Inilah 8 Alergi Teraneh yang Pernah Ada!

alergi anehAlergi adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh reaksi berlebihan tubuh terhadap pemicu yang disebut dengan alergen.

Contoh alergen banyak sekali misalnya debu, bulu binatang, cuaca dingin atau seafood.

Sekitar 50 juta orang di Amerika Serikat menderita alergi. Tetapi ada sedikit kasus dimana tubuh bereaksi berlebihan terhadap pemicu yang tidak lazim.

Apa sajakah 8 alergi teraneh di dunia? Mari kita simak berikut ini:

1. Alergi Sepatu

Jika Anda kerap kali mengalami bercak kemerahan diiringi rasa gatal pada permukaan kaki Anda setelah memakai sepatu, maka kemungkinan besar Anda memiliki alergi pada sepatu.

Hal ini terjadi pada sepatu kulit yang menggunakan senyawa kimia dalam proses pewarnaan. Solusinya adalah dengan menggunakan kaus kaki atau menggunakan sepatu selain dari bahan kulit.

2. Alergi Air

Semua makhluk hidup termasuk manusia memerlukan air untuk tetap hidup. Tetapi setidaknya ada 1 : 23.000.000 orang di seluruh dunia yang mengalami reaksi alergi di tubuh mereka setelah terkena air.

Oleh sebab itu mandi dapat menjadi  kegiatan yang menyakitkan bagi mereka yang memiliki alergi seperti ini. Tidak hanya mandi, berkeringat pun dapat membuat ruam merah di kulit muncul disertai rasa gatal. Reaksi ini biasanya muncul selama 2 jam.

READ:  Kenali Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

3. Alergi Ciuman

Sebenarnya alergi ini disebabkan oleh lipstick, bedak atau air liur pasangan Anda ketika berciuman.

Seorang gadis di Amerika mengalami mual-mual setelah berciuman dengan kekasihnya. Setelah diselidiki sebelum berciuman sang pria memakan kacang dan sang gadis alergi terhadap segala jenis kacang-kacangan.

4. Alergi Aliran Listrik

Mereka yang menderita alergi ini adalah mereka yang mengalami reaksi saat menggunakan microwave atau komputer.

Reaksi yang dirasakan adalah pusing, telinga berdengung dan rasa mual. Meski demikian, alergi jenis ini tidak berbahaya dan kasusnya sangat sedikit sekali di dunia ini.

5. Alergi Sentuhan

Alergi terhadap sentuhan disebut juga dengan dermatographia. Penyakit tidak berbahaya ini menyerang 2-5% populasi di seluruh dunia. Mereka yang mengidap alergi jenis ini sangat sensitif dengan tekanan atau sentuhan pada kulit mereka.

Oleh sebab itu bila seseorang menuliskan huruf pada kulit penderita dermatographia menggunakan jari mereka, huruf tersebut bisa menjadi bentol yang muncul ke permukaan kulit.

6. Alergi Kayu

Sebagian kecil manusia di bumi memiliki alergi terhadap kayu, baik itu pada jenis kayu tertentu atau pada serbuk kayu. Mereka akan mengalami rasa gatal dan terbakar di kulit disertai iritasi.

READ:  5 Tips Melawan Alergi Dingin

Bagi mereka yang tingkat alerginya sudah parah, bahkan alergi mereka bisa muncul saat mereka memegang pensil atau kertas.

7. Alergi Handphone

Seiring dengan pesatnya penggunaan handphone, para dokter semakin sering menemukan alergi kulit di sekitar wilayah pipi, telinga dan leher para pengguna handphone. Meski demikian sebenarnya alergi ini bukan disebabkan oleh handphone tersebut melainkan disebabkan oleh kandungan nikel yang digunakan pada layar, tombol atau headset.

Selain nikel, gelombang elektromagnetik yang dihasilkan oleh handphone bisa juga menyebabkan reaksi alergi pada kulit Anda.

8. Alergi Uang

Bila tangan Anda gatal setelah mengenggam uang koin, maka Anda termasuk alergi pada nikel yang merupakan bahan yang sangat banyak terdapat pada uang, retsleting dan kacamata.

Cara mecegah terjadinya reaksi adalah dengan menjauhi benda yang mengandung nikel dan atasi dengan meminum antihistamin.

(foto: naturallyfreerd.com)