4 Resep Facial Tepat Sesuai Jenis Kulit

resep alami facialMengunjungi salon kecantikan hanya untuk melakukan perawatan wajah tidak selamanya dapat dilakukan para wanita, apalagi untuk mereka yang memiliki banyak pekerjaan.

Salah satu perawatan wajah yang sering dilakukan wanita di salon adalah facial. Mereka akan mengunjungi salon setiap minggunya hanya untuk membuat kulit wajah terlihat segar dengan melakukan perawatan facial.

Terkadang bahkan menghabiskan banyak uang untuk melakukan facial instan yang belum tentu hasilnya dan mungkin saja timbul akibat jangka panjang dari facial tersebut.

Loading...

Nah, agar aman dan lebih menghemat pengeluaran Anda, berikut akan kami bagikan beberapa resep alami facial di rumah sesuai jenis kulit Anda.

Facial Herbal (untuk semua jenis kulit)

1. Cleanse – Bersihkan wajah dengan air. Parut kentang lalu gosok dengan lembut sekitar 5 menit pada wajah dan leher. Gunakan tissue yang telah dicelupkan ke dalam air dingin untuk menyeka wajah Anda.

2. Eksfoliasi – Campurkan 1 sdm tepung beras atau gandum dengan 1 sdm pepaya tumbuk dan oleskan campuran tersebut pada kulit Anda selama 2 menit. Biarkan selama 5 menit. Setelah itu lap dengan menggunakan tisu basah dingin.

3. Tonner – Steam wajah Anda dengan menggunakan kantong teh yang direbus dalam air panas. Lakukan selama 5 menit. Ambil satu atau dua es batu dan dengan lembut gosokkan pada wajah Anda. Ini akan membantu menutup pori-pori yang terbuka pada kulit wajah Anda.

READ:  Masker Wajah Terbaik untuk Semua Jenis Kulit

4. Melembabkan – Hancurkan pisang dan tambahkan madu dan santan/air atau jus jeruk. Setelah itu, tambahkan beberapa tetes minyak zaitun/minyak almond dan pijat lagi. Lakukan pememijatan kurang lebih selama 10 menit. Setelah itu gunakan tissue yang dicelupkan ke dalam air dingin untuk menyeka wajah.

Facial alami (untuk semua jenis kulit)

1. Cleanse – Bersihkan wajah dengan susu yang tidak dipasteurisasi dengan menggunakan spons. Setelah itu celupkan spons ke dalam cuka sari apel atau jus lemon dan gosokkan dengan lembut untuk membersihkan wajah.

2. Tonner – Gunakan 1 sdt madu dan 1 sdt susu krim yang dicampur bersama. Biarkan selama 3 menit dan basuh wajah Anda dengan air hangat.

3. Eksfoliasi dan Masker – Buatlah pasta dengan menggunakan 2 sdt plain yogurt, 1 buah kiwi, minyak almond, madu, dan air jeruk. Gosokkan selama 2 menit dan biarkan menjadi masker. Lalu diamkan selama 10 menit pada wajah dan leher. Setelah itu bilas dengan air hangat.

4. Melembabkan – Campurkan satu putih telur, jus jeruk, jus lemon, air mawar, dan minyak zaitun dalam mangkuk. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada wajah Anda dengan lembut dan biarkan selama 20 menit. Cuci dengan menggunakan air dingin. Ini akan membuat kulit Anda lembut dan lentur.

Facial untuk Cuaca Dingin

1. Cleanse – Ambil 2 sampai 3 sdt susu dingin lalu pijatkan pada wajah dan leher kemudian sekitar 5 menit. Setelah itu bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan.

READ:  Tutorial Tata Rias Mata untuk Mata Lebar

2. Eksfoliasi – Ambil 2 sdt susu lalu tambahkan sedikit baking soda. Setelah itu campur hingga berubah menjadi pasta. Lalu gosokkan pada wajah Anda kurang lebih 5 menit setelah itu bilas wajah Anda dengan air dingin dan menepuknya hingga kering.

3. Steam – Rebus air dalam mangkuk kemudian hadapkan wajah Anda di atas mangkuk untuk mendapatka uap dari air rebusan tersebut. Tutupi kepala Anda dengan handuk. Biarkan wajah Anda terkena uap selama 3 menit, setelah itu keringkan.

4. Masker – Campur 2 sdt yoghurt, 1 sdt madu dan 1 sdt air jeruk lemon. Buatlah pasta halus kemudian terapkan pada wajah dan leher. Jika kulit Anda kering, Anda bisa menggunakan hanya ½ sendok jus lemon. Biarkan selama 5-10 menit. Untuk pembersihan pertama gunakan air hangat kemudian air dingin.

5. Melembabkan – Ambil beberapa tetes minyak kelapa dan oleskan pada wajah dan leher Anda. Biarkan selama 2-3 menit. Setelah itu bersihkan dengan air dingin.

Facial Susu (untuk kulit sensitif)

1. Cleanse – Bersihkan wajah Anda dengan air hangat, setelah itu oleskan tipis susu skim pada wajah dan leher. Lalu diamkan sekitar 2 sampai 3 menit. ebagai langkah akhir, bersihkan dengan menggunakan bola kapas basah atau kain basah.

READ:  Mau Kulit Cerah dan Awet Muda? Masker Buah Alami Rahasianya!

2. Eksfoliasi – Gunakan ½ sendok gula yang dicampur dengan susu untuk mengelupaskan kulit Anda. Gosokkan dengan lembut kulit wajah Anda selama 2 menit. Cuci dengan air hangat.

3. Masker – Oleskan lapisan susu magnesium di wajah Anda dan biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas wajah dengan air dingin.

4. Melembabkan – Campurkan kuning telur, madu, dan krim asam hingga berubah menjadi pasta. Oleskan pasta pada wajah dan leher lalu biarkan selama 5 menit. Setelah itu bersihkan muka dengan air hangat terlebih dahulu dan kemudian air dingin untuk hasil terbaik.

**

Demikian beberapa resep alami facial yang dapat Anda lakukan di rumah. Saat melakukan pijatan pada wajah, lakukan searah jarum jam untuk mengeluarkan kotoran pada pori-pori wajah. Hindari daerah mata saat melakukan facial, Anda dapat meggunakan ketimun atau irisan jeruk untuk menutupi daerah sekitar mata.

Pastikan juga untuk melakukan tes alergi sebelum melakukan facial, untuk menjaga kemungkinan ada beberapa jenis bahan yang dapat bereaksi buruk pada kulit wajah Anda. Selamat mencoba.

(foto: howtogetridpimplefast.com)