Jauhi 6 Jenis Makanan Ini Selama Menstruasi!

Loading...

nyeri haidPerempuan selalu mengalami siklus bulanan atau yang lebih dikenal dengan menstruasi. Selama periode itu, suasana hati terkadang menjadi tidak stabil.

Beberapa wanita bahkan seringkali mengalami depresi ringan saat menjelang menstruasi. Hal ini tentu saja akan membuat orang-orang disekitar Anda menjadi tidak nyaman.

Selama periode menstruasi, wanita akan merasakan sejumlah gejala tidak menyenangkan seperti kram, nyeri dan sakit kepala akibat kontraksi rahim.

Hampir setengah wanita mengalami dismenore, istilah medis untuk nyeri yang dirasakan selama periode menstruasi. Namun sebenarnya hal tersebut dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan selama siklus menstruasi jika Anda mengkonsumsi jenis makanan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda jauhi selama menstruasi:

Makanan dengan Kadar Gula yang Tinggi

Sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak makanan dengan kandungan gula yang tinggi seperti permen, soda atau saffron selama periode menstruasi Anda. Mengapa?

Karena gula darah dalam tubuh Anda akan meningkat ketika mengkonsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Saat gula darah dalam tubuh Anda tiba-tiba turun, hal tersebut dapat membuat Anda merasa kesal, rewel dan lesu.

READ:  Cara Terbaik Memerangi Nyeri Saat Haid

Makanan yang Mengandung Kafein

Hindari makanan apapun yang mengandung kafein saat Anda sedang dalam masa menstruasi. Hal ini disebabkan karena kafein memiliki efek yang mampu menyempitkan pembuluh darah Anda.

Ketika pembuluh darah Anda mengalami penyempitan, maka dehidrasi tidak dapat terhindarkan. Dehidrasi tersebut dapat menyebabkan sakit kepala dan timbulnya depresi ringan.

Jadi sebaiknya hindari kopi dan makanan yang mengandung kafein selama periode menstruasi Anda.

Makanan yang Dipanggang

Selama periode menstruasi, sebaiknya jauhi makanan yang dipanggang. Ini merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi bahkan menghilangkan kram dan rasa nyeri saat menstruasi.

Dalam makanan yang dipanggang, terdapat lemak trans dalam jumlah yang besar. Hal tersebut dapat meningkatkan kadar estrogen penyebab rasa sakit pada rahim Anda. Jadi, hindari makanan yang dipanggang saat Anda sedang menstruasi.

Makanan Kaleng dan Olahan

Jenis makanan lainnya yang sebaiknya Anda jauhi saat menstruasi adalah makanan kaleng atau olahan. Dalam setiap makanan kaleng, selalu terdapat sodium di dalamnya.

Sementara, sodium harus Anda hindari karena dapat menyebabkan retensi air sehingga membuat tubuh Anda membengkak. Jadi sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan kaleng dan olahan yang mengandung MSG.

READ:  Tips Membuat Anak Berhenti Menghisap Jempol

Makanan Gorengan

Jenis makanan apapun yang digoreng tentunya akan mengandung kadar lemak yang tinggi, salah satu penyebab yang dapat meningkatkan kadar estrogen. Makanan seperti pisang, kentang, bakwan ataupun ayam yang digoreng sebaiknya Anda jauhi selama menstruasi untuk menjaga agar kadar estrogen Anda tetap stabil.

Dengan menghindari makanan gorengan, Anda bisa mengatasi kram serta nyeri pada perut. Sebaiknya gunakan minyak sayur jika ingin menggoreng makanan.

Biji-bijian Olahan

Biji-bijian asli akan kehilangan sebagian besar nutrisi yang dikandungnya saat menjalani proses pengolahan, yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak stabil sehingga berpengaruh besar terhadap nafsu makan Anda.

**

Selama periode menstruasi, kebanyakan wanita mengalami gejala-gejala melelahkan yang dapat menguras fisik. Hal ini diakibatkan karena kurangnya asupan nutrisi yang tepat.

Oleh karena itu pemilihan makanan yang tepat dapat sangat bermanfaat dalam mengurangi dismenore ini.