Mengenal Rumput Laut, Si Makanan Super

manfaat rumput-lautRumput laut adalah salah satu makanan menakjubkan. Rumput laut merupakan salah satu tanaman yang paling padat gizi di planet ini dan juga sumber makanan dengan limpahan mineral dalam kerajaan tumbuhan karena memiliki akses ke semua nutrisi di laut.

Yuk, kenali lebih jauh tentang rumput laut, si makanan super yang satu ini, dilansir dari Foodmatters.tv.

Manfaat Rumput laut

– Purifikasi darah : Komposisi kimia rumput laut begitu dekat dengan plasma darah manusia, sehingga ia sangat baik untuk mengatur dan memurnikan darah kita.

Loading...

– Tinggi Kalsium : Rumput laut bisa mengandung kalsium hingga 10 kali lebih banyak dari susu dan 8 kali lipat dari daging sapi.

– Memberikan sifat basa : Rumput laut membantu mengalkalisasi darah kita, menetralkan efek asam berlebih dalam makanan modern kita.

– Memiliki sifat pengkelat yang kuat : Rumput laut menawarkan perlindungan dari berbagai macam racun lingkungan, termasuk logam berat, polusi dan radiasi dari suatu produk, dengan mengkonversinya menjadi garam yang tidak berbahaya, yang dapat dengan mudah dieliminasi oleh tubuh.

READ:  6 Kandungan Gizi Tempe Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

– Mengandung anti-oksidan : Rumput laut mengandung lignan (senyawa kimia alami) yang memiliki sifat anti kanker.

– Detoksifikasi : Rumput laut kaya akan klorofil (pigmen yang menyusun beberapa rumput laut hijau), pendetoksifikasi alami kuat yang membantu menarik keluar produk-produk limbah.

– Meningkatkan penurunan berat badan : Rumput laut berperan dalam meningkatkan penurunan berat badan dan mencegah terbentuknya selulit. Konsentrasi alami tinggi yodium, membantu untuk merangsang kelenjar tiroid, yang bertanggung jawab untuk menjaga metabolisme yang sehat.

Pada saat yang sama, mineral yang terkandung di dalamnya bertindak seperti elektrolit untuk memecah ikatan kimia yang menutup sel-sel lemak, menyebabkan limbah terjebak dan melepaskan diri.

Jenis Rumput Laut

Rumput laut yang dapat Anda nikmati setiap hari:

Nori : Nori dikenal sebagai rumput laut yang digunakan untuk membuat sushi. Anda dapat membuatnya sendiri di rumah, tapi pastikan Anda menggunakan lembaran nori yang tidak dipanggang untuk mendapatkan kandungan nutrisi maksimal.

Kelp : Kelp, juga dikenal sebagai ganggang coklat, adalah rumput laut yang paling umum ditemukan di sepanjang tepi laut. Karena daunnya yang tebal, ia sempurna untuk mandi rumput laut panas. Kelp juga tersedia dalam bentuk suplemen.

READ:  Manfaat Masker Rumput Laut dan Cara Membuatnya

Dulse : Dulse adalah rumput laut merah dan dapat dibeli baik secara utuh atau sebagai serpihan. Dulse yang dijual sebagai serpihan tidak perlu direndam dan dapat ditambahkan langsung ke makanan apapun. Dulse yang utuh lebih baik direndam, ditiriskan, dan diiris sebelum ditambahkan ke dalam makanan Anda. Dulse juga baik untuk digunakan sebagai bumbu pada salad, sayuran dan sup.

Arame : Arame adalah rumput laut berserabut ‘hitam’. Perlu direndam selama beberapa menit sebelum ditambahkan ke masakan, di mana rumput laut jenis ini akan menjadi dua kali lipat besarnya. Arema dapat ditambahkan ke makanan gandum, gorengan, sup, salad dan kari.

Wakame : Merupakan rumput laut hijau tua, wakame dijual segar atau terdehidrasi. Rasanya paling enak jika wakame dihidrasi dalam air selama beberapa menit sebelum digunakan. Taburkan dalam sup, semur, rebusan, gorengan atau hidangan pedas.

Kombu : Digunakan di Jepang selama berabad-abad sebagai penyedap rasa kaya mineral. Tambahkan kombu saat memasak kacang untuk membuatnya lebih mudah dicerna dan untuk mengurangi gas. Tambahkan kombu pada kecambah saat direndam untuk memungkinkannya menyerap mineral.

READ:  Mengenal Jenis-jenis Rumput Laut dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Tips Membeli Rumput Laut

Ketika membeli rumput laut, pilih merek organik bersertifikat. Rumput laut akan menyerap sifat-sifat air di mana mereka tumbuh, sehingga Anda jelas ingin memastikan bahwa mereka telah tumbuh dan dipanen di perairan yang murni tak tercemar, dan bebas dari bahan kimia berbahaya.