4 Tips Merawat Bayi dengan Berat Badan Lahir Rendah dan Prematur

premature_babySalah satu momen paling menyedihkan dalam kehidupan orangtua adalah ketika mendapati bahwa bayi mereka lahir dengan berat badan di bawah normal. Hal ini akan membuat orangtua mana saja merasa frustrasi dan khawatir terhadap perkembangan bayinya.

Ada begitu banyak alasan yang dapat menyebabkan berat badan lahir bayi rendah dari yang seharusnya.

Alasan pertama yang paling umum ditemukan adalah kelahiran prematur. Jika bayi dilahirkan sebelum tanggal dan periode kehamilan normal, umumnya bayi akan lahir dengan berat badan yang kurang.

Loading...

Bayi yang lahir terlalu cepat atau bayi yang lahir normal namun dengan berat badan rendah biasanya diakibatkan karena sang ibu tidak menerima asupan nutrisi yang tepat selama masa kehamilannya. Yang pada akhirnya menyebabkan bayi lahir dengan berat badan di bawah normal.

Bayi baru lahir yang kekurangan berat badan adalah makhluk yang sangat halus dan rapuh, sehingga si kecil akan lebih rentan terhadap penyakit. Bahkan dalam beberapa kasus, bayi yang kekurangan berat badan hanya mampu bertahan hidup selama beberapa bulan saja. Hal ini membuktikan bahwa penanganan dan cara merawat bayi baru lahir yang memiliki berat badan di bawah normal sama sekali tidak mudah.

READ:  Hipoglikemia Pada Bayi

Oleh karena itu, Anda perlu memberikan perhatian ekstra. Kami berbagi imformasi mengenai beberapa tips perawatan untuk bayi yang berat badannya di bawah normal, seperti berikut ini:

– Pentingnya ASI

Bayi dengan berat badan rendah memiliki resiko yang tinggi terhadap penyakit karena kurangnya kekuatan imunitas mereka, sehingga lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit lainnya.

Sebagian besar bayi tidak memiliki cukup kekuatan untuk mengisap dengan baik dan oleh karena itu, sangat sulit bagi mereka untuk mendapatkan ASI. Namun bayi memerlukan suplemen yang kaya protein, vitamin, lemak dan nutrisi lainnya yang disajikan dalam ASI.

– Berikan Perhatian Ekstra

Sangat penting bagi orangtua untuk memberikan lebih banyak perhatian kepada bayi yang tidak cukup berat badannya. Terutama saat orangtua menggendong bayinya, Anda perlu sangat berhati-hati saat mengangkat kepala mereka.

Disamping itu mereka membutuhkan asupan vitamin, zat besi, asam folat, kalsium dan tonik sehat untuk meningkatkan kekuatan imunitas dan berat badan mereka.

– Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan bayi

Lingkungan yang bersih akan mencegah bayi terkena penyakit apapun. Hindari kontak bayi Anda dengan orang yang menderita sakit karena kadar imunitasnya benar-benar rendah.

READ:  Perkembangan Bayi Selama Masa Kehamilan

– Jangan membiarkan orang lain menimang bayi Anda

Kondisi higienis sangat diperlukan. Maka bayi tidak boleh ditimang oleh orang lain seperti saudara, teman dan orang lain kecuali orangtua bayi. Anda harus terus berhati-hati agar kesehatan bayi tetap terjaga. Ketika berat bayi sudah mulai normal, barulah Anda bisa membolehkan orang lain menimang bayi Anda.

**

Perawatan yang tepat untuk bayi dengan berat badan lahir rendah, akan membantu bayi untuk tumbuh dan berkembang secara sehat. Bagi Anda yang sedang berada pada masa kehamilan, sebaiknya lakukan pencegahan agar kelak bayi Anda lahir dengan berat badan yang normal.

Konsumsilah makanan dengan gizi dan nutrisi yang tepat, ibu yang sedang hamil harus diberikan karbohidrat, vitamin, mineral dan faktor penting lainnya untuk mendukung kondisi kesehatan ibu dan anak dalam kandungan. Hindari rokok, junk food dan minuman beralkohol karena dapat merusak kesehatan tubuh.

(foto: babymed.com)