Manfaat Sehat dan Cantik Buah Delima

manfaat buah delimaHal terbaik sering datang dalam paket kecil, dan pepatah ini benar-benar berlaku untuk buah delima.

Siapa yang tahu bahwa sesuatu yang begitu kecil akan dikemas dengan begitu banyak manfaat yang luar biasa?

Berikut manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan:

Loading...

1. Menjaga kebersihan gigi

Kaya senyawa polifenol flavonoid dan sifat antibakteri, sari buah delima telah terbukti sama efektifnya dengan obat kumur yang diresepkan membersihkan plak pada mulut, bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dan radang gusi.

2. Mengatur kolesterol

Delima mengandung paraoxonase, enzim yang secara alami terbentuk dalam tubuh, yang membantu menjaga LDL (kolesterol jahat) dari terakumulasi dalam arteri. Dalam satu studi, subjek yang minum sari buah delima selama dua minggu mengalami peningkatan 18% dalam produksi enzim.

3. Membantu mencegah arthritis

Penelitian telah menunjukkan bahwa minyak biji delima dan ekstrak buah delima memiliki efek anti-inflamasi yang menghentikan kerusakan sendi yang disebabkan oleh osteoartritis.

4. Sumber serat yang baik

“Satu buah delima mengandung hampir seperempat dari jumlah yang disarankan harian serat makanan USDA (U.S. Department of Agriculture), yang membantu Anda merasa kenyang dan menjaga berat badan yang sehat,” kata Jennifer Franklin, seorang ahli makanan terdaftar dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville.

READ:  Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Ceri untuk Kesehatan

5. Melindungi kulit

Dikemas dengan antioksidan (termasuk asam ellagic yang kuat), delima membantu membatasi kerusakan akibat sinar UV. Mereka juga melawan radikal bebas dan meningkatkan produksi kolagen.

6. Regenerasi sel

Delima melindungi dan memperkuat sel-sel kulit pada permukaan dan meregenerasi sel dalam lapisan kulit lebih dalam. Buah dan minyak dari bijinya memperkuat kulit lapisan luar (epidermis) dan memperbaiki lapisan yang lebih dalam (dermis) serta merangsang keratinosit (sel-sel kulit yang bertanggung jawab pada permukaan), yang mempromosikan regenerasi sel.

7. Produksi kolagen

Kolagen merupakan blok bangunan dasar dari kulit kita dan protein kunci yang mempertahankan kulit padat, halus, cerah. Senyawa khusus dalam buah delima tidak hanya menghambat enzim yang memecah kolagen, tetapi juga memperpanjang umur fibroblas (sel-sel yang memproduksi kolagen dan elastin) untuk mendukung integritas kulit dan meningkatkan elastisitas kulit.

8. Perlindungan dari kerusakan akibat matahari

Delima menawarkan perlindungan dari matahari yang serius, berkat profil unik antioksidannya, termasuk asam gallic dan ellagic, yang menangkal kerusakan akibat sinar matahari, kanker kulit, efek photoaging (perubahan karakteristik yang disebabkan oleh paparan UVA dan UVB kronis) yang terlihat dan bahkan meringankan gejala akibat sengatan matahari.

READ:  Manfaat Buah Delima yang Berlimpah Gizi

9. Aksi anti-penuaan

Antioksidan kuat dalam delima melawan sekaligus memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas dari sinar matahari dan faktor lingkungan yang membuat kulit terlihat lebih tua, termasuk hiperpigmentasi dan bintik-bintik usia.

Antosianidin, asam ellagic, dan punicalagin bekerja secara harmonis meningkatkan mikrosirkulasi untuk memperbaharui sel, mencegah dan menyamarkan kerutan, dan meningkatkan produksi antioksidan tubuh kita sendiri untuk melawan usia.

10. Sekutu anti-inflamasi

Peradangan dapat mendatangkan malapetaka bagi kulit dan menyebabkan penuaan dini. Delima mengandung juara senyawa anti-inflamasi, termasuk kumpulan antioksidan polifenol. Sebagai salah satu sumber tanaman dari asam lemak terkonjugasi, buah delima merupakan sekutu untuk menenangkan dan menyembuhkan kulit dari efek oksidatif kronis yang memperburuk dan stres lingkungan yang disebabkan oleh radikal bebas.

11. Hidrasi lebih dalam

Minyak biji delima dengan mudah dan lebih dalam menembus kulit untuk membentengi kelembaban di mana ia paling dibutuhkan. Plus, ia mengandung asam punicic, asam lemak omega-5, yang membantu mengunci kelembaban dan mencegah bakteri.