8 Kiat Ampuh Memiliki Kulit Kepala Bersih Sehat dan Bebas dari Ketombe

cara mengatasi ketombeKetombe memang dikenal menyebalkan. Bagaimana tidak?

Masalah rambut yang satu ini membuat kulit kepala gatal dan terlihat tidak menarik karena serpihan putih yang bisa saja dengan mudah tampak dan membuat orang tidak percaya diri.

Ketombe juga merupakan masalah umum kulit kepala kebanyakan orang. Karena itulah, kita dapat menemukan berbagai macam produk perawatan rambut anti ketombe yang beredar di pasaran.

Loading...

Ketombe sendiri adalah pengelupasan kulit kepala dan jumlah kecil yang sering terjadi dan sebenarnya tidak berbahaya. Biasanya ketombe memang disebabkan oleh kulit kepala yang kotor yang menyebabkan penumpukan minyak berlebih dan menimbulkan pengelupasan.

Selain itu, tidak hanya terjadi karena kulit kepala yang kotor, ketombe juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti penggunaan shampo yang tidak cocok, stress, lingkungan yang tidak bersih dan lain sebagainya.

Gejalanya sendiri cukup mudah dikenali, seperti kulit kepala yang terasa gatal, adanya serpihan berwarna putih atau kuning muda dan juga kulit kepala yang terasa sangat kering ataupun sangat berminyak.

READ:  Apa Yang Menyebabkan Kulit Kepala Terasa Gatal?

Jika anda kesal dengan ketombe yang sangat mengganggu, ikuti tips dan kiat memiliki kulit kepala bebas ketombe dari kami seperti berikut.

1. Cuci rambut secara teratur

Curi rambut atau keramas secara teratur bukan berarti setiap hari. Rambut yang terlalu sering dicuci juga akan menyebabkan kulit kepala yang kering dan berketombe.

Sebaiknya cuci rambut 2 hari sekali dan gunakan shampo yang tidak hanya sesuai dengan rambut, namun juga kulit kepala anda.

Jika perlu, gunakan cairan atau obat pencegah ketombe setelah mencuci rambut untuk hasil yang maksimal.

2. Tidak terlalu cepat membilas shampo anti ketombe

Biasanya kita terlalu cepat membilas rambut dan tidak cukup memberikan waktu untuk produk tersebut bekerja.

Sebaiknya saat setelah menggunakan shampo, biarkan sekitar 5 menit baru kemudian dibilas.

3. Sisir rambut anda sebelum keramas dan sebelum tidur

Dengan menyisir rambut, akan mengurangi jumlah minyak pada kulit kepala ke helaian rambut kita. Cara ini cukup baik dilakukan sebelum keramas untuk hasil bersih yang maksimal dan juga sebelum tidur untuk kulit kepala dan rambut yang sehat.

READ:  Cara Mudah Untuk Menyembunyikan Ketombe

4. Jaga kebersihan

Jaga kebersihan alat-alat yang bersentuhan dengan kulit kepala anda seperti sisir rambut, aksesoris rambut hingga helm jika anda menggunakannya.

Alat-alat yang tidak terjaga kebersihannya dapat menimbulkan ketombe.

5. Hindari stress

Stress yang berlebihan dapat berpengaruh pada kesehatan kulit kepala. Jika ingin memiliki kulit kepala dan rambut yang sehat, maka hindarilah stress yang juga berpengaruh pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

6. Yogurt

Yogurt juga dapat anda manfaatkan sebagai bahan penghilang ketombe yang cukup ampuh.

Caranya, gunakan yogurt tanpa rasa atau murni dan gosokkan pada rambut yang telah dicuci dan dibilas. Jangan gunakan pada rambut namun hanya pada kulit kepala.

Pijat dan biarkan sekitar 10-15 menit, bilas dan keringkan.

7. Baby Oil

Baby oil baik pula untuk digunakan untuk mengatasi ketombe. Caranya dengan menggosok baby oil pada kulit kepala dan pijat perlahan. Bungkus dengan penutup kepala dan biarkan semalaman saat tidur.

Esoknya, cuci dengan menggunakan shampo anti ketombe.

8. Shampo yang mengandung sulfur dan tea tree oil

Kedua bahan ini cukup ampuh untuk mengobati kulit kepala yang berketombe. Cara terbaik menggunakan shampo berbahan sulfur dan tea tree oil adalah dengan memijatnya dan membiarkannya beberapa menit sebelum dibilas.

***

Meskipun shampo anti ketombe sangat beragam, pilih yang sesuai dengan kondisi kulit kepala anda, dan pilih shampo yang tidak hanya menghilangkan ketombe namun juga mencegah ketombe muncul kembali.

(foto: sheknows.com)