Rumah, Tempat Aman untuk Melahirkan

Melahirkan di Rumah Dianggap Lebih AmanDetik-detik menjelang kelahiran biasanya menjadi waktu dimana Anda akan menjadi panik, bukan karena datangnya rasa sakit, namun terlebih karena merasa bingung harus melakukan apa dan dimana.

Kelahiran bisa datang kapan saja, Anda harus memutuskan tempat bersalin yang baik dan pastinya aman.

Salah satu pilihan tempat yang dapat menjadi alternatif saat melahirkan adalah rumah.

Dulunya persalinan di rumah hanya dilakukan oleh mereka yang tinggal di pedesaan dan jauh dari jangkauan rumah sakit ataupun rumah bersalin. Sekarang ini, rumah sakit menjadi tempat persalinan pilihan bagi banyak wanita, tetapi tidak sedikit yang lebih memilih melahirkan di rumah dengan alasan kenyamanan.

Aman dan Nyaman

Beberapa wanita menyadari bahwa rumah menjadi tempat yang lebih nyaman dan santai untuk melahirkan. Akan tetapi, amankah untuk melahirkan di rumah?

Anda tidak perlu khawatir jika ingin melahirkan bayi Anda di rumah. Karena melakukan persalinan di rumah rupanya juga cukup aman dan bahkan dianggap lebih aman dibandingkan jika melahirkan di rumah sakit.

READ:  Tips Membeli Rumah Pertama Anda

Masalah Biaya

Di beberapa negara, banyak kelahiran yang dilakukan di rumah. Bahkan kebanyakan wanita di Amerika Serikat lebih memilih untuk melahirkan di rumah. Hal ini disebabkan karena para wanita sepertinya menginginkan persalinan dengan intervensi medis yang rendah.

Persalinan yang dilakukan di rumah akan memiliki kemungkinan yang kecil untuk operasi sesar. Selain itu biaya juga menjadi salah satu faktor yang membuat wanita lebih memilih untuk melakukan persalinan di rumah.

Memilih Bidan Berpengalaman

Anda perlu bantuan bidan yang bersertifikat yang telah diakui keahliannya. Jangan sampai bidan tersebut belum memiliki banyak pengalaman dalam hal persalinan. Pastikan bidan untuk menyiapkan penanganan yang nyaman dan peralatan yang lengkap.

Dukungan Orang Terdekat

Teknologi canggih yang disediakan di berbagai rumah sakit ataupun rumah bersalin dengan pengobatan modern dulunya dianggap sebagai cara paling aman untuk melahirkan. Tersedia berbagai obat penenang dan penghilang rasa nyeri bila sewaktu-waktu dibutuhkan. Namun melahirkan di rumah akan membuat Anda merasa lebih santai.

Anda bisa lebih leluasa mendapat dukungan dari orang-orang terdekat seperti suami dan anak-anak. Lingkungan yang berbeda tentunya sangat berpengaruh terhadap kenyamanan persalinan Anda. Para wanita menganggap bahwa persalinan di rumah adalah salah satu cara alami untuk menyambut kedatangan bayi mereka.

READ:  Waspadai Wasir Paska Melahirkan

Kehamilan Sehat dan Berisiko Rendah

Namun meskipun melahirkan di rumah juga dianggap aman, hal tersebut belum menjadi sesuatu yang umum untuk dilakukan di Indonesia. Masih terdapat banyak pro dan kontra yang berkaitan dengan perihal ini.

Melahirkan di rumah biasanya dilakukan oleh wanita yang memiliki kehamilan yang sehat dan berisiko rendah, serta wanita yang sudah pernah melahirkan sebelumnya. Selain itu kehamilan kembar tidak disarankan untuk melakukan persalinan di rumah.

**

Maka dari itu, Anda perlu mempertimbangkan dengan baik tempat dimana Anda ingin melakukan persalinan. Hal ini tentunya akan menjadi sesuatu yang Anda kenang seumur hidup. Entah itu rumah sakit, rumah bersalin ataupun rumah Anda sendiri, pilihlah tempat yang dapat membuat Anda merasa lebih tenang, buatlah pengalaman tak terlupakan dalam proses persalinan Anda.

Karena ketika melahirkan seorang bayi, wanita juga terlahir kembali sebagai seorang ibu. Kelahiran akan mengajarkan hal-hal baru tentang diri kita, dan anak kita.

(foto: sheknows.com)