Cara Mudah Membuat Susu Kedelai Bubuk Rasa Pisang yang Enak dan Bermanfaat

Loading...

susu kedelai bubuk rasa pisangSuka dengan susu kedelai? Minuman enak kaya manfaat tersebut kini tidak hanya bisa Anda nikmati dalam bentuk cairan saja lho.

Kini Anda bisa membuat susu kedelai dalam bentuk bubuk yang bisa Anda tambahkan rasa yang Anda sukai dan tentunya akan jadi lebih tahan lama dan berbeda.

Yuk kita belajar membuat susu kedelai bubuk dengan rasa pisang yang kaya manfaat!

Resep Susu Kedelai Bubuk Rasa Pisang

Bahan – bahan:

Yang Anda butuhkan hanyalah 1 kg kedelai dan 5 buah pisang sunrise.

Cara Membuatnya :

  1. Cuci bersih kedelai dengan air dan rendamlah di dalam air bersih selama kurang lebih 8-10 jam.
  2. Saringlah dan rebus kedelai tersebut di dalam panci berisi air panas selama 50 menit atau hingga kulit bagian luarnya terkelupas.
  3. Saringlah kembali kedelai tersebut kemudian blender kedelai dengan pisang hingga halus dan bercampur rata.
  4. Saringlah campuran yang telah diblender tersebut hingga sari-sarinya terpisah kemudian panaskan sari-sari kedelai tersebut di atas api kecil hingga mengering dan menjadi padat.
  5. Setelah menjadi padat, dinginkan dan simpan di dalam wadah.
  6. Jika ingin menikmatinya, seduhlah dengan air panas dan berikan tambahan gula jika Anda menginginkannya.

Nah, mudah sekali kan membuat susu kedelai bubuk yang enak dan sehat? Jika ingin rasa yang lain, tentu saja Anda bisa mengganti buah pisang dengan buah kesukaan Anda.

Manfaat Susu Kedelai Bubuk Rasa Pisang

Selain enak, susu kedelai bubuk rasa pisang memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan, yaitu:

1. Membantu Pertumbuhan dan Perbaikan Sel

Kedelai mengandung banyak sekali protein yang berguna untuk mempercepat proses pertumbuhan tubuh, memperbaiki jaringan atau sel yang rusak dan meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Menguatkan Tulang

Kedelai mengandung kadar protein yang cukup tinggi sehingga sangat baik untuk pertumbuhan  tulang dan melancarkan peredaran darah.

3. Mencegah Stroke dan Obesitas

Kedelai mengandung senyawa yang disebut dengan isoflavon yang berguna untuk mencegah stroke, obesitas dan serangan jantung. Selain itu isoflavon dikenal sebagai penangkal radikal bebas yang dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan bahkan mencegah tumbuhnya sel-sel kanker.

4.  Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Kedelai mengandung polisakarida yang berguna untuk menekan kadar glukosa yang secara alami membantu menurunkan kadar gula dalam darah sehingga baik untuk penderita diabetes.

5. Lebih Baik Dari Susu Sapi

Beberapa keunggulan yang dimiliki susu kedelai daripada susu sapi adalah: susu kedelai tidak mengandung kolesterol, memiliki protein 11 kali lipat lebih besar daripada susu sapi, berupa protein nabati, memiliki kalsium 3 kali lebih tinggi daripada susu sapi, cocok bagi Anak yang memiliki alergi susu sapi, mengandung saponin yang dapat mengurangi resiko kanker.

6. Melancarkan Pencernaan dan Buang Air Besar

Anda mengalami sembelit, perut kembung dan susah buang air besar? Anda dapat mengonsumsi susu kedelai untuk mendapatkan manfaat serat dan melancarkan pencernaan Anda serta mengatasi masalah sembelit yang terjadi pada Anda.

7. Kandungan Nutrisi Dalam Sebutir Kacang Kedelai

Nutrisi yang terdapat dalam sebutir kacang kedelai adalah karbohidrat 15%, protein 38%, asam lemak tak jenuh 18%, air 10% dan serat 15%. Kandungan nutrisi tersebut sangat kaya dan baik bagi tubuh.

**

Demikian artikel dan informasi yang dapat kami bagikan untuk Anda. Silahkan mencoba resep di atas dan nikmati susu kedelai bubuk lezat yang menyehatkan.