5 Ramuan Tradisional Alami untuk Mengatasi Batuk

menyembuhkan batukBatuk tentunya akan mengganggu aktivitas keseharian Anda, konsentrasi akan buyar setiap kali Anda batuk.

Sebenarnya batuk bukanlah suatu penyakit, batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan.

Entah itu akibat makanan, asap, lendir, debu atau lain sebagainya. Dengan kata lain, batuk adalah cara tubuh mengeluarkan benda asing seperti lendir dalam tenggorokan.

Ada beberapa obat tradisional alami untuk mengatasi batuk yang dapat Anda buat dengan mudah di rumah:

Teh Bawang Putih

Bawang putih telah dikenal sebagai penguat sistem kekebalan tubuh manusia, bawang putih sangat efektif sebagai ramuan antibakteri dan antivirus untuk memerangi batuk, pilek dan flu. Salah satu cara terbaik untuk mengambil keuntungan dari manfaat penyembuhan dengan bawang putih ini adalah dengan mengkonsumsi teh bawang putih segar.

Kupaslah 2 atau 3 siung bawang putih segar kemudian hancurkan dengan menekannya menggunakan sisi pisau yang lebar. Masukkan bawang tersebut ke dalam panci, lalu tambahkan 2 cangkir air. Didihkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu saring bawang putih dan biarkan teh mendingin. Tambahkan madu dan sejumput kecil cabe rawit serta perasan jeruk lemon ke dalam teh.

Minuman teh bawang putih pun siap untuk Anda hidangkan. Obat tradisional alami ini sangat manjur untuk mengatasi batuk yang Anda derita.

Sirup Bawang Merah Dan Madu

Ini adalah salah satu obat tradisional alami yang dapat Anda buat di rumah untuk mengatasi batuk pada orang dewasa dan anak-anak. Bahan utama yang harus Anda siapkan untuk membuat ramuan ini adalah gula merah, madu murni dan bawang merah. Campuran lezat yang akan membuat Anda merasa tenang dan terhindar dari batuk.

Ambillah beberapa siung bawang merah, cuci kemudian kupas dan iris secara horizontal. Letakkan dalam sebuah mangkuk, dimulai dari irisan dasar bawang merah, setelah itu tambahkan madu murni dan gula merah. Masukkan kembali irisan bawang, madu murni serta gula merah secara bergantian. Setelah itu tutup mangkuk dan diamkan selama 12 hingga 15 jam atau semalaman.

Keesokan harinya, campuran tersebut akan menjadi sirup manis. Sirup tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi batuk karena mengandung berbagai nutrisi, vitamin dan mineral yang berasal dari bawang merah dan madu untuk membantu melawan infeksi dan menenangkan tenggorokan. Sirup ini tidak memiliki rasa bawang sama sekali.

Anda bisa mengganti gula merah dengan gula stevia, gula herbal alami yang juga sehat dan sangat efektif untuk ramuan ini. Namun gula stevia ini rasanya terlalu manis.

Madu Murni Dan Lemon

Campuran jus lemon segar dengan madu murni dapat memberikan efek menenangkan bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan, serta dapat membantu menghentikan gatal yang merangsang batuk.

Madu murni memiliki kandungan nutrisi dan enzim yang mampu membunuh bakteri dan virus. Vitamin C dan antioksidan yang ditemukan dalam lemon segar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda serta mempercepat proses penyembuhan.

Anda bisa membuat obat tradisional ini dengan mencampurkan jus lemon dengan 2 atau 3 sendok makan madu. Setelah itu Anda bisa meminumnya sepanjang hari sesuai dengan kebutuhan.

Teh Daun Mullei

Mullein atau daun herbal telah dikenal mampu mengatasi batuk, pilek dan flu. Daun ini bertindak sebagai ekspektoran pada batuk berdahak, membebaskan lendir yang terjebak dan menenangkan sakit tenggorokan.

Anda bisa membuat teh mullein dengan menumbuk beberapa daun yang telah dikeringkan. Setelah itu, saring teh dan seduh dengan secangkir air mendidih selama 10 menit. Anda bisa menambahkan pemanis seperti madu murni sesuai yang Anda butuhkan. Obat ini sangat efektif untuk meringankan gejala batuk dan pilek.

Sup Ayam untuk Melawan Batuk

Sup ayam dapat bertindak sebagai obat alami untuk mengalahkan batuk, pilek atau flu dan mempercepat penyembuhan. Sejak berabad-abad yang lalu, sup ayam telah dianjurkan untuk dikonsumsi mereka yang menderita batuk dan pilek.

Obat ini dapat meringankan beberapa gejala batuk dan pilek karena dianggap memiliki sifat antioksidan dan nutrisi yang tinggi di dalamnya. Namun, Anda harus benar-benar memilih ayam organik untuk membuat sup ayam. Seperti yang telah diketahui, ayam organik memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam non-organik.

**

Itulah 5 obat alami terbaik yang dapat membantu Anda untuk mengatasi batuk. Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat kimia, ada baiknya untuk mencoba terlebih dahulu beberapa obat alami di atas.

Dengan obat alami tersebut, Anda tidak perlu khawatir terhadap efek samping apapun yang dapat merusak kesehatan tubuh. Jika Anda telah mengkonsumsi obat alami namun batuk Anda tidak berhenti, segeralah konsultasikan dengan dokter sebelum batuk Anda semakin parah.

(foto: womenshealthmag.com)

Topik Terkait: , , , ,

Berikan Komentar