6 Tips Cerdas Membeli Harddisk Eksternal yang Berkualitas dan Bagus

Loading...

toshiba_hdd_eksternalDengan perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat maka kebutuhan harddisk eksternal menjadi kebutuhan yang sangat diperlukan bagi kita.

Jika dulu masih ada yang namanya disket sebagai tempat penyimpanan data dalam sekala besar, kini kita semakin dipermudah oleh para penyedia produk drive sebagai tempat untuk menyimpan semua data yang kita miliki dengan ruang dan kapasitas yang jauh lebih besar.

Untuk memiliki sebuah harddisk eksternal berkualitas, kita juga harus lebih cermat memilih dan menilik kapasitas serta keunggulan dari produk harddisk yang nantinya akan kita beli. Pasalnya jika kita salah pilih yang ada malah kita berisiko kehilangan data atau file-penting yang disimpan di sana.

Nah agar tidak salah pilih, simak dahulu penjelasan mengenai  cara memilih dan membeli produk harddisk eksternal yang bagus serta berkualitas. Berikut tipsnya:

1. Besarnya Ukuran Kapasitas

Hal penting pertama yang harus kita perhatikan untuk memilih harddisk yang bagus adalah melihat ukuran kapasitas penyimpanan dari drive tersebut. Ukuran kapasitas harddisk juga sangat berpengaruh terhadap harga produk harddisk tersebut.

Biasanya ukuran harddisk dimulai dari 500GB hinggan 6TB atau setara dengan 6000GB. Perbandingan harga antara 500GB dengan harddisk yang berkapasitas 1TB tidak terpaut jauh. Jika HD eksternal berkualitas baik dengan kapasitas 500GB seharga 700 ribu, biasanya untuk ukuran 1TB berkisar 1 jutaan.

2. Tipe Mekanik atau Solid State

Yang banyak kita jumpai di pasaran biasanya harddisk yang bertipe mekanik dengan menggunakan teknologi spin, ini berpengaruh terhadap getaran yang ditimbulkannya.

Sedangkan tipe Solid State biasanya memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan tipe lainnya, tapi untuk masalah kecepatannya jangan diragukan lagi. Kecepatannya bisa mencapai 4 kali lebih cepat dibanding dengan tipe mekanik. Pasaran untuk harga tipe solid state berkisar 2,5 juta untuk kapasitas 250GB.

3. Buffer Eksternal

Ini maksudnya lebar ruang transfer harddisk tersebut, jika semakin besar maka ruang transfer sebuah harddisk maka akan semakin cepat proses transfer yang kita lakukan. Biasanya yang ada saat ini kapasitas buffer sebuah harddisk juga bervariasi antara 2 MB, 8 MB dan 16 MB. Besarnya ruang buffer juga mempengaruhi harga sebuah harddisk tersebut.

4. Sistem Plug And Play (PnP)

Sistem ini berarti sistem autoplay sebuah harddisk, dimana ketika hardisk dimasukkan ke sebuah PC maka kita bisa langsung melakukan transfer tanpa harus ribet melakukan setting untuk menjalankannya, seperti ketika pertama kali harddisk dimasukkan ke sebuah PC.

5. Casing dan Tampilan Hardisk

Kebanyakan harddisk eksternal yang ada di pasaran sudah dilengkapi dengan casing plastik yang kokoh. Jika Anda memilih menggunakan harddisk sebuah notebook dan kemudian membeli casingnya secara eceran maka pastikan kekokohan casing tersebut untuk menghindari kerusakan ketika terkena benturan.

6. Merek yang Berkualitas

Ini juga sangat penting dan berpengaruh terhadap produk harddisk yang kita gunakan. Sebuah merek harddisk eksternal ternama sekelas toshiba atau samsung tentu saja menjaga kualitas barang yang dipasarkannya. Tapi jangan lupa, biasanya merek dan kualitas barang berbanding lurus dengan harga.

Untuk merek harddisk yang terkemuka dan berkualitas saat ini terdiri dari Buffalo, Western Digital, Samsung, Sony, Toshiba dan Xtreamer karena merek-merek produsen harddisk ini sudah diakui kualitasnya.

**

Nah, demikianlah 6 tips memilih dan membeli harddisk eksternal. Sekarang tinggal Anda yang memilih dan menentukan sendiri ingin memilih dan membeli harddisk yang seperti apa sesuai dengan kemampuan financial Anda tentunya.

READ:  Low-cost iPhone Akan Diluncurkan Semester Kedua 2013