8 Bumbu Dapur Mujarab Atasi Penyakit

manfaat bumbu dapurKetika sakit menyerang anda, biasanya apa yang anda lakukan? Tentu biasanya anda langsung membuka kotak obat mencari-cari apakah obat yang anda butuhkan tersedia atau tidak. Kalau tidak ada anda pun bergegas langsung pergi ke apotek untuk membeli obat.

Namun pernahkah terlintas di pikiran anda ketika sakit untuk pergi ke dapur dan mencari bumbu dapur? Anda mungkin bertanya-tanya, sakit kok malah pergi ke dapur ?

Eits tunggu dulu, bumbu dapur yang selama ini anda gunakan hanya untuk memberikan rasa pada makanan anda ternyata memiliki manfaat sebagai obat herbal lho.

Loading...

Mau tahu apa saja bumbu dapur tersebut beserta manfaatnya? Berikut ini 8 bumbu dapur ajaib yang bermanfaat bagi kesehatan yang dikutip dari prevention.com:

1. Kunyit

Kunyit biasa anda kenal sebagai bumbu utama pada kari. Kunyit memiliki khasiat untuk mengobati rasa mulas pada perut. Kunyit sebagai herbal dengan rasa yang agak pahit membantu menstimulasi aliran pencernaan, menggerakkan makanan dan mencegah peningkatan asam.

Jika konsumsi kunyit dirasa kurang membantu mengobati mulas maka anda dapat mencoba dua atau tiga kapsul kunyit yang biasanya tersedia di toko makanan sehat, dan anda dapat mengonsumsinya sebelum makan.

READ:  6 Tips Hidup Sehat bagi Penderita Hipertensi

2. Rosemary

Rosemary adalah bumbu dapur yang terkenal akan manfaatnya sebagai obat. Salah satunya adalah untuk mengobati sakit kepala.

Rosemary membantu pembuluh darah melebar dan dapat mengatasi sakit kepala. Gunakan 1 sendok teh Rosemary untuk 1 cangkir air panas, tutup, lalu rendam selama 10 menit. Saring lalu minumlah sedikit demi sedikit tiga kali sehari.

3. Jahe

Jahe selain dapat menghangatkan tubuh ternyata juga dapat mengobati sakit kepala. Jahe mencegah zat bernama thromboxane A2, di mana zat ini menghalangi pelepasan zat yang dapat membantu pembuluh darah melebar. Dengan kata lain, jahe dapat menjaga agar darah mengalir secara stabil, yang sangat penting dalam pencegahan migrain.

Untuk penyembuhan cepat pada rasa nyeri, anda dapat memarut jahe segar sampai menjadi jus, anda juga dapat menggunakan jahe segar ataupun jahe bubuk ketika memasak, atau anda juga tinggal menggigit sepotong atau dua potong dari permen jahe setiap hari. Selain itu, jahe juga baik untuk detoksifikasi.

4. Daun Thyme

Apabila sinus anda mengeluarkan cairan yang bening ataupun berwarna putih maka anda akan membutuhkan herbal yang kering dan hangat seperti daun thyme. Herbal ini merupakan antiseptic kuat dan merupakan bagian dari pengobatan tradisional untuk mengatasi infeksi saluran pernafasan.

READ:  Cara Efektif Mengatasi Panas pada Bayi setelah Imunisasi

Anda dapat meminum teh daun thyme yang dibuat dengan cara merendam 1 sampai 2 sendok teh daun thyme kering ke dalam secangkir air lalu rebus selama 10 menit dan anda dapat meminumnya tiga kali sehari.

5. Peppermint

Anda dapat mendinginkan efek dari gigitan dan sengatan dengan peppermint. Setetes minyak esensial peppermint dapat anda usapkan ke pusat gigitan atau sengatan.  Hal ini dapat memberikan efek lega yang cepat dan tahan lama.

Peppermint mendinginkan gigitan sehingga Anda tidak merasa seperti harus menggaruk dan peppermint juga meningkatkan aliran darah ke daerah gigitan atau sengatan, yang membantu menghilangkan racun dengan cepat. Dengan demikian bengkak dan gatal akan berkurang.

Cuci tangan anda setelah menggunakannya, dan jangan gunakan minyak esensial di dekat mata Anda karena dapat menyebabkan iritasi. Jangan gunakan pada gigitan laba-laba atau ular berbisa, karena hal ini memerlukan perhatian medis segera mungkin.

6. Cengkeh

Cengkeh bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit pada sakit gigi. Gosokkan setetes minyak esensial cengkeh langsung ke daerah yang sakit. Jika anda tidak memilikinya, maka anda dapat meletakkan cengkeh pada lokasi gigi anda yang sakit.

READ:  7 Bumbu Penyedap Alami untuk Masakan

7. Wijen

Biji wijen memiliki 7 kandungan senyawa pengurang rasa sakit. Cara penggunaannya rebus biji wijen dan air dengan perbandingan 1:3 dan rebus hingga cairannya tersisa setengahnya. Dinginkan lalu gunakapada gigi yang sakit.

8. Kayu Manis

Untuk menghilangkan rasa menggigil dari pilek dan mengobati diri anda, anda dapat membuat ramuan tradisional dari rempah-rempah obat.

Anda dapat membuatnya dengan menggunakan 1 batang kayu manis lalu campurkan 1 ons irisan jahe segar , 1 sendok teh biji ketumbar, 3 biji cengkeh, 1 irisan lemon, dan 1 liter air. Upayakan agar dididihkan selama 15 menit dan saring. Kemudian minum secangkir dalam keadaan hangat setiap 2 jam.

***

Itulah 8 bumbu dapur yang dapat anda gunakan sebagai solusi cepat dari dapur untuk mengobati penyakit yang anda alami. Semoga bermanfaat.

(foto: cafezupas.com)