5 Penyebab Kegagalan dalam Dunia Karir

Loading...

Penyebab Kegagalan Mengerjakan SesuatuMemahami alasan di balik kegagalan kita adalah hal penting yang harus dilakukan, agar kita bisa lebih baik di masa depan.

Untuk itu, diperlukan kejujuran mengakui kesalahan-kesalahan yang kita lakukan, sekecil apapun.

Kadang-kadang kita butuh refleksi mengenai hal-hal yang sudah kita kerjakan, apakah itu menyangkut pekerjaan, hobi, kompetisi, maupun proyek lainnya yang kita cita-citakan.

Jika kita sudah menemukan alasan dibalik kegagalan kita, maka kita akan memiliki keyakinan baru untuk memulai kembali. Dengan harapan kita tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Pada prinsipnya, ketika kita mengerjakan sesuatu, ada lima alasan kegagalan yang sering terjadi dalam dunia kerja. Berikut 5 penyebab tersebut, dilansir dari Fitnea.com:

1. Gagal Memahami Dasar-Dasar

Kita sering salah berpikir, bahwa kita sudah mengetahu dasar-dasar sesuatu yang sedang kita kerjakan. Kemudian kita melewatkan banyak petunjuk dan hanya terjebak dalam kesalahan yang sama.

Kita sering tertipu sehingga kita salah menilai kemampuan sendiri. Sangat penting untuk membaca semua petunjuk yang bisa membantu pekerjaan atau proyek yang sedang dikerjakan. Kemudian, ambil langkah-langkah kecil untuk membangun dasar atau landasan yang kuat dari pekerjaan atau proyek tersebut.

READ:  Etika Jabat Tangan di Lingkungan Formal

Misalnya, Anda ingin menjadi pelari yang hebat. Namun yang Anda pikirkan hanyalah berlari cepat, tapi melupakan dasarnya, yakni pengaturan pernafasan.

Atau, Anda sedang mengerjakan proposal untuk proyek baru perusahaan. Tapi, Anda hanya berbicara mengenai bagaimana jalannya proyek tersebut, dan kurang mengeksplorasi apa pentingnya proyek tersebut bagi perusahaan.

2. Terburu-buru, Kurang Berpikir

Jika pekerjaan atau proyek tidak dimulai dari dasar, itu merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dimiliki oleh orang yang suka terburu-buru mengerjakan sesuatu karena ingin cepat selesai.

Masalahnya, kecepatan seringkali mengurangi tingkat ketelitian dalam bekerja. Kecepatan memang penting, tapi tak perlu berlebihan. Asal tidak melanggar deadline, perlambatlah pekerjaan demi ketelitian.

3. Tidak Terlatih dan Kurang Konsentrasi

Begitu banyak jam kerja terbuang percuma karena masalah kurang konsentrasi. Anda mengerjakan sesuatu, tapi tidak fokus dan akhirnya kerap melakukan kesalahan.

Bekerja butuh fokus tinggi dan butuh latihan. Bahkan mereka yang paling profesional sekalipun butuh meningkatkan jam terbangnya sebagai bentuk latihan.

Jangan ragu-ragu untuk mengambil kesempatan, tugas atau pekerjaan yang dapat melatih kemampuan Anda.

READ:  5 Motivasi Wirausaha Agar Bangkit dari Kegagalan

4. Frustasi

Banyak orang yang mengizinkan dirinya berlarut-larut dalam rasa stres dan frustasi. Hal ini sangat buruk bagi kehidupan kita. kemarahan meningkatkan adrenalin yang menghilangkan ketenangan dalam bekerja.

Carilah cara untuk mengurangi frustasi. Hal ini bisa dimanajemen, dengan makanan sehat, olahraga, teknik pernafasan, yoga dan konseling.

Kuasai suasana hati Anda dengan cara-cara yang sehat.

5. Melakukan Sesuatu yang Tidak Diinginkan

Melakukan banyak pekerjaan tentunya sangat melelahkan, bahkan kadang-kadang membosankan. Itulah mengapa orang butuh melakukan hal-hal yang disukai. Passion!

Dengan melakukan sesuatu yang kita sukai, kita bisa memiliki kemauan bekerja dan belajar yang lebih kuat. Maju dalam bidang pekerjaan bisa lebih cepat.

Bayangkan jika Anda memilih jurusan pendidikan yang tidak Anda sukai, melakukan olahraga yang tidak Anda sukai atau mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai. Rasanya begitu tertekan.

Bisa saja ada orang yang sanggup bertahan dalam situasi demikian. Tapi, sampai berapa lama?

***

Demikian 5 alasan yang membuat seseorang gagal dalam meningkatkan jenjang karir. Hidarilah 5 hal ini, maka Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan kualitas karir dan hidup Anda.

READ:  Memilih Pekerjaan Yang Cocok Berdasarkan Zodiak

(foto: christianfaithatwork.com)