Yuk Mengenal Beragam Jenis Soto di Indonesia

Soto-SokarajaSoto adalah salah satu makanan khas yang ada di Indonesia, terbuat dari kaldu daging sapi atau ayam yang dicampur sayuran sehingga memiliki cita rasa yang enak dan unik.

Ternyata di Indonesia terdapat setidaknya 7 jenis soto yang telah dikenal luas. Soto ini pada umumnya memiliki cita rasa khasnya masing-masing.

Nah berikut ini adalah ragam jenis soto yang ada di Indonesia :

1. Soto Betawi

Sesuai namanya, soto Betawi berasal dari daerah Jakarta. Soto Betawi dibuat dari jeroan sapi, namun kadang – kadang juga menggunakan organ lainnya seperti torpedo dan  hati. Ciri khas dari soto betawi adalah adanya perpaduan antara rempah – rempah dan santan sebagai  kuahnya.

2. Soto Makassar / Coto Makassar

Di kota Makassar, soto biasanya disebut dengan coto sehingga muncullah istilah coto Makassar. Pembuatan coto Makassar tidak jauh berbeda dengan soto betawi, yakni menggunakan jeroan atau daging sapi yang telah dimasak dalam waktu yang lama. Serta dicampur dengan racikan khusus sebagai kuahnya. Coto Makassar biasanya disajikan bersama dengan ketupat.

READ:  6 Tips Wisata bagi Pelancong Wanita

3. Soto Banjar

Soto Banjar adalah soto khas dari daerah Banjar , Kalimantan Selatan. Soto Banjar dibuat menggunakan daging ayam yang sudah disuir – suir dan ditambahkan dengan perkedel dan telur rebus. Soto banjar mirip dengan soto ayam pada umumnya sebab bumbu soto banjar menggunakan bawang merah, bawang putih, merica tetapi tidak menggunakan kunyit.

Ciri khas yang paling utama dari soto banjar adalah menggunakan daging ayam kampung serta tidak menggunakan  penyedap seperti vetsin. Soto banjar biasanya disajikan bersama sate ayam sebagai menu pendamping.

4. Soto Padang

Soto padang adalah makanan khas yang berasal dari Padang, Sumatra Barat. Makanan berkaldu  ini dibuat dari irisan daging sapi yang sudah digoreng kering, ditambah perkedel kentang dan bihun serta disajikan dalam keadaan masih panas.

Kaldunya menggunakan rempah – rempah seperti bawang merah, bawang putih, merica, jahe, lengkuas, kunit sehingga menghasilkan aroma yang meenyengat di hidung.

5. Soto Madura

Soto Madura adalah soto yang berasal dari Madura, Jawa Timur. Soto ini dibuat dari daging sapi , kentang goreng, telur rebus, dan tauge. Saat disajikan soto Madura ditaburi  daun bawang, daun seledri dan bawang goreng sehingga memiliki rasa dan aroma yang khas.

READ:  Ini Dia Kota Seafood Terbaik di Indonesia

6. Soto ayam Ambengan

Soto ayam Ambengan ini berasal dari Surabaya, Jawa Timur. Yang unik dan berbeda dari soto ini terdapat pada kuahnya yang berwarna lebih kuning pekat karena menggunakan kunir dalam proses pembuatannya.

7. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja adalah makanan khas yang berasal dari Jawa Tengah. Soto Sokaraja terbuat dari daging ayam yang direbus, kemudian dicampur dengan bumbu yang ditumis hingga harum. Yang menjadi ciri khas dari soto sokaraja adalah adanya penggunaan sambal kacang dan ketupat dalam penyajiannya.

**

Itulah 7 jenis soto yang ada di Indonesia, semuanya memiliki keunikan yang berbeda – beda,  sudahkah anda mencoba semua cita rasanya?

(foto : wikiresep.com)