Hilangkan Kebiasaan Gigit Kuku dengan Cara Ini

Menghilangkan Kebiasaan Buruk Menggigit KukuSaat Anda sedang dalam keadaan tegang, panik atau gelisah, cara yang biasa digunakan untuk menyalurkannya berbeda-beda pada setiap orang setiap orang. Salah satunya yang paling banyak terjadi yaitu menggigit kuku.

Menggigit kuku adalah salah satu kebiasaan yang yang paling umum dilakukan dari masa kanak-kanak bahkan sampai beranjak dewasa. Tidak peduli berapa banyak kali Anda mencoba menghilangkan kebiasaan ini, akan tetap sulit untuk menghilangkannya.

Ternyata sering menggigit kuku tidak hanya membuat kuku terlihat aneh, tetapi juga dapat merugikan kesehatan Anda.

Loading...

Apakah Anda atau anak Anda adalah salah satu dari pemilik kebiasaan buruk ini dan ingin segera menghilangkan kebiasaan ini tetapi tidak tahu bagaimana caranya ? Nah, artikel yang akan kami bagikan ini akan memberitahu pada Anda tips menghilangkan kebiasaan buruk menggigit kuku.

1. Gunakan Pewarna Kuku (Kuteks)

Warna kuku yang bening membuat kuku tidak tampak berbeda dengan aslinya dan akan menggoda Anda untuk mengulang kebiasaan menggigit kuku. Tetapi saat Anda menggunakan kuteks dengan warna berbeda pada kuku dengan pemilihan warna yang terang, maka saat Anda akan berpikir ingin menggigit kuku secara langsung akan berhenti karena warna mencolok yang terlihat pada kuku akan mengalihkan perhatian Anda.

READ:  5 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari

Selain itu, menggigit kuku yang telah Anda poles dengan kuteks akan terasa aneh di mulut sehingga membuat Anda tidak akan menggigit kuku lagi.

2. Gunakan Kuku Palsu

Jika penggunaan kuteks dengan warna yang mencolok dan rasa aneh dari kuteks juga tidak dapat mengubah kebiasaan menggigit kuku, Anda dapat mencoba menggunakan kuku palsu.

Kuku palsu dapat menghilangkan kebiasaan Anda karena saat akan menggigit, kuku palsu akan lebih sulit patah dari pada kuku asli. Pilih jenis kuku palsu yang memiliki hiasan timbul sehingga pada saat Anda akan menggigitnya akan terasa aneh dan janggal. Dari cara tersebutlah secara tidak langsung akan menyadarkan Anda bahwa kuku itu bukanlah kuku asli.

3. Makanan

Sama halnya dengan para pecandu rokok, kebiasaan menggigit kuku juga dapat dialihkan dengan cara mengunyah permen karet, cokelat atau permen sebagai pengganti kuku. Pastikan Anda telah menyiapkan permen karet di saku Anda. Jadi saat godaan menggigit kuku muncul dalam pikiran Anda, segeralah menguyah permen karet tersebut.

READ:  Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

4. Sibukkan Diri Anda

Saat Anda tidak melakukan apa-apa, sebaiknya pikirkan beberapa hal yang dapat menyibukkan diri Anda untuk menghindari melakukan kebiasaan buruk menggigit kuku tersebut. Misalnya membaca buku atau novel kegemaran Anda, menonton, main game atau merajut. Aktivitas ini dapat mengalihkan pikiran Anda.

Selain itu, penting untuk Anda menanamkan tekad dalam diri Anda untuk menghilangkan kebiasaan buruk ini.

5. Potong Kuku

Kebanyakan mereka yang menggigit kuku karena malas memotong kuku menggunakan alat pemotong kuku. Anda mungkin merasa bahwa memotong kuku menggunakan gigi lebih mudah dan cepat dari pada harus menggunakan alat potong kuku. Karena itu sebaiknya saat kuku sudah terlihat panjang, usahan untuk segera memotongnya. Disarankan untuk memotong kuku 1 minggu sekali.

**

Demikian 5 cara menghilangkan kebiasaan buruk menggigit kuku. Ingat, saat Anda menggigit kuku terdapat banyak telur cacing dalam kuku yang nantinya akan berakibat buruk untuk kesehatan Anda. Pastikan untuk membersihkan kuku seminggu sekali untuk membuatnya tetap bersih.