Tips dan Cara Ampuh Mengatasi Kutu Rambut

mengatasi kutuSiapa yang tidak mengenal kutu rambut? Binatang yang termasuk kategori parasit ini bisa hidup di kepala siapa saja, tidak peduli seberapa rajinnya seseorang menjaga kebersihan tubuh.

Binatang ini hidup dengan menghisap darah dari dalam kepala manusia dan mampu bertelur hingga 6 butir per harinya. Binatang ini berpindah dari satu kepala ke kepala manusia lainnya melalui sisir, topi, bantal, dan lain-lain. Kutu tidak dapat terbang ataupun loncat.

Kutu rambut juga dapat menyebabkan rasa gatal yang sangat menganggu sehingga perlu untuk dimusnahkan.

Loading...

Yuk kita simak beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mengatasi kutu rambut berikut ini:

1. Jagalah Kebersihan Rambut Anda

Tidak ada jaminan bahwa orang yang rajin menjaga kebersihan sekalipun akan terbebas dari kutu rambut. Tapi terbayangkah Anda bila Anda memiliki masalah dengan kutu rambut dan rambut Anda sendiri kotor dan tidak terawat?

Hal tersebut mengakibatkan rasa gatal yang tak tertahankan, ketombe dan dapat mengakibatkan kulit kepala Anda ruam atau bahkan berdarah.  Keramaslah minimal dua hari sekali untuk mengurangi jumlah kutu Anda karena kutu yang berada di kepala Anda dapat hanyut terbawa air atau mati terkena sampo.

READ:  Tips Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

2.  Gunakan Handuk

Gunakan handuk dengan tekstur kasar dan gosoklah rambut Anda pada handuk hingga kutu-kutu yang ada di kepala Anda tersangkut pada serat di permukaan handuk. Hal ini sebaiknya Anda lakukan setiap kali Anda selesai keramas untuk mempercepat musnahnya kutu.

3. Gunakan Obat Penghilang Kutu

Ada beberapa produk perawatan rambut yang memang dibuat untuk meracuni dan membunuh kutu rambut beserta telur-telurnya.  Kebanyakan produk tersebut mengandung bahan kimia sehingga penggunaanya harus dibatasi dan diawasi karena dapat merusak kesehatan rambut itu sendiri. Produk seperti ini juga berbahaya bila digunakan pada anak-anak atau pemilik kulit kepala sensitif.

4. Gunakan Sisir Serit

Sisir serit adalah sisir bergigi rapat yang umumnya terbuat dari kayu atau plastik. Sisir ini berfungsi menjebak kutu rambut agar tersangkut dan menjatuhkannya turun. Selain itu, telur kutu yang masih menempel di rambut pun dapat ikut terseret jatuh sehingga mengurangi perkembangbiakannya.

5. Hindari Penggunaan Sisir, Handuk dan Bantal Bergantian

Umumnya kutu berpindah dari satu kepala ke kepala yang lain melalui sisir, handuk dan bantal yang digunakan secara bergantian. Oleh karena itu, biasanya bila ada satu orang anggota keluarga yang sudah memiliki kutu rambut maka anggota keluarganya yang lainpun tidak lama lagi akan tertular.

READ:  5 Trik Memahami Anak Remaja Putri

6.  Gunakan Ramuan Srikaya

Salah satu cara alami dalam membasmi pertumbuhan kutu rambut adalah dengan menggunakan ramuan alami dari buah srikaya. Caranya adalah dengan menyangrai 10 buah srikaya sampai hangus kemudian dihaluskan dan gunakan pada rambut Anda sebagaimana halnya Anda sedang keramas.

Lakukan rutin dua kali seminggu dan kutu rambut Anda perlahan akan menghilang.

7.  Gunakan Minyak Kelapa

Cara tradisional ini dilakukan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Caranya adalah dengan mengoleskan minyak kelapa ke seluruh permukaan rambut secara merata lalu tutup dengan kain. Diamkan semalaman lalu bilaslah rambut Anda seperti biasa dengan sampo.

Selain dapat mengusir kutu, minyak kelapa baik untuk melembutkan rambut Anda.

**

Nah, semoga tips dan cara ampuh mengatasi kutu rambut di atas dapat membantu Anda atau orang terdekat Anda dalam upaya membebaskan diri dari gangguan kutu rambut yang menyebalkan. Silahkan coba tips di atas, semoga berhasil.

(foto: atclowvision.com)