Ini dia 5 Makanan Beku yang Akan Menjadikan Anda Lebih Sehat

Loading...

makanan bekuMungkin anda sempat berburuk sangka dengan makanan beku yang ada di kulkas anda. Namun ada juga makanan yang tersimpan di kulkas anda yang menyehatkan lho. Livestrong.com menyebutkan beberapa makanan tersebut.

Makanan dan nutrisi yang ditemukan dalam isi kulkas anda dapat memiliki efek yang jauh lebih besar pada kesehatan Anda daripada resep obat-obatan yang anda miliki. Pada intinya, kulkas anda bisa jadi adalah apotek tepat di rumah anda sendiri.

Program Pencegahan Diabetes, sebuah studi penelitian klinis berskala besar yang menangani masalah diet dan perubahan gaya hidup, melawan terhadap penggunaan obat dalam mencegah diabetes tipe 2, hal ini semakin jelas menunjukkan kekuatan dari nutrisi.

Orang-orang dalam penelitian ini yang melakukan diet dan menjalani konseling gaya hidup mengalami hampir dua kali pengurangan risiko diabetes daripada mereka yang memakai obat diabetes. Perbedaan ini begitu besar sehingga para peneliti menghentikan penelitian lebih awal.

Namun dalam jajaran makanan yang sehat dan bergizi, terdapat beberapa pilihan menonjol bak superstar, dengan efek yang berpotensi kuat dan beragam pada kesehatan Anda dan anda pun tidak memerlukan resep obat.

Makanan beku yang menjadikan Anda lebih sehat adalah:

1. Salmon

Salmon merupakan sumber makanan potensial yang berperan bagi jantung sehat dengan lemak omega-3 EPA dan DHA yang dimilikinya. Salmon merupakan pilihan ikan yang cerdas karena mengandung tingkat merkuri yang rendah.

READ:  Keracunan Makanan? Coba Obat Rumahan Ini!

EPA dan DHA memiliki efek mendalam pada kesehatan jantung, mulai dari tingkat trigliserida menurun (yakni merupakan faktor risiko independen untuk penyakit jantung), dan untuk mengurangi risiko kematian mendadak akibat serangan jantung dengan persentase hampir 50 persen.

Salmon bisa menjadi sumber protein serbaguna dan sumber omega-3 dalam diet Anda. Nikmati salmon asap sebagai camilan atau telur dadar. Anda juga dapat memilih untuk memanggang atau merebus salmon filet untuk makan siang atau makan malam. Dan jika Anda berada dalam keadaan darurat, salmon kaleng bisa jadi sumber portabel yang dapat Anda tambahkan ke salad.

2. Blueberry

Blueberry adalah salah satu dari sejumlah buah-buahan dengan asal-usulnya di Amerika Utara. Sebuah berry dengan sejarah panjang, para peneliti memperkirakan bahwa blueberry telah ada selama 13.000 tahun.

Blueberry adalah bahan baku yang telah lama digunakan oleh pemburu asli Amerika, yang digunakan untuk tujuan gizi dan obat. Blueberry juga telah ditunjukkan untuk melawan pembunuh berdarah dingin di Amerika yakni tekanan darah tinggi.

Dengan memakan setara dengan 2 cangkir blueberry setiap hari selama delapan minggu dapat menurunkan tekanan darah sebesar 6 persen, menurut sebuah studi pada tahun 2010 “The Journal of Nutrition.” Blueberry, seperti raspberries, hanya bernutrisi segar ketika mereka dibekukan.

READ:  Alpukat, Buah Serbaguna yang Kaya Manfaat

3. Brokoli

Mungkin Anda ingat brokoli sebagai salah satu makanan yang orang tua anda paksakan untuk dimakan. Ternyata orangtua anda benar akan suatu hal: brokoli bisa dibilang sebagai salah satu makanan paling bergizi yang dapat makan.

Brokoli memiliki kandungan karbohidrat yang rendah, tinggi serat, sehingga sangat sempurna untuk menurunkan berat badan.

Selain itu, brokoli mengandung dua senyawa – indole-3-carbinol dan diindolylmethane – dengan kemampuan anti-kanker yang kuat, terutama efektif melawan kanker payudara, prostat, dan ovarium. Segar atau beku, mentah atau dimasak – itu tampaknya tidak terlalu berpengaruh, yang penting anda memakannya. Jadi makanlah brokoli dan turuti orangtua anda.

4. Telur Omega 3

Telur omega-3 adalah telur dengan versi nutrisi yang lebih tinggi dari telur biasa yang anda makan. Dengan ayam yang diberi pakan yang kaya akan omega-3, telur yang dihasilkan memiliki kandungan omega 3 yang lebih banyak.

Satu telur omega-3 dapat mengandung 150 miligram lemak DHA omega-3, lemak yang penting untuk fungsi otak yang optimal.

Cobalah buat telur orak-arik dengan dua atau tiga butir telur omega-3 dengan tambahan sedikit keju cheddar rendah lemak, setengah tomat yang dipotong dadu dan satu daun bawang cincang. Siap sajikan.

READ:  Aplikasi Kebugaran Yang Harus Anda Miliki Di iPhone

5. Bayam

Bayam memiliki spektrum nutrisi yang luas. Bayam mengandung 18 vitamin dan mineral yang berbeda, mulai dari zat besi sampai vitamin A.

Anda juga dapat mengonsumsi baby spinach yang memiliki rasa manis dan lebih empuk dibandingkan bayam biasa. Bayam merupakan bahan serbaguna, jadi jangan membatasi kreasi masakan pada salad.

Isi telur dadar dengan bayam layu dan keju feta untuk sarapan penuh nutrisi. Anda dapat dengan mudah meningkatkan jumlah porsi sayuran dalam hari Anda dengan menambahkan beberapa bayam bayi untuk smoothie karena baby spinach memiliki rasa ringan yang menyatu dengan baik dengan buah yang dicampurkan di sebagian besar smoothie.

***

Itulah 5 bahan makanan yang dapat menjadikan anda lebih sehat. Oleh sebab itu segera isi kulkas anda dengan bahan-bahan makanan tersebut. Selain enak juga bergizi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

(PHOTO by Morgaine from FLICKR.com)