menghilangkan debu-debu yang menempel di bodi mobil.

Anda pasti tidak ingin dalam membersihkan dasbor, kotoran-kotoran yang ada di bodi mobil ikut masuk dan menempel di dasbor sehingga akan membuat pekerjaan yang seharusnya sekali dilakukan berubah menjadi berkali-kali. Oleh karena itu, sebaiknya mobil dicuci terlebih dahulu sebelum dibersihkan bagian interiornya, terutama dasbor.

READ:  5 Alasan Mengapa Mobil Perlu Memakai GPS

2. Pastikan tidak ada barang-barang di dasbor sebelum dibersihkan

Ambil semua jenis barang-barang yang ada di dasbor termasuk boneka, kotak tisu, CD musik, nota-nota, bolpoin, flashdisk, dompet, atau apapun yang ada di dalam dan di atas dasbor.

Ini untuk menghindari jika Anda melupakan sebuah dokumen atau barang berharga di dasbor, maka barang itu tidak akan basah atau rusak karena proses pembersihan. Selain itu, hal ini untuk membuat pembersihan dasbor lebih mudah.

3. Persiapkan semua peralatan

Anda dapat mempersiapkan lap kering, air sabun dengan shampo khusus mobil, kuas kecil, busa pencuci mobil, dan lap chamois. Peralatan tersebut adalah peralatan standar untuk membersihkan interior mobil, terutama dasbor. Peralatan pembersihan lain seperti vacuum cleaner juga bisa ditambahkan tetapi peralatan itu tidak begitu penting.

4. Lakukan pembersihan dengan teliti dan dengan lembut

Anda bisa memulai dengan memasukkan busa ke dalam air sabun yang tersedia. Ingat! Jangan terlalu banyak mengambil air melalui busa agar airnya tidak merembes turun dan membasahi jok atau lantai mobil anda. Ambil air secukupnya atau cenderung sedikit dan gosoklah permukaan dasbor secara pelan dan merata.

READ:  10 Persiapan Aman Untuk Berkendara Motor Jarak Jauh

Selain itu, jangan menekan secara keras di dasbor. Ini untuk menghindari dasbor tiba-tiba retak atau bahkan pecah. Lakukan secara lembut dan menyeluruh. Untuk bagian-bagian yang kecil dan sulit dijangkau, gunakan kuas untuk membersihkannya. Jika sudah dibersihkan seluruhnya, maka biarkan kering dengan sendirinya.

5. Lapisi dasbor mobil dengan silikon

Tips bersihkan dasbor mobil yang terakhir agar terlihat baru adalah dengan melapisinya dengan silikon atau obat pelindung plastik mobil. Gunakan pelindung ini untuk menjaga agar dasbor mobil anda akan selalu terlihat bersih dan tidak rusak karena panas matahari.

**

Bagaimana? Cara yang diberikan mudah bukan? Jadi Anda tidak perlu membuang-buang uang untuk ke salon mobil jika ingin membuat dasbor mobil Anda terlihat baru. Tertarik untuk mencoba?

(foto: yansspeed.com)