Solusi Praktis dan Efektif Mengatasi Nyeri Perut akibat Siklus Menstruasi

cara mengatasi nyeri menstruasiNyeri atau kram menstruasi merupakan kondisi yang nyata selama periode bulanan wanita.

Suatu hormon yang disebut prostaglandin diketahui menyebabkan peradangan dan kram. Hormon ini juga memicu kontraksi otot rahim yang pada gilirannya menyebabkan kram menstruasi.

Namun tak perlu takut, ada cara untuk mengatasinya.

Loading...

Berikut adalah beberapa pengobatan rumah yang efektif untuk kram menstruasi, yang dapat mengurangi peradangan dan meringankan rasa sakit selama siklus menstruasi, dilansir dari Ihomeremedy.net.

Cara Cepat Mengurangi Nyeri

Peterseli
Peterseli merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Salah satunya ialah mengatasi kram menstruasi. Asupan rutin sari peterseli dapat mengatur periode bulanan dan meningkatkan menstruasi.

Anda dapat mengambil peterseli dalam banyak cara, baik sebagai jus, atau daun peterseli cincang sebagai campuran salad dan bumbu makanan.

Madu dan jahe
Madu dan jahe merupakan salah satu solusi rumah terbaik untuk mengatasi kram menstruasi. Seperti yang kita ketahui, madu memiliki sejumlah manfaat herbal untuk berbagai masalah kesehatan.

Anda dapat mengambil air mendidih dengan slat atau ekstrak jahe dan 3 sdm madu. Asupan harian (disarankan 3x) mengurangi kram menstruasi secara instan.

READ:  10 Tanaman Herbal Untuk Menghilangkan Rasa Cemas

Teh herbal
Setiap jenis cairan panas merupakan obat untuk kram menstruasi. Ada beberapa resep herbal. Diantaranya teh jahe-madu-lemon.

Teh herbal ini bekerja luar biasa untuk menenangkan kram menstruasi dengan cepat. Cobalah dua kali sehari selama siklus menstruasi Anda.

Kayu manis
Kayu manis merupakan obat rumahan yang sangat baik untuk kram menstruasi karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antispasmodic yang dapat meringankan gejala kram menstruasi. Kayu manis bisa dikonsumsi dengan teh atau saat sarapan.

Kemangi
Kemangi secara signifikan mengurangi kram menstruasi dengan agen alaminya yang disebut caffeic acid. Kemangi dapat membunuh rasa sakit atau nyeri menstruasi dengan cepat.

Ambil beberapa daun kemangi dan godok selama 10 menit dengan penutup rapat. Kemudian buat teh herbal dengan menambahkan ½ cangkir air kemangi untuk meringankan kram.

Biji rami
Biji rami mengurangi produksi prostaglandin dalam tubuh melalui agen herbal. Prostaglandin bertanggung jawab terhadap nyeri menstruasi. Wanita disarankan untuk mengkonsumsi 2 sdm biji rami selama siklus menstruasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

READ:  Plasebo, Pil Palsu dengan Efek Nyata

Mint
Obat rumahan lain yang berguna untuk kram menstruasi adalah mint. Ia memiliki kekuatan penyembuhan terhadap kram menstruasi secara instan. Ada beragam cara untuk mengonsumsinya.

Anda dapat menyajikannya sebagai campuran salad atau sertakan dengan teh. Konsumsi mint setidaknya dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Gandum
Konsumsilah banyak biji-bijian atau gandum selama siklus menstruasi. Gandum bekerja sangat baik dalam mengontrol gejala kram menstruasi.

Kacang
Kacang diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral. Kacang mengandung magnesium, vitamin E, kalsium dan banyak nutrisi yang membantu mengurangi kram menstruasi secara signifikan.

Metode Praktis dan Efektif Mengurangi Kram

Botol air panas
Metode ini mungkin aneh tapi efektif untuk mengobati kram menstruasi dengan cepat. Tuangkan air panas dalam botol dan letakkan botol di atas perut Anda. Gosok botol perlahan-lahan selama beberapa menit.

Kompres panas
Kompres panas adalah salah satu solusi terbaik dan efektif untuk kram menstruasi. Anda dapat menggunakan kompres panas dalam banyak cara, dengan menggunakan handuk atau pakaian katun lainnya.

READ:  8 Makanan Penting dalam Siklus Menstruasi

Ambil handuk dan panaskan selama beberapa menit. Tempatkan handuk di perut selama beberapa menit, sampai Anda merasa lebih baik.

Berolahraga
Beberapa gerakan fisik ternyata dapat mengurangi nyeri menstruasi. Anda harus melakukan beberapa latihan yang diperlukan selama siklus menstruasi. Latihan fisik juga meningkatkan sirkulasi darah yang membantu untuk mengurangi kram.

Yoga
Yoga sangat berguna bagi wanita selama periode bulanan mereka. Yoga tidak hanya mengobati kram menstruasi, tapi juga memiliki manfaat lain bagi kesehatan fisik. Ia memberikan relaksasi dan kesenangan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Cairan panas
Dokter merekomendasikan untuk minum banyak cairan panas selama periode bulanan. Minuman panas melunakkan nyeri menstruasi. Minuman panas seperti teh herbal dan sup sehat mengurangi kram menstruasi.

(foto: buzzle.com)