Hindari Menyimpan 5 Jenis Makanan Ini Dalam Kulkas

cara menyimpan makanan dalam kulkasSaat membuka kulkas Anda pasti mengharapkan bau yang menyegarkan keluar dari kulkas, bukannya bau aneh yang akan membuat sakit kepala saat menciumnya.

Kebanyakan dari kita salah menggunakan manfaat dari kulkas. Anda akan menyimpan berbagai macam jenis bahan makanan, minuman sampai makanan yang telah diolah dan lebih tertuju pada arah mengawetkan makanan itu sendiri.

Perlu Anda ketahui menyimpan makanan atau menumpuknya dalam satu wadah akan menyebabkan timbulnya beberapa jenis bakteri walaupun kulkas Anda memiliki system canggih yang dapat menghilangkan bakteri tersebut.

Mau tahu jenis bahan makanan apa saja yang dapat membuat kulkas beraroma tidak sedap? Berikut kami bagikan untuk Anda.

1. Tomat

Biasanya orang-orang menganggap menyimpan tomat dalam kulkas akan mencegahnya dari pembususkan atau lebih awet saat menyimpannya dalam kulkas.

Perlu diketahui, kulkas bukan tempat yang ideal untuk menyimpan tomat. Jika Anda menyimpan tomat dalam kulkas akan membuatnya lebih cepat berjamur dan penyok.

Karena itu, lebih disarankan untuk Anda menggunakannya langsung saat tomat masih dalam keadaan segar atau menyimpan tomat dalam wadah tersendiri yang terhindar dari sinaran matahari langsung.

READ:  7 Makanan yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Kulkas

2. Daun Ketumbar

Sama halnya dengan tomat, daun ketumbar juga sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas. Anda dapat menyimpannya dengan tomat sebagai salah satu cara atau menyimpan daun ketumbar yang telah dipotong terlebih dahulu di meja makan Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menyimpannya dalam plastik yang kedap udara atau letakkan dalam gelas yang berisi air untuk membuat daun ketumbar tetap segar.

3. Kentang

Untuk jenis bahan makanan satu ini sebaiknya disimpan dalam suhu 45 derajat F , yaitu sekitar 10 derajat lebih hangat dari rata-rata suhu kulkas.

Zaman dulu, kentang lebih dipilih untuk disimpan di dalam gudang bawah tanah karena suhunya lebih sejuk dan gelap. Suhu seperti ini sangat cocok untuk tumbuhan yang tumbuh dari akar seperti halnya dengan umbi-umbian.

Simpan kentang dalam plastik atau kantong untuk menghindarkan dari proses pembusukan.

4. Bawang

Untuk bumbu dapar berikut ini lebih cocok dengan suhu ruangan rumah Anda karena memiliki suhu yang hampir sama dengan tanah saat bawang tersebut tumbuh, bukannya disimpan tempat lembab seperti kulkas.

READ:  Berapa Banyak Tidur yang Dibutuhkan Anak Anda?

Selain itu,  kurangnya sirkulasi udara pada kulas akan menyebabkan bawang cepat rusak.

Jauhkan dari tempat penyimpanan kentang karena saat Anda menyimpannya di samping kentang maka  uap air dan gas yang keluar akan membuat bawang lebih cepat menciut dan tidak dapat digunakan lagi.

5. Alpukat

Jenis buah satu ini dapat dikatakan berbeda dari jenis buah lain. Biasanya buah-buahan seperti apel atau jeruk sangat enak dikonsumsi dalam keadaan dingin maka lain halnya dengan buah satu ini.

Saat Anda membeli alpukat yang masih dalam keadaan mengkal, sebaiknya jangan menyimpannya dalam kulkas karena akan memperlambat proses pemasakan.

Di sisi lain, jika Anda membeli alpukat yang telah matang  dengan sempurna maka akan memberikan keuntungan untuk Anda saat menyimpannya dalam kulkas karena akan menjaga alpukat tetap awet sampai Anda akan mengolahnya untuk dikonsumsi.

**

Demikian beberapa bahan makanan yang sebaiknya Anda hindari untuk menyimpannya dalam kulkas.

Kulkas adalah tempat pengawetan sementara untuk beberapa jenis makanan tertentu, karena itu jangan tinggalkan makanan terlalu lama di dalam kulkas untuk menghindari terjadinya pembusukan bakteri dari beberapa jenis makanan. Disamping akan memberikan bau tak sedap, juga akan mencemari makanan lainnya.

READ:  4 Aturan MPASI yang Wajib Diketahui Orang tua

Semoga bermanfaat.