6 Cara Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

meredakan sakit kepalaRasa sakit di tubuh kita seperti sakit kepala dan migrain adalah cara tubuh memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah.

Hal ini dapat disebabkan akibat kelelahan, adanya tekanan mental, kekurangan gizi atau dehidrasi.

Sakit kepala terkadang dianggap sebagai sesuatu yang sepele dan biasa terjadi pada kebanyakan orang.

Loading...

Namun, jika Anda mengalami sakit kepala atau migrain terlalu sering, Anda harus mulai waspada. Pil penghilang rasa sakit bukanlah solusi terbaik untuk mengatasi hal ini.

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa sakit kepala:

> Padamkan Lampu

Ketika sakit kepala menyerang Anda, cobalah untuk memadamkan lampu ruangan Anda dan mengecilkan volume dari perangkat elektronik Anda.

Sakit kepala adalah suatu tanda bahwa tubuh Anda terlalu banyak bekerja dan butuh istirahat. Lingkungan yang tenang dan damai, dapat membantu Anda mengurangi sakit kepala.

> Pijatan dan mandi air hangat

Sakit kepala bisa datang dari sekelompok otot yang menegang seperti leher dan punggung bagian atas. Saat Anda merasakan sakit kepala, cobalah untuk memberikan pijatan pada otot-otot tersebut untuk mengurangi ketegangan otot.

READ:  Mengapa Tomat Baik Untuk Kesehatan?

Anda bisa segera mandi dengan air hangat untuk mengendurkan otot yang menegang. Memberikan pijatan dapat membantu melancarkan aliran darah dan menghidupkan kembali otot-otot tersebut.

> Aromaterapi

Pernah mendengar aromaterapi? Ya, obat ini menjadi semakin populer karena khasiatnya yang mampu meredakan sakit kepala.

Aroma peppermint seperti, lavender, kayu putih, dan cendana bisa meredakan stres dan sakit kepala yang Anda derita. Aromaterapi ini bisa Anda dapatkan dalam berbagai macam bentuk seperi lilin, minyak, atau bahkan sabun aromaterapi.

> Teruslah bergerak

Latihan aerobik secara teratur terbukti mampu menghilangkan stres dan sakit kepala, karena dapat meningkatkan tingkat endorfin penghilang rasa sakit di sistem tubuh Anda. Anda juga bisa mencoba untuk berlatih yoga atau meditasi untuk mengatasi sakit kepala.

> Nutrisi makanan

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Pengawet dan zat aditif dalam makanan dapat menjadi penyebab berbagai macam penyakit, dan sakit kepala merupakan salah satunya.

Jadi ketika sakit kepala menyerang, sebelum mengambil pil, pertimbangkan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti kentang. Kentang telah terbukti efektif untuk mengurangi sakit kepala karena mengandung kalium dalam jumlah yang tinggi.

READ:  Yoga, Penyembuh Alami Sakit Kepala

Selain itu pisang juga diperkirakan dapat memberikan efek menenangkan karena mengandung magnesium.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menjadikan semangka dan mentimun sebagai makanan camilan sehat guna meredakan sakit kepala. Hindari MSG dan seimbangkan semua nutrisi harian Anda dengan vitamin.

> Konsumsi air putih

Jangan lupa untuk menghidrasi tubuh. Di Amerika Serikat, sekitar 75 persen orang mengalami dehidrasi kronis, yang merupakan penyebab utama sakit kepala. Jadi pastikan untuk selalu mengkonsumsi jumlah air yang cukup.

Jika perlu, sediakan air putih dalam botol untuk menemani keseharian Anda. Jika Anda membutuhkan dorongan hidrasi dan elektrolit yang cepat, air kelapa merupakan solusi terbaik.

**

Sakit kepala merupakan penyakit yang paling sering dikeluhkan oleh siapa saja. Berbagai macam pil atau obat pereda sakit juga telah banyak ditawarkan untuk mengatasi masalah ini.

Namun dengan mengetahui beberapa cara alami meredakan sakit kepala tanpa obat di atas, Anda tidak perlu lagi terus mengandalkan obat penyembuh yang dapat memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh Anda. Cara-cara alami tersebut telah dikenal ampuh menghilangkan sakit kepala.

READ:  8 Solusi Alami Untuk Mengatasi Sakit Kepala Tegang

Namun jika Anda menderita sakit kepala terlalu sering, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter sebelum sakit kepala Anda semakin parah dan menjadi tak terkendali.