Mengetahui Penyebab dan 7 Kiat Jitu Mengatasi Gagap

tips mengatasi gagapKita tentu mengenali gagap, lewat seorang komedian Indonesia maupun beberapa film dan juga orang yang kita kenal, yang memiliki salah satu gangguan bicara ini.

Gagap sendiri merupakan gangguan kelancaran bicara yang terputus di dalam satu rangkaiannya.

Gangguan tersebut tentu berbeda pada setiap orang, dari faktor huruf yang sulit diucapkan dan juga seberapa besar kesulitannya dalam melafalkan kata-kata.

Loading...

Gagap atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan Stuttering dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yang sebagian besar terjadi pada masa kanak-kanak. Beberapa faktor misalnya oleh gangguan emosi, ketegangan serta ketakutan dengan orang tua, dapat memicu kelainan irama atau ritme dalam berbicara yang menjadi gagap.

Gangguan berbicara pada penderita gagap dikenal tidak terkontrol dan sering terjadi pengulangan atau pun pemanjangan kata, suku kata.

Selain itu, penderita gagap juga sering mengalami penghentian yang dikenal dengan sebutan silent block. Pada saat ini seseorang kesulitan untuk memulai melafalkan kata atau suku kata.

Begitu pula suara nafas yang ditimbulkan cenderung tidak biasa dan terdengar seperti memerlukan kerja keras untuk mengeluarkan kata. Pada situasi tertentu, penderita memilih untuk tidak menyebutkan kata tersebut dan melafalkan kata yang lainnya.

READ:  7 Solusi Alami Mengatasi Susah Tidur

Kondisi ini tentu sangat tidak menyenangkan bagi penderita karena menganggu saat berbicara dan ingin menjelaskan sesuatu. Selain itu, gangguan gagap masih sering menjadi candaan yang membuat seseorang kehilangan percaya diri dan semakin menambah ketegangan yang akan memperparah gagap.

Untuk melatih mengatasi gagap, anda dapat mencoba 7 kiat mengatasi gagap dari kami seperti berikut.

1. Bantuan cermin

Penyebab gagap memang tak mudah ditentukan. Namun anda dapat melatih diri anda untuk berbicara di depan cermin dan melatih artikulasi pengucapan kata-kata.

2. Berbicaralah pelan-pelan

Sebagian orang yang mengalami gagap cenderung ingin berbicara cepat karena tidak ingin tersendat pada suatu kata tertentu. Padahal, berbicara pelan-pelan merupakan salah satu terapi untuk mengatasi gagap.

Metode yang satu ini dapat membantu seseorang membentuk kata-kata yang ingin diucapkan dalam pikirannya. Selain itu, dengan berbicara pelan dapat mengurangi stres dan ketegangan saat ingin berbicara.

3. Bernyanyi

Gagap ketika berbicara belum biasanya hilang saat seseorang bernyanyi. Hal ini disinyalir karena saat bernyanyi, seseorang merasa rileks dan senang.

READ:  Rambutan, Buah Ajaib dengan Sejuta Manfaat bagi Kesehatan Tubuh

Karea alasan inilah, sering bernyanyi maupun melafalkan kata-kata dengan irama dapat menjadi salah satu metode mengatasi gagap.

4. Melatih pernapasan

Apabila stres menjadi pemicu gagap, melatih pernapasan dapat membantu mengurangi ketegangan tersebut. Latihlah pernapasan anda untuk menenangkan dan juga mengurangi ketegangan saat berbicara.

Tipsnya, berilah waktu jeda di antara kata-kata yang ingin diucapkan dan ulangi beberapa kali sambil mengatur napas.

5. Latihan membaca dengan suara keras

Cara yang satu ini dinilai ampuh sebagai terapi mengatasi gagap, karena dengan membaca keras-keras, seseorang dapat lebih berkonsentrasi dalam pengucapan.

Selain itu, latihan ini juga dapat memberikan nilai tambahan dengan meningkatkan pebendaharaan kata-kata maupun mengganti kata-kata yang sulit diucapkan dengan kata-kata sederhana.

6. Berpikir positif

Berpikir positif dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang karena menimbulkan keberanian dan rasa yakin akan mengatasi kesulitan dalam berbicara.

Katakan pada diri anda, “SAYA LANCAR BERBICARA” dan berpikirlah positif, bahwa gagap dapat disembuhkan.

7. Terapi khusus

Pada kasus tertentu dimana gagap dirasa parah dan sulit untuk disembuhkan dengan metode-metode di atas, cobalah untuk meminta bantuan ahli terapi untuk menghentikan gagap yang Anda derita.

READ:  9 Tips Menghindari Dehidrasi

***

Percayalah bahwa gagap dapat disembuhkan dengan beberapa terapi dan semangat dari diri sendiri yang besar.