5 Gejala PMS yang Terjadi Sebelum Menstruasi

pms80-90% wanita pasti mengalami fase yang cukup menganggu setiap bulannya.

Yups, ketika sel telur wanita yang telah matang tidak dibuahi, maka sel telur tersebut secara periodik akan meluruh dari dinding rahim sehingga wanita mengalami kondisi yang disebut dengan menstruasi.

Normalnya siklus menstruasi seorang wanita adalah 28 hari. Kegiatan rutin ini bisa ditandai dengan beberapa gejala yang dikenal dengan Pre Menstrual Syndrome (PMS).

Kadang kala PMS menjadi sangat menyakitkan bahkan sampai menganggu aktivitas Anda. Mari kita kenali beberapa gejala Pre Menstrual Syndrome yang terjadi sebelum masa menstruasi dan bisa saja terjadi pada Anda:

1. Jerawat

Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh Anda menyebabkan produksi minyak berlebih yang mengakibatkan tumbuhnya jerawat pada wajah Anda. Banyak sekali wanita yang mengeluh mengalami masalah jerawat menjelang menstruasi.

Umumnya ciri-ciri jerawat tanda akan menstruasi adalah jumlahnya banyak dan muncul bersamaan, tetapi akan hilang dengan sendirinya ketika Anda sudah memasuki masa menstruasi.

2. Emosional

Pernahkah Anda merasa sedih atau bahagia secara tiba-tiba tanpa adanya alasan yang jelas? Bisa jadi itu merupakah gejala pramesntrual Anda.

READ:  Tips Praktis Memilih Alas Bedak

Kembali lagi pada ketidakseimbangan hormon yang terjadi dalam tubuh Anda yang membuat reseptor atau penerima pesan pada diri Anda tidak begitu baik sehingga kondisi psikologis Anda pun menjadi lemah dan tidak karuan.

Anda jadi sulit mengendalikan emosi Anda sehingga Anda mudah sekali marah atau sedih secara cepat.

3. Jatuh Sakit

Seringkali Anda merasa sehat tetapi penyakit Anda kambuh mendadak, seperti asma, migrain atau yang lainnya. Padahal Anda merasa tidak ada yang salah dengan tubuh Anda.

Ketidakseimbangan hormon yang terjadi pada masa pramenstrual dapat memicu kambuhnya penyakit Anda secara mendadak namun dalam skala rendah dan biasanya tidak berkepanjangan.

Pada sebagian wanita yang kondisi fisik dan daya tahan tubuhnya sedang melemah, frekuensi sakit yang muncul bisa lebih panjang dan berat. Sakit yang tiba-tiba kambuh padahal Anda merasa baik-baik saja, bisa jadi adalah salah satu gejala pramenstrual yang terjadi pada Anda.

4. Nyeri Pada Tulang dan Payudara

Sebagian wanita merasakan nyeri pada tulang terutama tulang punggung dan pinggang mereka tiap kali mereka akan memasuki masa haid.

READ:  Waspadai Ancaman Bakteri Listeria pada Makanan Anda

Ada pula wanita yang mengalami rasa nyeri di payudara mereka sehingga sensitif sekali dengan sentuhan. Ketika disentuh (meskipun secara pelan) mereka merasakan nyeri pada payudara mereka.

5. Kram Perut yang Tak Tertahankan

Inilah fase pramenstrual yang paling parah. Mungkin Anda pernah mengalami rasa sakit yang teramat sangat dibagiah bawah perut Anda. Rasa sakit seperti ini terjadi saat sel telur Anda meluruh dari dinding rahim.

Seringkali bahkan disertai mual, muntah dan bahkan pada beberapa kasus yang sudah parah seseorang dapat jatuh pingsan akibat menahan rasa sakit yang timbul. Jika sudah berada pada fase ini berulang-ulang kali, ada baiknya Anda mengonsultasikan hal tersebut ke dokter.

Tips Mencegah PraMenstrual Syndrome

  • Kurangi makanan dan minuman seperti daging kambing, teh, kopi, minuman bersoda dan alkohol.
  • Kurangi merokok.
  • Perbanyaklah mengonsumsi air putih, ikan, ayam, kacang-kacangan sebagai sumber protein.
  • Batasi mengonsumsi susu dan produk olahannya seperti yoghurt, keju dan es krim.
  • Kurangi makan gorengan.
  • Perbanyak memakan sayuran hijau dan konsumsi vitamin B Kompleks.
READ:  Definisi Endometriosis

**

Demikian tanda dan gejala Pra Menstrual Syndrome, yang biasa terjadi pada wanita beberapa menjelang datangnya mestruasi. Semoga tips di atas dapat membantu Anda mengenali Pra Menstrual Syndrome ya.