Berbahayakah Membaca Novel Romantis bagi Seorang Wanita?

Membaca Novel RomantisMembaca adalah sebuah kegiatan yang bermanfaat karena dapat mengasah otak kita untuk terus bekerja, memperluas pengetahuan dan mempertajam daya imajinasi kita.

Buku yang dapat dibaca memiliki beragam jenis dan versi. Salah satunya adalah novel romantis yang banyak disukai oleh kaum wanita.

Ternyata, menurut survei yang dilakukan di Virginia Tech – Amerika Serikat, membaca novel romantis bagi wanita memiliki beberapa dampak negatif.

Yuk kita simak apa saja pro kontra membaca novel romantis bagi wanita:

Manfaat Membaca Novel Romantis :

1. Membaca Novel Romantis dapat Meningkatkan Kinerja Otak

Otak yang selalu dipakai untuk membaca novel akan lebih baik karena selalu dipakai bekerja dan berfikir. Sel-sel dalam otak yang bertugas mengantarkan sinyal akan bekerja dengan lebih baik dan aktif sehingga otak berfikir menjadi lebih cepat serta meningkatkan kreatifitas dan kepekaan Anda.

2. Membaca Novel Romantis dapat Membuat Anda Lebih Rileks

Membaca novel romantis dapat menjauhkan Anda dari stress lho. Itu karena Anda menjadi lupa dengan segala macam masalah dan terbawa dalam cerita yang Anda baca. Tetapi untuk benar-benar menjadi rileks, hindari sikap duduk yang salah dalam membaca. Jangan membaca sambil berbaring.

READ:  5 Manfaat Membaca Karya Fiksi

Sebaliknya, duduklah dengan sikap duduk yang nyaman, dan jangan lupa sediakan teh atau susu hangat untuk menemani Anda membaca novel romantis favorit Anda.

3. Membaca Novel Romantis Membuat Anda Belajar Tentang Hidup dan Percintaan

Tidak semua wanita pernah merasakan beragam kejadian dan perasaan yang tertulis dalam sebuah novel. Bagi sebagian wanita yang bahkan belum menemukan cinta sejati, membaca novel romantis memberikan mereka pelajaran mengenai dunia percintaan yang mungkin saja suatu saat akan mereka rasakan sehingga mereka bisa memiliki bayangan tentang apa yang mereka bisa lakukan dalam situasi dan kondisi tertentu.

Bahaya Membaca Novel Romantis :

1. Novel Romantis Membuat Wanita Terlalu Perfeksionis

Dalam kebanyakan novel romantis, karakter sang pria seringkali digambarkan dengan sosok yang sangat sempurna, penyayang dan rupawan.

Cerita romantis yang dibangun pun seringkali membuat para wanita terhanyut dan menginginkan kisah cinta mereka berjalan sama seperti apa yang sering mereka baca di dalam novel. Mereka menginginkan sosok pria seperti yang ada di dalam cerita yang seringkali tidak sesuai dengan kenyataan yang ada.

READ:  10 Tips Menguasai Teknik Membaca Cepat

Hal tersebut dapat membuat wanita menjadi sangat selektif atau menyebabkan masalah dalam hubungan yang sedang dirajut dengan pasangan karena wanita selalu membandingkan pasangan nyata mereka dengan sosok pria nan sempurna yang ada di dalam novel romantis.

2. Novel Romantis Membuat Wanita Tidak Percaya Diri

Tidak hanya karakter pria yang selalu sempurna, setia dan romantis tetapi karakter wanita dalam novel romantis kebanyakan juga sosok yang sempurna. Mereka cantik, baik, dan hampir selalu mendapatkan kasih sayang dari tokoh utama pria.

Bagi wanita yang dilahirkan dengan kepercayaan diri rendah dan fisik yang tidak sempurna, membaca novel romantis bisa menjadi senjata yang membuat mereka justru kehilangan rasa kepercayaan diri mereka. Mereka akan terpuruk dan pesimis mendapatkan pasangan yang mencintai mereka apa adanya.

Menurut survei di Virginia Tech USA, para wanita dengan kelebihan berat badan akan mengalami kecemasan setelah membaca sebuah novel romantis yang memiliki tokoh utama wanita dengan bentuk dan ukuran tubuh yang ideal.

READ:  4 Rekomendasi Novel Romantis Populer Karya Penulis Kelas Dunia

**

Demikian pro dan kontra membaca novel romantis bagi wanita. Tentu saja pro dan kontra di atas tidaklah mutlak akan terjadi pada semua wanita yang gemar membaca novel romantis, semua kembali lagi kepada isi dari novel tersebut dan pribadi setiap wanita.

Selebihnya, bagi Anda wanita yang gemar membaca novel romantis, silahkan teruskan hobi Anda dan seraplah energi positif dari apa yang Anda baca dan bukan sebaliknya.

(foto: sheknows.com)