Menakjubkan, 6 Jenis Buah ini Penghasil Zat Besi untuk Tubuh Kita

buah kaya zat besiZat besi adalah nutrisi yang penting dalam tubuh karena memuiliki peranan untuk mentransfer oksigen ke seluruh bagian tubuh kita.

Zat besi juga merupakan zat penting pada sintesis hemoglobin dalam sel darah merah. Asupan zat besi yang cukup akan membuat Anda tetap sehat, kuat dan berenergi.

Nah, jika Anda bingung bagaimana cara pemenuhan zat besi untuk tubuh Anda, sumber zat besi terdapat pada beberapa jenis buah berikut ini. Mari disimak.

Loading...

1. Semangka

Semangka kaya akan zat besi, protein dan vitamin C. Selain itu, juga mengandung jumlah karbohidrat dan kalium yang cukup.

Buah yang memiliki rasa segar dan enak ini juga sering dikonsumsi untuk meredakan rasa haus karena memiliki kandungan air yang banyak serta memberikan kesegaran. Anda bisa memakan langsung atau mengubahnya dalam bentuk jus yang dingin dan segar.

2. Berries

Selain kaya akan antioksidan, ternyata beberapa jenis buah berry seperti stroberi, blueberry dan blackberry memiliki kandungan zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Buah ini juga membangun sistem kekebalan tubuh yang lebih baik karena kandungan antioksidan yang dimilikinya.

READ:  5 Resep Smoothie Sehat Untuk Memulai Hari

3. Kurma

Kurma adalah buah kering dengan kandungan dan banyak nilai-nilai gizi. Kurma adalah sumber yang baik untuk zat besi dan juga nutrisi lain seperti kalsium, magnesium dan kalium. Buah ini juga bisa mengatasi segala masalah pencernaan. Rasanya yang manis membuat buah ini sangat diminati saat bulan Ramadhan untuk digunakan sebagai pengembalian tenaga saat berbuka puasa.

4. Prun/ Plume

Prune/plume adalah salah satu jenis buah yang kaya akan serat. Selain itu ternyata buah ini ternyata memiliki kandungan zat besi dan potassium yang tinggi sehingga sangat baik untuk pemenuhan zat besi Anda.

Anda dapat membuatnya dalam bentuk jus. Selain sebagai pemenuhan zat besi, buah ini juga dapat membut badan terasa hangat dan sehat. Plum juga dapat membantu menyembuhkan dari sembelit dan bahkan menormalkan kadar gula darah Anda.

5. Currants Zante kering dan Kismis

Anda yang menderita anemia dapat memilih kismis segar dan kismis kering untuk penyembuhan. Selain itu juga dapat mengobati asidosis dan sembelit. Sertakan buah ini sebagai makanan penutup Anda.

READ:  Nyeri Payudara Sebelum Periode, Normalkah?

6. Aprikot Kering

Jika Anda sedang dalam program diet sehat, maka disarankan untuk menyertakan aprikot kering di menu diet harian Anda. Buah ini sangat kaya akan konten zat besi dan dapat membantu Anda tetap energik sepanjang hari.

**

Demikian 6 jenis buah yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Selain buah-buahan di atas, ada beberapa jenis buah lain yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti anggur, nangka, pepaya dan apel.

Buah-buahan tersebut mudah didapatkan dan tersedia hampir di semua swalayan. Selain itu harganya pun relatif murah. Anda dapat membuat beberapa buah tersebut dalam bentuk salad atau menjadikannya cemilan saat sedang bekerja.

(foto: imageshack.us)