Berbagai Cara Penggunaan Essential Oil

minyak essensialMinyak esensial atau yang dikenal dengan nama essential oil sering digunakan sebagai aromaterapi karena dapat memberi rasa tenang dan memiliki aroma yang beraneka ragam.

Selain untuk aromaterapi, minyak essential juga banyak ditemukan di beberapa rumah dan biasanya dijadikan sebagai pengharum ruangan. Perlu untuk Anda ketahui, minyak esensial tidak digunakan dalam bentuk murni tetapi perlu dilakukan proses pengenceran terlebih dahulu.

Ukuran yang sempurna untuk mendapatkan minyak essential yaitu dengan mencampurkan 6 tetes minyak esensial murni dengan satu ons minyak pembawa untuk mendapatkan hasil sempurna.

Loading...

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana cara menggunakan minyak esensial, berikut kami bagi informasinya untuk Anda.

1. Sebagai Obat

Menggunakan minyak esensial yang diteteskan dalam air telah dipraktekkan sejak jaman dahulu. Hal ini didasari karena adanya nilai terapeutik dari minyak esensial saat digunakan.

Banyak manfaat yang dapat diberikan minyak essential seperti penghilang stress. Anda dapat menggunakan minyak essential seperti minyak kayu putih, cendana, atau minyak peppermint sebanyak 4-5 tetes ke dalam mangkuk yang berisi air panas.

Selain itu juga dapat digunakan untuk mencegah terjadinya infeksi. Cukup menambahkan 6-7 tetes dari salah satu minyak essential dengan teh, lemon, juniper atau mint ke ember yang berisi air hangat. Lalu rendam kaki selama beberapa menit.

2. Untuk Mandi

Minyak essential juga dapat ditambahkan ke dalam bak mandi Anda. Taambahkan masing-masing 2 tetes minyak lavender, cedarwood dan bergamot, untuk relaksasi. Untuk menghilangkan rasa stress juga dapat ditambahkan 6 tetes geranium dan 4 tetes minyak kemangi.

READ:  Ini Dia 4 Penyakit Yang Timbul Akibat Begadang

Untuk para wanita yang ingin menjaga kebersihan organ intim, Anda bisa menambahkan 3 tetes rosemary dan 2 tetes minyak lemon ke air mandi.

Jika Anda sulit tidur pada malam hari, Anda dapat menambahkan 4 tetes minyak chamomile dengan 2 tetes neroli, 2 tetes lavender dan 2 tetes marjoram dalam air mandi Anda. Ini akan membantu Anda untuk tidur kebih nyenyak pada malam hari. Beberapa cara ini dapat Anda terapkan pada bak spa atau jacuzzi.

3. Untuk Pijat

Untuk yang satu ini sudah bukan hal yang harus dijelaskan lagi. Yah, minyak essential lebih banyak digunakan sebagai salah satu minyak untuk pijat. Pijatan dari kaki hingga seluruh tubuh dapat membantu meringankan Anda dari banyak penyakit.

Campuran melati, kenanga- kenanga dan rosewood berfungsi sebagai afrodisiak. Menggunakan campuran pinus dan cemara minyak membantu untuk menyegarkan pikiran dan tubuh yang mengalami banyak tekanan.

Anda juga dapat meningkatkan kinerja otak dengan menggunakan minyak essensial seperti jahe, cendana, angelica, nilam dan clary sage. Selain itu campuran jeruk lemon, jeruk mandarin dan spearmint benar-benar dapat meningkatkan kreatifitas Anda.

4. Untuk Rambut

Minyak essential adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk melakukan perawatan pada mahkota Anda karena dapat membuatnya tetap sehat dan bercahaya. Tetapi untuk menggunakan minyak essential, digolongkan sesuai dengan jenis rambut.

Untuk jenis rambut yang berminyak, tambahkan 15 ml minyak kemiri, 2 tetes minyak petitgrain, 2 tetes lemon dan 2 tetes lavender. Setelah itu ambil sebanyak 1 sendok campuran dari beberapa minyak tersebut lalu terapkan pada rambut yang berminyak. Setelah itu bungkus rambut dengan menggunakan handuk. Untuk hasil yang sangat baik, biarkan semalam atau setidaknya untuk beberapa jam. Kemudian cuci rambut Anda dengan shampoo alami yang mengandung bahan pelembut. Anda dapat melakukannya tiga kali dalam seminggu.

READ:  Cara Menguji Demensia Menggunakan MMSE

Untuk pemilik rambut normal, campurkan 4 tetes minyak thyme, 3 tetes sage, 3 tetes chamomile dan 3 tetes lavender dengan 15 ml minyak jojoba. Cara pembersihan dapat Anda lakukan seperti di atas.

Untuk pemilik rambut kering, gunakan 15 ml minyak wijen dengan menambahkan 5 tetes minyak jahe, 5 tetes bois de mawar dan 3 tetes minyak lavender. Campuran ini dapat digunakan dengan cara yang juga sama di atas.

Minyak dari pohon teh, kemangi dan chamomile juga dapat digunakan untuk mengobati ketombe.

5. Sebagai Difusi

Anda dapat menggunakan minyak esensial melalui 3 cara difusi, seperti menambahkan setetes minyak esensial pada tisu atau sapu tangan, misalnya setetes minyak kayu putih dan minyak melati untuk mengurangi rasa sesak. Selain itu juga dapat digunakan dalam bentuk penguapan yaitu tambahkan beberapa tetes minyak essential dalam semangkuk air panas. Aroma yang dikeluarkan membantu merangsang atau membuat pikiran lebih tenang .

Cara ketiga yaitu dengan menggunakan lilin yang direndam dengan menggunakan minyak esensial. Ini akan membantu Anda untuk meredakan stres. Lilin dengan minyak esensial juga banyak digunakan di pemandian dan pijat untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

READ:  7 Minuman Beralkohol Penyebab Kegemukan

6. Untuk Perawatan Kulit

Seperti yang telah diketahui, minyak esensial memiliki sifat yang dapat menenangkan dan menyembuhkan. Minyak essential ternyata juga dapat digunakan sebagai pembersih wajah atau perawatan kulit. Minyak essential dapat digunakan sebagai masker wajah, sabun, salep, dan scrub.

Saat ini, untuk minyak essential dalam bentuk sabun sudah bisa Anda peroleh di beberapa swalayan. Sedangkan untuk pembersih wajah, Anda dapat membuatnya sendiri dengan cara mencampurkan minyak aprikot atau aloe vera. Ingat, untuk menggunakannya sebagai pembersih wajah, sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu dengan jenis kulit Anda untuk menghindari terjadinya iritasi.

7. Penyegar Ruangan

Anda dapat membuat minyak essential sebagai penyegar ruangan dengan cara mencampurkan minyak essential dengan menambahkan 8 tetes minyak esensial seperti mawar, cendana atau rosewood dalam 2 ml air. Semprotkan pada kamar tidur atau kamar mandi. Untuk kamar mandi, campurkan minyak lemon untuk menghilangkan bau kamar mandi.

**

Demikian tips dan cara menggunakan minyak essential yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Pastikan untuk memilih jenis minyak essential yang dapat memberikan manfaat kesehatan untuk Anda. Selamat mencoba.