Tips Dan Cara Membuat Strawberry SaTang

strawberry_candySalah satu cemilan yang banyak dijual di pinggir jalan di Korea adalah Strawberry SaTang. Karena menggunakan buah strawberry segar, cemilan ini pun berasa alami.

Strawberry SaTang juga biasa disebut dengan strawberry hard candy atau permen strawberry. Permen ini tentu akan sangat disukai oleh anak-anak sehingga cocok disajikan ketika pesta ulang tahun.

Sebenarnya cara membuat cemilan ini sangatlah sederhana dan tidak membutuhkan banyak bahan sehingga bisa dibuat oleh siapa saja, bahkan yang baru belajar masak sekalipun.

Loading...

Nah, jika Anda tertarik membuat Strawberry SaTang, berikut contekan resepnya yang dikutip dari aeris kitchen.

Yang Anda Butuhkan:

  • 20 buah strawberry yang besarnya ukuran medium
  • 20 tusuk sate atau tusuk bamboo (biasanya lebih tebal dari tusuk sate)
  • 1 cup gula pasir (yang bewarna putih bersih)
  • ½ cup air bersih
  • 1 Kardus atau kotak bekas susu

Cara Membuat:

  1. Cuci bersih strawberry lalu keringkan dengan mengunakan lap kertas agar sisa air bisa diserap.
  2. Buang daunnya dengan cara memotong bagian atas dari strawberry.
  3. Setelah itu, tusuk buah strawberry satu persatu dengan tusuk sate atau tusuk bamboo, sisihkan.
  4. Ambil kardus atau kotak karton bekas susu lalu buat lubang sebesar tusuk sate di beberapa bagian.
  5. Masak gula dan air di dalam panci kecil di atas api sedang. Aduk terus hingga gula benar-benar larut.
  6. Jika gula telah larut semua, biarkan selama 5 hingga 7 menit hingga campuran tersebut mendidih dan mulai mengeras.
  7. Ambil buah strawberry yang sudah ditusuk tadi, celupkan satu persatu ke dalam cairan gula sambil diputar hingga gula menutupi seluruh strawberry. Lalu tusuk ke kotak susu yang sudah dilubangi tadi. Biarkan hingga mengeras.
  8. Jika semua bagian telah mengeras, siap disajikan.
READ:  Manfaat Tahu dan Variasi Penyajiannya

Tips:

-. Selain strawberry buah – buahan lain yang lezat dijadikan hard candy atau permen buah segar diantaranya adalah kiwi, nanas atau anggur.

-. Penggunaan kertas handuk dimaksudkan karena kertas handuk lebih tebal dari tisu yang bisa robek jika terkena air. Penyerapan airnya juga lebih maksimal dibandingkan jika kita menggunakan kain.

-. Strawberry sebaiknya dicuci ketika akan digunakan. Karena jika dicuci dan dikeringkan agak lama sebelum digunakan, buah akan menjadi kering dan tidak segar.

-. Penggunaan karton dimaksudkan agar bisa memudahkan Anda ketika selesai mencelupkan strawberry ke dalam cairan gula. Karena gula sangat panas dan pengerjaannya harus cepat agar hasilnya bagus.

-. Jika Anda ingin mengaturnya seperti sate, Anda bisa menusuk beberapa buah strawberry dalam satu tusuk. Hanya saja, hal ini bisa membuat cairan gula tidak menutup strawberry secara sempurna dan juga membuat strawberry jadi terlalu mudah lepas.

-. Perhatikan api ketika memasak gula. Api yang terlalu besar bisa membuat warna cairan jadi kecoklatan dan jika dicelupkan, warna strawberry bisa jadi tak menarik.

READ:  Tips dan Cara Membuat Sate Buah Segar

-. Hal ini sedikit rumit karena berkaitan dengan suhu dan waktu memasak. Sirup atau cairan gula dapat menjadi terlalu keras atau lembut (encer) padahal kita ingin tekstur yang renyah. Jadi untuk memeriksa apakah gula sudah pas, ketika cairan gula telah mendidih, celupkan tusuk gigi lalu masukkan segera ke dalam air dingin. Lalu perhatikan teksturnya. Jika kurang keras, masak beberapa saat lagi. Jika sudah cukup keras, matikan api.

**

Strawberry SaTang merupakan salah satu cara menyenangkan mengonsumsi buah-buahan meskipun pada dasarnya memakan buah segar langsung adalah cara yang paling baik. Meskipun mudah dan bisa dibuat oleh siapa saja, ini bisa jadi sedikit berbahaya bagi anak kecil karena cairan gula sangat panas.

Gula di luar sangat renyah dipadu dengan lembut dan segarnya buah strawberry, hmmm…. yummy! Selamat mencoba.

(foto: aeriskitchen.com)