Yuk Kenali Penyebab dan Cara Alami Mengobati Keputihan pada Wanita

cara mengatasi keputihanSebagian besar wanita pernah mengalami keputihan. Ya, keputihan merupakan salah satu penyakit yang timbul pada organ intim wanita.

Keputihan biasanya berupa cairan yang keluar dari miss V dan menyebabkan daerah intim terasa lembab.

Kelembaban yang berlebihan karena keputihan dapat menyebabkan infeksi berupa bakteri patogen yang penyebarannya sangat mudah.

Loading...

Pada umumnya, para wanita mengenal penyebab keputihan dari faktor kebersihan yang kurang baik. Jika kebersihan daerah vagina tidak terjaga, beberapa penyakitpun dapat timbul yang salah satunya berupa keputihan.

Apakah anda mengenal dengan baik apa saja yang dapat menyebabkan keputihan? Ternyata selain faktor kebersihan, terdapat beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan Vagina.

Salah satunya adalah stress. Wanita yang mengalami stress berlebihan dapat membuat perubahan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh yang kemudian dapat menyebabkan keputihan. Stress karena masalah pribadi hingga padatnya aktivitas dapat menjadi pemicu keputihan.

Keputihan juga dapat terjadi akibat efek penggunaan obat-obatan, salah satunya antibiotik.

Penggunaan antibiotik yang biasanya memerlukan waktu cukup lama dapat mempengaruhi sistem imunitas seorang wanita yang kemudian menyebabkan keputihan. Hal ini juga dapat terjadi akibat penggunaan KB, meskipun efek sampingnya berbeda-beda.

READ:  5 Vitamin Penting Untuk Kulit Sehat

Sedangkan secara ilmiah, keputihan disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri dan juga virus. Jika anda masih bingung apa sebenarnya penyebab keputihan, berikut ciri-cirinya.

Jamur Monilia/Candidas

Keputihan yang disebabkan oleh jamur ini memiliki ciri berwarna putih susu. Selain itu, cairannya sangat kental, berbau tidak sedap dan menyebabkan rasa gatal pada daerah sekitar vagina.

Vagina juga dapat meradang dan berwarna kemerahan. Penyebab timbulnya jamur ini dapat berupa penyakit kencing manis, penggunaan pil KB dan daya tahan tubuh yang rendah.

Parasit Trichomonas Vaginalis

Parasit jenis ini dapat ditularkan melalui hubungan seks, kloset yang tidak bersih serta kotornya perlengkapan mandi. Keputihan yang disebabkan oleh parasit biasanya berupa cairan yang kental, berwarna kuning atau hijau, berbuih dan juga berbau.

Daerah sekitar vagina biasanya gatal yang sakit jika ditekan.

Bakteri Gardnella

Keputihan yang disebabkan infeksi bakteri ini biasanya berwarna abu-abu, cairan sedikit encer, berbau amis dan berbuih. Rasa yang ditimbulkan adalah rasa gatal yang amat mengganggu.

Virus

Keputihan yang disebabkan oleh virus tergolong serius karena dapat disebabkan oleh penyakit kelamin seperti HIV/AIDS, herpes dan juga condyloma. 

Ciri-cirinya adalah timbulnya kutil yang banyak di daerah vagina dan diikuti dengan cairan yang berbau tidak sedap. Dalam kondisi yang berat, daerah di sekitar lubang vagina memiliki luka yang melepuh terasa panas dan gatal.

Keputihan yang disebabkan oleh virus juga dapat mengakibatkan kanker mulut rahim yang sangat berbahaya bagi kaum wanita.

Penyebab dan akibat keputihan yang sangat mengganggu dapat saja anda cegah dan anda bantu obati selain pergi dokter dan mendapatkan pengobatan yang lebih serius.

Selain menggunakan produk-produk di pasaran, anda juga dapat mencegah dan mengobati keputihan dengan bahan-bahan alami sebagai berikut.

1. Daun Sirih

Daun sirih memang cukup dikenal sebagai obat keputihan yang ampuh karena sudah terbukti khasiatnya. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah.

Ambil 10 lembar daun sirih dan rebus bersama air hingga mendidih. Setelah hangat dan agak dingin, gunakan untuk membasuh organ intim anda hingga bersih.

2. Kunyit

Rempah yang satu ini memiliki kandungan zat antibakteri yang juga baik digunakan untuk mengobati keputihan. Caranya, rebus parutan kunyit bersama asam jawa dan gula jawa hingga mendidih. Minum ramuan ini secara rutin, 2 kali sehari.

3. Daun tapak liman

Selain daun sirih, anda juga dapat memanfaatkan daun tapak liman. Caranya, ambil sekitar 2 buah tanaman tapak liman, rebus bersama akarnya hingga mendidih. Setelah dingin, minumlah secara rutin 2 kali sehari.

4. Daun iler (miana)

Caranya tidak jauh berbeda dari daun yang lainnya. Rebus hingga mendidih dan minum 2 kali sehari.

***

Keputihan adalah hal yang wajar terjadi bagi setiap wanita. Namun kenali dengan baik jenis keputihan anda karena dapat berakibat serius. Jaga pula kebersihan daerah intim anda dengan baik dan rajinlah mengonsumsi asupan yang sehat.

 (foto: trixmu.com)