6 Hal Yang Perlu Diperhatikan agar Mobil Awet dan Lebih Terawat

tips perawatan mobilTERUSKAN.COM – Memiliki kendaran pribadi memang sebuah impian banyak orang, pasalnya memiliki kendaraan sendiri setidaknya akan lebih mempermudah mobilitas kita dalam hal transportasi.

Kita akan mudah melakukan berbagai aktivitas yang berhubungan dengan jarak tempuh atau tempat  yang lumayan jauh.

Kendaran pribadi seperti layaknya mobil kini bukan lagi hal mewah di kalangan masyarakat baik kalangan menegah apalagi kalangan atas. Hampir bisa dipastikan setiap rumah sudah memiliki kendaraan mobil sendiri di rumah untuk memperlancar proses transportasi mereka.

Nah, apakah Anda tahu mengenai cara merawat dan memelihara kendaraan Anda agar tetap awet dan terawat?

Kami berbagi informasi mengenai hal-hal yang harus Anda perhatikan agar mobil Anda lebih terawat dan terjaga serta tetap awet dipakai.

1. Merawat Ban

Hal yang paling utama Anda perhatikan Adalah bagian ban dari kendaraan Anda. Pasalnya bagian ini merupakan bagian yang sangat vital untuk sebuah kendaraan. Anda disarankan untuk mengganti ban mobil Anda setidaknya apabila sudah mencapai 5-8 ribu kilometer perjalanan Anda.

Selain mengganti ban secara berkala, Anda juga harus memperhatikan kebersihan brake dust mobil Anda, karena bagian ini bagian yang paling sering terkena kotoran ketika Anda melakukan perjalanan. Jika Anda membiarkan bagian ini dalam jangka waktu yang lama dengan menumpuknya kotoran di sana maka bisa dipastikan karena kombinasi panas dan lembab dari rem dapat memanggang bagian ini.

READ:  Tips Agar Cat Mobil Tetap Mengkilap

Anda juga harus memperhatikan tekanan dari ban Anda dan melakukan pemeriksaan secara berkala. Jangan Anda mengambil resiko dengan melakukan perjalanan sementara ban mobil Anda dalam keadaan botak, karena ini bisa membahayakan nyawa dan kendaraan Anda.

2. Merawat Mesin

Hal penting yang harus diperhatikan selain ban mobil adalah memelihara dan merawat mesin, khususnya bagian sabuk mesin Anda. Pastikan Anda menggantinya setiap 25 ribu mil perjalanan, karena bagian inilah yang pertama kali mengalami perubahan ketika Anda berkendara di lruar ruangan.

Kemudian pastikan juga level oli dan cairan mesin mobil Anda. Untuk mengetahui letak oli dan cairan mesin mobil Anda silakan Anda membaca di buku pentunjuk, karena di sana dijelaskan dimana letak sumber oli dan cairan mesin Anda.

3. Bahan Bakar

Kesesuaian bahan bakar untuk mesin mobil Anda sangat penting, karena banyak kalangan yang mengira semakin tinggi oktan bahan bakar semakin menjamin kekuatan sebuah kendaraan namun nyatanya itu belum tentu. Lebih baik Anda menggunakan bahan bakar yang sesuai pada buku keterangan kendaraan mobil Anda.

READ:  Tips Perawatan Mobil yang Jarang Dipakai

4. Bagian Elektrikal

Anda harus sedikit berhati-hati jika ingin melakukan perbaikan pada bagian ini. Pastikan lebih dulu aliran listrik aki kendaraan Anda telah terputus.

Sekalian lakukan pembersihkan di bagian aki, karena jika terdapat benda asing yang menempel pada aki kendaraan mobil Anda maka secara otomatis akan memperlambat aliran listrik ke bagian mobil lainnya.

5. Merawat Lampu

Priksalah bagian lampu kendaraan mobil Anda, pastikan semua lampu menyala dengan sempurna ketika hendak melakukan perjalanan. Jika salah satu lampu sen mobil Anda berkedip lebih cepat dari biasanya, itu tandanya ada bagian lampu yang mengalami kerusakan. Tugas Anda adalah menggantinya dan membelinya di toko otomotif terdekat.

Bila Anda memilih untuk memperbaikinya sendiri, jangan pernah Anda menyentuh bagian kaca lampu sen Anda, karena minyak dan lemak yang bisa saja ada di tangan Anda dapat mengakibatkan pecah pada lampu Anda ketika mesin dan lampu tersebut dinyalakan. Pecahnya lampu sen mobil disebabkan oleh minyak atau lemak yang menyentuh halogen pada bohlam lampu mobil Anda.

READ:  7 Kesalahan Mencuci Mobil Terkait Dengan Sistem Listriknya

6. Memeriksa Warning Lights

Bagian yang satu ini juga sangat penting untuk dirawat, pasalnya lampu pada warning light di bagian dasbor sangat membantu Anda untuk mengetahui keadaan mesin. Aki, bensin, dan panasnya mesin bisa terindikasi di sana. Pastikan semua menyala dengan benar sesuai dengan kegunaan masing-masing.

**

Dengan melakukan perawatan pada bagian-bagian tersebut di atas, sudah bisa dipastikan kendaraan mobil Anda akan selalu prima, enak untuk digunakan dan awet selalu. Semoga bermanfaat.