5 Manfaat Hebat Jahe untuk Kecantikan Wajah

manfaat jaheJahe kita kenal sebagai salah satu rempah yang menjadi bumbu dapur.

Terutama untuk masakan tradisional, jahe dapat dikatakan menjadi salah satu bumbu wajib.

Jahe sendiri diperkirakan berasal dari India. Namun banyak pula yang percaya bahwa jahe berasal dari Republik Rakyat Cina Selatan. Penyebarannya sendiri karena perdagangan hingga ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Loading...

Karena rasa hangat dan pedas yang khas, jahe pun menjadi salah satu komoditas ekspor yang populer.

Jahe tersusun atas ratusan senyawa kimia dimana masing-masing senyawa tersebut memiliki khasiat tertentu bagi tubuh.

Salah satu senyawa yang terbukti dapat mengatasi radang dan juga penyakit sendi adalah Phenol. Selain phenol, terdapat juga senyawa zingilberene dan shogol yang berguna sebagai anti-oksidan dan untuk melawat penyakit kanker serta jantung.

Selain senyawa-senyawa tersebut, jahe juga memiliki komponen zat aktif lain seperti mineral sineol, minyak damar, kamder, fellandren, borneol, asam amino, vitamin A, B1, C, dan masih banyak lagi.

Tak salah karena kadungan berbagai zat yang berguna, jahe sangat baik untuk kesehatan dan sudah terbukti dalam berbagai macam minuman kesehatan hingga obat yang mengandung jahe.

READ:  5 Langkah Mudah Agar Kulit Lebih Kencang

Tak hanya untuk kesehatan tubuh, jahe ternyata juga memiliki manfaat baik bagi wajah. Mau tahu apa manfaat jahe untuk wajah? Simak ulasan dari kami berikut.

1. Anti-oksidan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, jahe mengandung senyawa shogol yang berguna sebagai anti-oksidan. Anda dapat memanfaatkannya melalui minuman dan makanan sehat yang mengandung jahe.

2. Menghaluskan kulit

Jahe juga dapat anda manfaatkan untuk menghaluskan kulit. Kulit yang kusam dan kasar dapat anda atasi dengan masker berbahan jahe.

Bahan-bahan : jahe dan delima

Caranya : Ambil 2 sendok makan jahe yang telah diparut. Campur rata dengan perasan buah delima. Oleskan pada wajah dan biarkan sekitar 20 menit hingga mengering, bilas dengan air bersih.

Masker ini dapat anda gunakan 2 hingga 3 kali seminggu. Jahe berfungsi untuk membersihkan kotoran dan delima yang mengandung banyak vitamin C berfungsi untuk menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah.

3. Mengatasi jerawat

Untuk anda yang memiliki masalah jerawat pada wajah, anda dapat memanfaatkan jahe untuk mengatasinya. Mengapa bisa demikian?

READ:  Tips Memulai Olahraga Pasca Melahirkan

Jahe mengandung antiseptik yang dapat berfungsi sebagai penangkal bakteri penyebab jerawat, sekaligus membersihkan pori-pori wajah dengan menarik racun keluar dari kulit wajah.

Caranya,kupas kulit jahe dan bersihkan hingga hanya terlihat bagian dalamnya yang berwarna kuning muda. Iris jahe dengan ketebalan sekitar setengah sentimeter.

Aplikasikan irisan jahe tersebut ke wajah hingga cairan alami jahe keluar. Putar-putar seperti memijat kulit wajah. Setelah itu, letakkan seluruh irisan jahe pada wajah dengan posisi tubuh berbaring dan biarkan antara 10 hingga 15 menit.

Bilas dengan air bersin dan keringkan. Dengan cara ini, wajah anda wakan senantiasa bersih dan jerawat akan berkurang.

4. Mengatasi kulit berminyak

Bagi anda pemilik kulit berminyak, anda dapat pula memanfaatkan rempah yang satu ini. Caranya cukup mudah. Anda dapat mencampur parutan jahe dengan garam, bubuk kayumanis dan bubuk pala.

Campur semua bahan dengan air hingga rata dan berbentuk seperti pasta. Oleskan pada area berminyak pada wajah, biarkan sekitar 20 menit, bilas dan keringkan.

READ:  7 Perawatan Kecantikan 'Do-It-Yourself'

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi kulit berminyak pada wajah anda.

***

Khasiat jahe ternyata tidak hanya untuk pelezat makanan dan kesehatan tubuh saja, namun ternyata juga untuk kulit wajah.

Tertarik untuk mencoba?

 (foto: health.msn.co.nz)