4 Keajaiban Minyak Biji Anggur untuk Kesehatan

manfaat minyak biji anggurSiapa yang tidak mengenal jenis buah satu ini. Ya, buah anggur.

Rasanya yang manis dengan warna yang beraneka ragam membuat buah ini banyak disukai.

Anggur yang masih tergolong dalam buah berry ini memiliki banyak kandungan vitamin dan nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Loading...

Tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi minyak biji anggur yang diekstrak dari biji anggur juga memiliki manfaat karena digunakan sebagai obat-obatan, untuk memasak dan untuk bahan kosmetik. Hal ini tidak lain didasari dari sifat gizi yang dimilikinya.

Minyak biji anggur juga berguna sebagai minyak pijat, sun block krim wajah dan pelembab untuk tubuh. Nah selain hal yang sudah disebutkan, ternyata masih ada tiga manfaat utama dari minyak biji anggur.

Mau tahu? Silahkan baca artikel di bawah ini.

1. Sebagai Antioksidan

Minyak biji anggur ternyata memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi Setelah dilakukan penelitian secara ilmiah telah terbuktikan bahwa minyak biji anggur memiliki kandungan vitamin C dan E yang lebih kuat dari jenis buah lainnya.

READ:  10 Tips Memilih dan Memakai Gelang Kaki

Selain sebagai antioksidan, minyak dari biji anggur juga memiliki sifat anti-inflamasi. Minyak biji anggur juga dapat mencegah alergi, mengurangi jerawat dan mempertahankan kelembaban kulit Anda, bintik-bintik hitam karena usia, luka bakar karena sengatan matahari dan kerusakan kulit lainnya.

Minyak biji anggur juga sangat baik dalam menghilangkan stretch mark, dermatitis, reaksi alergi, eksim atopik dan kulit gatal.

2. Sebagai Sunblock

Jika Anda ingin berjemur, Anda dapat menggunakan sunblock yang mengandung minyak biji anggur karena dapat melindungi kulit dari radiasi UV karena matahari. Oleskan pada bagian tubuh sebelum berjemur.

3. Menurunkan Kolesterol

Selain menjadi antioksidan, minyak biji anggur juga merupakan sumber yang kaya akan vitamin E, flavonoid, vitamin C dan beta- karoten. Kandungan ini membantu dalam mengurangi kadar kolesterol LDL yang berbahaya dalam tubuh.

Minyak biji anggur juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, meningkatkan visi, dan juga mengurangi sendi dan nyeri dengan meningkatkan fleksibilitas sendi. Untuk Anda penderita asma dan alergi juga dapat menggunakan minyak biji anggur karena dapat mengurangi histamin.

READ:  Tips Dan Trik Agar Tampak Lebih Langsing

4. Membantu Mencegah Penyakit

Asupan minyak biji anggur juga dapat mencegah risiko penyakit koroner karena nilai gizi yang tinggi dari minyak biji anggur sangat efektif dalam memeriksa pertumbuhan sel kanker di perut, usus besar, prostat dan paru-paru. Selain itu juga akan menekan apoptosis, proses dimana kanker sel-sel mulai menghancurkan organ internal.

Minyak biji anggur juga mencegah terjadinya kerusakan hati. Kandungan minyak biji anggur mengandung asam linoleat yang membantu dalam mengurangi efek diabetes yang merugikan.

Minyak ini juga mengandung oligomer proantosianidin dan flavonoid yang membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah dan memperbaiki kerusakan pembuluh darah sehingga dapat mencegah wasir dan tekanan darah tinggi.

Minyak biji anggur memproduksi kolagen yang membantu untuk menjaga kesehatan jaringan ikat pada persendian. Karena itu sangat membantu dalam mencegah nyeri sendi.

**

Demikianlah manfaat sehat dari minyak biji buah anggur. Meskipun banyak manfaat kesehatan yang diperoleh dari minyak biji anggur, yang perlu Anda ingat yaitu jika ingin mengkonsumsi minyak tersebut sebaiknya dilakukan dengan dosis yang tepat.

READ:  Buah Anggur Tuntaskan 13 Penyakit

Asupan yang berlebihan mungkin menyebabkan sakit kepala, mual, pusing dan sakit perut. Konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mulai menggunakan minyak biji anggur. Semoga bermanfaat.

(foto: seedguides.info)