Konsumsi Anggur Merah dapat Perpanjang Umur!

manfaat anggur merahBenarkah anggur merah bisa meningkatkan kesehatan dan membuat agar umur lebih panjang? Kini, para ilmuwan mulai mengatakan ‘Ya’ pada hal tersebut.

Ini berdasarkan hasil yang didapatkan oleh para peneliti bahwasanya anggur merah kaya akan kandungan flavonoid yang tentu saja baik bagi kesehatan.

Kandungan Antioksidan

Flavonoid dikenal dengan antioksidannya yang berkualitas sangat baik sehingga mampu membantu tubuh melawan penyakit, yang beberapa diantaranya adalah: alergen, penyakit yang disebabkan oleh virus dan karsinogen. Antioksidan yang terkandung di dalam anggur merah juga membantu tubuh melawan sel-sel kanker dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Loading...

Cabernet Sauvignon, Syrah Petit dan Pinot Noir mengandung konsentrasi tertinggi dari antioksidan dan flavonoid. Anggur merah lainnya seperti Merlots dan Zinfandels merah mengandung flavonoid lebih sedikit, tetapi lebih banyak bila dibandingkan dengan anggur putih kebanyakan. Jadi pilihan terbaik jika ingin menjaga kesehatan dengan anggur adalah dengan meminum anggur merah.

Dosis Cukup untuk Kesehatan

Namun, meskipun memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan, tetap saja kita tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Segelas sehari sudah cukup. Meminum anggur merah ketika sedang menjalani program diet juga bisa memberikan perubahan yang lebih signifikan pada kondisi kesehatan.

READ:  Apa Saja Manfaat Kesehatan Anggur?

Paracelsus, seorang dokter dari Swiss pada abad ke-16 menuliskan bahwa: “Anggur adalah makanan, obat tapi juga racun. Semua itu tergantung dosis”. Dan bukankah memang benar segala apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan tubuh?

Banyak pakar kesehatan yang setuju bahwa satu hingga dua gelas anggur merah baik bagi kesehatan kaum pria dan maksimal satu gelas bagi para wanita.

Anggur Merah meningkatkan Harapan Hidup

Seperti yang dikutip dari how life works, seorang pakar kardiovaskular, Profesor Roger Corder telah mempelajari mengenai bukti – bukti manfaat anggur merah bagi kesehatan.

Dalam sebuah bukunya, yang berjudul “The Wine Diet”, Profesor Roger Corder mengatakan bahwa ia yakin bahwa sebagian besar dari kita memang harus mengkonsumsi anggur merah sebagai bagian atau usaha untuk menjaga kesehatan dan tak hanya menjadi gaya hidup mewah saja.

Corder menemukan apa yang akhirnya ia beri label “Paradox Prancis”. Ia bertanya-tanya mengapa orang-orang Perancis memiliki tingkat terkena penyakit jantung lebih rendah meskipun faktanya makanan yang mereka konsumsi rata-rata kaya lemak. Ia mengkonsentrasikan penelitian pada bagian barat daya Perancis di mana harapan hidupnya tertinggi.

READ:  Apa saja Komposisi Minuman Bersoda?  

Profesor Corder menemukan bahwa wilayah tersebut menghasilkan anggur lokal yang sangat tannic, yang mengandung procyanidin tertinggi (salah satu antioksidan) di seluruh dunia. Hal ini mendorongnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut tentang manfaat kesehatan yang luar biasa dari anggur merah.

**

Nah, dengan adanya bukti penelitian ilmiah tentang manfaat luar biasa anggur merah untuk kesehatan tubuh, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya bukan? Tentu saja dengan memperhatikan dosis yang yang dikonsumsi, secukupnya saja dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.