Awasi Penggunaaan 5 Barang Ini pada Anak

Penggunaan Gadget AnakZaman telah berubah. Kini anak tidak lagi jauh berbeda dengan orang dewasa. Anak kecil kini lebih pintar dan lebih mengerti perkembangan teknologi.

Apapun yang diciptakan manusia adalah untuk memudahkan dan membantu manusia itu sendiri. Tetapi, teknologi yang digunakan oleh mereka yang belum mengerti secara utuh untuk apa teknologi itu diciptakan, bisa menjadi boomerang. Salah-salah, Anak Anda bisa menjadi korbannya.

Apa saja barang yang perlu Anda awasi penggunaannya? Mari kita simak:

1. Handphone

Bila dulu handphone hanya dimiliki dan digunakan oleh mereka yang sudah bekerja, kini sudah berganti cerita. Handphone bahkan sudah dimiliki oleh anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

Sebelum Anda memutuskan untuk membelikan anak Anda handphone, tanyakan dulu pada diri Anda: Apakah anak Anda sudah membutuhkannya?

Bila tidak, dikarenakan Anda bisa memastikan keadaan mereka dan mengatur mereka, Anda tidak perlu memberikan mereka fasilitas handphone karena semakin cepat Anak Anda mengerti handphone, semakin banyak informasi yang mereka terima di usia mereka yang belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.

READ:  3 Tips Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak

2. Komputer

Seorang pria di Jepang mengalami serangan jantung mendadak dan meninggal dunia setelah lebih dari 50 jam nonstop bermain game online di internet. Bila anak Anda kecanduan bermain game di komputer, hal tersebut dapat membuat mereka malas belajar dan menjadi pribadi yang anti sosial.

Bila Anda memiliki jaringan internet dan anak Anda yang duduk di bangku Sekolah Dasar sudah bisa mengaksesnya, Anda perlu menemani mereka.

Seperti yang Anda tahu, informasi  di internet sangatlah banyak dan kadang menjebak. Informasi seks yang belum pantas mereka kenal pun kadang muncul di halaman situs yang terlihat aman. Sebab itu, temani Anak Anda tiap kali mereka berselancar di dunia maya.

3. Televisi

Saat ini, tayangan di televisi banyak sekali yang tidak mendidik. Anak-anak disuguhkan dengan drama percintaan yang merusak pola pikir atau adegan kekerasan yang bisa mereka tiru.

Oleh karena itu, jangan berikan fasilitas televisi di kamar Anak Anda karena mereka bisa saja secara tidak sengaja mendapatkan siaran yang belum pantas mereka tonton. Siasati dengan memesan layanan tivi kabel dan pilihlah program yang cocok dengan usia Anak Anda.

READ:  4 Alasan Anda Bisa Mencoba Kencan Online

4.  Sepeda Motor

Sudah bukan pemandangan yang aneh lagi melihat seorang anak di bawah umur mengendarai sepeda motor di jalan raya. Pemandangan tersebut bukanlah satu bentuk keberhasilan orang tua tetapi justru sebaliknya.

Memberi kepercayaan bagi seorang Anak mengendarai motor sama dengan memberikan kesempatan bagi mereka mencelakakan dirinya sendiri dan orang lain.

Secara fisiologis, tubuh anak belum cukup kuat dan seimbang membawa benda besar tersebut dan secara emosional, anak-anak memiliki kesadaran akan bahaya yang sangat rendah. Sehingga, bagi Anda para orang tua berikan Anak Anda kepercayaan mengendarakan sepeda motor di usia yang disarankan yaitu 17 tahun.

5. Game Console

Selain bermain game online, permainan seperti Nintendo, Play Station dan PSP dapat membuat kecanduan. Anak akan sulit tidur, sulit bersosialisasi dan akan malas belajar.

Sangatlah manusiawi bila Anda bahagia memberikan anak Anda sesuatu yang mereka sukai, tetapi Anda perlu membatasinya.

Simpanlah game console Anak Anda di hari senin sampai jumat dan keluarkan hanya di akhir pekan sebagai pengisi waktu libur mereka. Tetapi ingat, berikan batasan waktu untuk bermain antara 2-3 jam perhari.