5 Benda yang Dapat Menjadi Kuno dan Antik!

Loading...

Mobil-antikTahukah Anda bahwa tidak selamanya benda tua dan kuno hanya akan berakhir menjadi benda rongsokan yang tidak berguna?

Banyak sekali benda yang justru nilainya meningkat seiring dengan bertambahnya usia barang tersebut. Bisa saja benda tua yang ingin Anda buang ternyata memiliki nilai intrinsik yang  diburu para kolektor.

Apa saja ya benda yang dapat bertambah nilainya padahal sudah menjadi tua atau antik? Yuk kita cari tahu bersama:

1. Rumah

Rumah tua tidak hanya dapat menjadi sarang laba-laba atau sarang hantu. Rumah tua (dengan catatann rumah yang tetap layak dan terurus) memiliki nilai intrinsik yang semakin tinggi. Rumah tua yang diberi sentuhan tradisional akan diburu oleh banyak sekali pecinta rumah tua.

Di Indonesia sendiri, rumah bergaya 70,80 dan 90an memiliki penggemar mereka masing-masing. Rumah antik yang memiliki sentuhan dan selera unik tersebut dapat diharga hingga 1 miliar rupiah.

2. Mobil

Penikmat mobil tua di Jakarta jumlahnya sangat banyak. Komunitas ini memburu mobil-mobil keluaran tahun 40-70an. Tujuannya adalah untuk melestarikan dan mengenang sejarah masa lampau.

READ:  10 Bangunan Masjid Paling Megah di Dunia

Selain itu mobil antik memberikan passion pada para kolektornya. Bayangkan saja, satu buah mobil antik yang dibuat tahun 70-an harganya bisa mencapai 220 juta rupiah.

Untuk sebuah hobi, mobil-mobil antik tersebut tidak dibeli untuk digunakan tetapi untuk dijaga, dipamerkan atau sebagai ajang nostalgia dengan masa lampau.

3. Uang

Tahukah Anda bahwa ada sekelompok orang yang memiliki hobi dan minat mengumpulkan uang kuno. Hobi seperti itu disebut dengan numismatik. Mereka mencari dan mengumpulkan uang-uang kuno.

Semakin banyak yang mereka dapatkan maka akan semakin besar usaha mereka mencari uang kuno lainnya. Mereka mendapatkan referensi mengenai bentuk uang kertas dan logam di masa lalu melalui katalog yang dibuat oleh Bank Indonesia.

Walaupun seringkali uang kertas atau logam kuno yang berhasil ditemukan memiliki bentuk yang sudah rusak, tetap saja para peminat hobi ini akan terus memperjuangkan passion mereka. Selembar uang kuno kertas dihargai 20-50 ribu rupiah tergantung tingkat kelangkaan dan kondisi uang itu sendiri.

READ:  7 Makhluk Supernatural dalam Mitologi Korea

4. Lukisan

Lukisan adalah maha karya manusia yang tidak hanya mengandung unsur keindahan namun juga mengandung pesan dan cerita yang ingin disampaikan oleh sang kreator. Menilai lukisan adalah kegiatan yang susah-susah gampang karena dibutuhkan sensitivitas seni yang tinggi dan daya imajinasi.

Lukisan memang bernilai tinggi, terlebih apabila lukisan tersebut memiliki sejarah yang menarik atau dibuat oleh seorang pelukis ternama seperti Affandi dan Basuki Abdullah.

Lukisan kuno nan antik memiliki banyak sekali peminat. Harga sebuah lukisan kuno dapat mencapai 2 miliar rupiah. Seringkali tidak dijual secara langsung melainkan melalui pelelangan atau pameran.

5. Patung dan Batu

Tidak hanya lukisan, tetapi patung dan batu juga menjadi salah satu benda kuno yang banyak sekali diminati. Tidak hanya karena unsur keindahan dan seni semata melainkan karena adanya unsur kepercayaan akan keberuntungan tertentu.

Biasanya patung berbentuk mitos yang membawa keberuntungan seperti sapi, harimau dan kucing dibeli dengan harapan membawa kebaikan.

Untuk batu sendiri biasanya batu yang memiliki warna gelap dan bentuk yang aneh yang digemari, selain itu nilai sejarah dan mitos dari masing-masing patung dan batu ikut menentukan harga jualnya. Patung dan batu kuno yang dikoleksi berkisar dari harga 1 hingga 50 juta rupiah.