Berlari, Olahraga Sehat dengan Segudang Manfaat

manfaat berlariBerlari bukan hanya merupakan sebuah kebutuhan, namun terkadang juga bisa menjadi pilihan gaya hidup yang sehat. Berlari merupakan latihan sederhana yang memiliki manfaat luar biasa.

Ketika Anda berlari, Anda menggunakan setiap bagian tubuh Anda untuk bergerak aktif. Itu sebabnya, banyak manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh dengan berlari. Anda juga tentunya dapat menghabiskan kalori dan membakar banyak lemak dalam tubuh.

Salah satu manfaat kesehatan dari berlari yaitu mampu menyingkirkan stres. Ketika Anda berlari, paru-paru Anda dipaksa untuk menghirup udara dalam-dalam. Pernapasan tersebut sangat membantu untuk meredakan stres dan depresi.

Loading...

Selain itu, ada banyak manfaat kesehatan yang berfokus pada otot kaki. Berlari akan mengaktifkan dan mengencangkan seluruh otot dalam tubuh Anda.

Berlari sangat efektif untuk Anda lakukan setiap hari, tentu karena hal ini dapat Anda lakukan tanpa mengeluarkan biaya yang banyak. Anda tidak perlu menjadi anggota sebuah gym untuk berlari dan menjaga tubuh agar tetap fit. Yang Anda butuhkan hanyalah sebuah jalan di atas tanah kosong yang dapat Anda gunakan untuk berlari.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari berlari:

READ:  Tips Agar Tetap Termotivasi Berolahraga

Membantu menurunkan berat badan

Berlari adalah salah satu cara tercepat untuk membakar kalori. Jadi jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan cepat, Anda harus berlari secara teratur. Hal ini juga dapat mempercepat tingkat metabolisme tubuh Anda.

Menyehatkan jantung

Berlari merupakan suatu aktivitas yang baik bagi jantung Anda. Ketika Anda berlari, sirkulasi darah Anda mendapatkan dorongan energi. Hal ini membantu untuk mencegah penyakit koroner.

Sehat untuk tulang

Telah terbukti bahwa berlari dapat membantu untuk meningkatkan kepadatan tulang kaki Anda. Selain itu juga mampu memperkuat tulang dan membuat tubuh Anda menjadi lebih fleksibel.

Meningkatkan imunitas

Ini merupakan suatu fakta yang telah terbukti secara ilmiah, bahwa dengan berlari secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Sehingga mengurangi kemungkinan tubuh terserang penyakit umum seperti alergi, batuk dan pilek.

Mengkoordinasi tubuh bagian atas

Koordinasi tangan dan mata sangat penting bagi tubuh. Dan jika Anda rutin berlari, koordinasi tubuh Anda akan meningkat secara alami.

Meningkatkan energi

Kadang-kadang, lesu merupakan musuh terburuk bagi energi Anda. Jika Anda ingin terus merasa energik dan bersemangat, Anda mungkin harus mencoba untuk berlari.

READ:  Hormon Pertumbuhan, Bisakah Memperlambat Penuaan?

Mengelola stres

Salah satu manfaat lain dari berlari yaitu dapat menekan stres. Ketika Anda berlari, Anda secara otomatis akan bernapas dalam-dalam, dan hal inilah yang membantu untuk mengurangi tingkat stres Anda.

Kecepatan fungsi otak

Berlari pada dasarnya baik untuk sirkulasi darah Anda. Sebagai hasil dari aktivitas ini, sel-sel otak Anda mendapatkan lebih banyak darah beroksigen. Ini akan membantu Anda berpikir lebih cepat.

Melatih pencernaan

Berlari dapat membuat Anda mencerna makanan dengan sangat mudah. Hal ini juga meningkatkan tingkat metabolisme tubuh Anda. Berlari secara teratur akan membantu Anda menghindari masalah pencernaan kronis.

Mengurangi risiko diabetes

Diabetes pada dasarnya adalah gangguan akibat gaya hidup. Meskipun Anda mungkin cenderung beresiko diabetes akibat genetik, kemungkinan untuk menderita diabetes akan lebih tinggi jika Anda memiliki gaya hidup tidak sehat. Berlari mampu memotong risiko diabetes tipe 2 hingga setengahnya.

Baik untuk sendi Anda

Ketika Anda berlari secara teratur, ligamen dan tendon akan menjadi lebih kuat. Hal ini tentunya dapat menurunkan risiko cedera seperti pergelangan kaki terkilir.

READ:  7 Tips Anti Malas Jogging

Memperlambat penuaan

Berlari akan membuat Anda berkeringat dan ketika Anda berkeringat, semua racun dari tubuh Anda keluar dari pori-pori kulit. Ini akan membantu Anda terlihat lebih muda dan memiliki kulit yang sempurna.

Mengurangi tingkat kolesterol

Kolesterol mengacu pada lemak yang terakumulasi dalam arteri Anda. Berlari dapat membantu membakar lemak tersebut dan dengan demikian melindungi Anda dari penyakit jantung.

**

Itulah beberapa manfaat luar biasa yang ditawarkan ketika Anda melakukan aktivitas berlari secara rutin. Tidak perlu mengeluarkan biaya apapun. Anda hanya perlu untuk berlari mengelilingi taman rumah atau kompleks tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda akan memiliki hidup yang lebih sehat.

Selamat berlari.

(foto: womenshealthmag.com)