7 Cara Jitu Menghalau Rasa Galau

mengatasi galauAnda kenal galau? Kata unik ini muncul dan cukup tren terutama di kalangan remaja 2011-2012 lalu. Arti galau sendiri adalah perasaan dilema, tidak tentu, sedih dan gelisah. Galau memang identik dengan emosi yang tidak menentu dan kesedihan mendalam.

Lalu, apa yang menjadi penyebab galau? Seperti perasaan sedih lainnya, galau dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Yang paling mudah membuat galau tentu saja soal cinta. Entah itu diputuskan pasangan, bingung membuat keputusan dalam hubungan, pertengkaran dan lain sebagainya.

Selain soal cinta, galau juga dapat disebabkan beberapa masalah kehidupan seperti sulit memilih sesuatu dan mengambil keputusan tentang pekerjaan misalnya.

Galau memang tak terbatas sebabnya, apa pun dapat membuat seseorang merasa galau. Karena identik dengan perasaan sedih, tak salah jika galau membuat seseorang menangis, kesal hingga depresi. Dengan warna-warni kehidupan yang tidak selalu memiliki cerita bahagia, seharusnya galau dapat diatasi dan tidak menyebabkan perbuatan yang melampaui batas hingga dapat menyakiti diri sendiri.

Untuk anda yang sedang galau atau ingin membantu seseorang menjadi kembali ceria, ikuti tips mengatasi rasa galau dari kami seperti berikut.

READ:  Ketimun, Si Hijau yang Berguna

1. Dengarkan lagu yang ceria

Sedang galau dan memilih mendengarkan lagu-lagu sedih? Yang ada nanti anda bertambah galau dan stress. Coba dengarkan lagu-lagu favorit anda yang bernuansa ceria dan memiliki lirik positif. Resapi lagu tersebut dan berusahalah untuk tetap berpikir positif.

2. Buku bacaan

Cara yang satu ini tidak hanya dapat mengatasi rasa galau, namun juga dapat menambah pengetahuan anda. Ya, membaca. Baca bacaan yang menyenangkan seperti komik, majalah favorit hingga buku pengetahuan maupun motivasi. Anda akan tenggelam ke dalam cerita dan lupa akan rasa galau anda.

3. Hindari tempat sepi

Jika sedang galau, hindari pergi ke tempat-tempat sepi yang akan membuat anda semakin sedih. Pergilah ke pusat perbelanjaan, toko buku, cafe dengan live music, pameran-pameran seni dan lain sebagainya. Dengan pergi ke tempat yang ramai, anda akan sibuk dengan aktivitas lain dan lupa akan kegalauan anda.

4. Curhat

Komunikasi adalah salah satu cara terbaik mengatasi rasa galau. Jangan pendam atau menyimpan perasaan galau anda terlalu lama karena akan memberi pengaruh buruk juga bagi kesehatan anda.

READ:  4 Antioksidan Terbaik Untuk Kulit

Ceritakan masalah anda dengan teman, pasangan maupun keluarga. Keluarkan uneg-uneg anda dan bila perlu mintalah pendapat mereka. Dengan curhat, perasaan anda jadi tidak terlalu terbebani dan siapa tahu mereka memiliki solusi untuk membantu masalah anda.

5. Olahraga

Jika anda termasuk orang yang malas berolah raga, segera ubah kebiasaan anda tersebut. Dengan rajin berolah raga, otot-otot akan menjadi lebih rileks dan aliran darah semakin lancar sehingga anda merasa lebih tenang dan berpikiran positif.

Lakukan olah raga yang seperti berenang, fitness, bersepeda dan jogging karena dapat menjadi kegiatan yang sekaligus menyenangkan. Bila perlu, ajak teman terdekat anda untuk menambah seru acara olah raga.

6. Hobi

Anda tentu memiliki hobi atau kegiatan yang gemar dilakukan di waktu senggang. Lakukan hobi maupun aktivitas kegemaran anda sebagai obat penyembuh rasa galau. Selain itu, hobi yang ditekuni dengan baik bisa saja menjadi karir utama maupun sampingan yang menyenangkan.

7. Berpikirlah positif

Yang satu ini memang tak mudah untuk dilakukan, namun sangat penting tidak hanya untuk mengatasi rasa galau, juga untuk menghindarinya datang kembali.

READ:  Cara Gampang Lupakan Mantan Kekasih

Berpikirlah positif dan percaya bahwa semua masalah memiliki jalan keluar. Tentu beberapa masalah tertentu memiliki usaha penyelesaian yang sulit dan memakan waktu lama. Tapi dengan selalu berpikir positif, anda akan terhindar dari perasaan mudah galau dan dapat menghadapi masalah anda dengan cara yang lebih baik.

(foto: badonlinedates.com)